Telko.id – LG Electronics (LG) memperkenalkan visi gaya hidup modern berbasis kecerdasan buatan (AI) melalui LG AI Home di ajang IFA 2025 yang berlangsung mulai 5 September di Berlin, Jerman.
Dengan tema “LG AI Appliances Orchestra”, perusahaan memamerkan berbagai perangkat elektronik rumah tangga pintar yang menawarkan kenyamanan, personalisasi, dan efisiensi energi.
Lyu Jae-cheol, President of the LG Home Appliance Solution Company, menyatakan bahwa produk LG dirancang untuk melengkapi gaya hidup konsumen global, termasuk masyarakat Eropa.
“Inovasi yang kami perkenalkan akan terus berkembang mengikuti perubahan gaya hidup konsumen, untuk menghadirkan personalisasi, kemudahan penggunaan, dan efisiensi energi,” ujarnya.
Booth LG AI Home terbagi dalam beberapa zona yang dirancang khusus. The Hero Zone menjadi area pembuka yang menampilkan LG AI Appliance Orchestra, di mana berbagai perangkat elektronik rumah tangga berbasis AI disusun seperti grup orkestra dengan LG ThinQ ON sebagai konduktornya. Tatanan ini menjadi simbol harmoni yang dibawa LG bagi gaya hidup modern.

Zona Fit & Max menghadirkan gambaran tatanan ruang keluarga bergaya Eropa. LG mengedepankan pengembangan desain yang memperhatikan kelokalan tanpa meninggalkan unsur fungsional.
Sementara di AI Core Tech Zone, pengunjung dapat mempelajari komponen inti LG seperti AI DD™ motor pada mesin cuci yang memberikan kecerdasan dan performa lebih kuat.
AI Home Solution Zone mengilustrasikan skenario keseharian dengan perangkat elektronik rumah tangga berbasis AI dan Internet of Things (IoT).
Zona ini menunjukkan bagaimana teknologi LG dapat merekomendasikan obat, memanaskan kembali makanan, mengenali suara, serta menyesuaikan cahaya dan suhu sesuai preferensi pengguna.

Baca Juga:
LG memperkenalkan koleksi besar perangkat elektronik rumah tangga berbasis AI terbaru yang disesuaikan dengan gaya hidup Eropa.
Dari jajaran kulkas, perusahaan menghadirkan varian dengan pengoperasian kompresor berbasis AI dan peningkatan insulasi untuk memaksimalkan kesegaran dan mengurangi penggunaan energi.
Inovasi Zero Clearance Hinge memungkinkan pintu kulkas terbuka sempurna meski bersebelahan dengan dinding.

Untuk kenyamanan ruang cuci, LG memperkenalkan mesin cuci dengan pengering berbasis AI yang dapat menangani berbagai material pakaian.
Perangkat ini memiliki pengoperasian intuitif dengan layar LCD lebih besar pada kontrolnya. Seperti inovasi sebelumnya yang telah diperkenalkan di pasar Indonesia, LG terus mengembangkan teknologi pembersihan yang canggih.
Pada bagian pembersihan rumah, LG membawa koleksi terbaru vacuum cleaner termasuk robot vacuum dengan steam mop, built-in robot vacuum, vacuum berbentuk stik, dan vacuum stik wet-dry.
Setiap model menawarkan kenyamanan, performa tangguh, dan desain estetik. Inovasi ini sejalan dengan produk vacuum cleaner LG yang telah diluncurkan di Indonesia sebelumnya.

LG juga memperkenalkan LG Comfort Kit, serangkaian aksesori yang membuat peralatan rumah tangga lebih mudah digunakan oleh orang-orang dari segala usia atau kemampuan.
Untuk memperluas cakupan solusi, perusahaan menghadirkan Spielraum sebagai solusi AI bagi mobilitas tinggi yang memperluas kontrol perangkat dengan keterhubungan pada kendaraan.
Pengunjung booth juga dapat mengenal lebih dalam ThinQ UP dan ThinQ Care. ThinQ UP menjamin pembaruan fungsi perangkat lunak dalam perangkat elektronik rumah tangga LG, sementara ThinQ Care memberikan pemantauan proaktif dan pemeliharaan untuk menjaga performa.
Teknologi ini menunjukkan komitmen LG dalam menghadirkan pengalaman pengguna yang terus berkembang.
Kehadiran LG di IFA 2025 mencerminkan fokus perusahaan pada pengembangan teknologi AI yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari.
Seperti yang terjadi di ajang serupa tahun sebelumnya, LG konsisten menghadirkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen modern. (Icha)