Telko.id – Berdasarkan survey dari IDC Worldwide Mobile Device Trackers, pengiriman smartphone secara global selama kuartal ketiga 2018 (3Q18) turun 6% atau hanya 355,2 juta unit saja. Hal ini bukan yang pertama. Sudah empat kuartal (Year on Year), kondisi ini terjadi terus menerus. Hal ini menjadi pertanyaan, akankah pasar smartphone masih prospektif? Walau demikian, IDC masih optimis bahwa pasar smartphone globa di 2019 mendatang akan tetap tumbuh.
Top 5 Smartphone Companies, Worldwide Shipments, Market Share, and Year-Over-Year Growth, Q3 2018 (shipments in millions of units) | |||||
Company | 3Q18 Shipment Volumes | 3Q18 Market Share | 3Q17 Shipment Volumes | 3Q17 Market Share | 3Q18/3Q17 Change |
Samsung | 72.02.00 | 20.3% | 83.03.00 | 22.1% | -13.4% |
Huawei | 52.00.00 | 14.6% | 39.01.00 | 10.4% | 32.9% |
Apple | 46.09.00 | 13.2% | 46.07.00 | 12.4% | 0.5% |
Xiaomi | 34.03.00 | 9.7% | 28.03.00 | 7.5% | 21.2% |
OPPO | 29.09.00 | 8.4% | 30.06.00 | 8.1% | -2.1% |
Others | 119.09.00 | 33.8% | 149.08.00 | 39.6% | -19.9% |
Total | 355.02.00 | 100.0% | 377.08.00 | 100.0% | -6.0% |
Source: IDC Quarterly Mobile Phone Tracker, November 1, 2018 |
Berdasarkan pengamatan IDC, ada dua hal yang menonjol sebagai factor utama dalam penurunan pengiriman di kuartal tiga ini. Pertama, Samsung sebagai vendor smartphone terbesar dalam hal pangsa pasar, terhitung 20,3% dari pengiriman di 3Q18, turun 13,4% dari tahun ke tahun di kuartal ini. Faktor kedua adalah China, yang merupakan pasar negara terbesar untuk konsumsi ponsel cerdas, terhitung sekitar sepertiga dari pengiriman global, juga turun selama enam kuartal berturut-turut.
Bagi Samsung pasti sangat berat. Pasalnya, pada kuartal tiga ini, pengiriman turun 13,4% menjadi 72,2 juta unit. Tekanan terhadap produsen asal Korea ini hampir dari segala penjuru. Terutama dari Huawei yang semakin dekat ke atas setelah kuartal kedua berturut-turut sebagai vendor nomor dua. Selain itu, pertumbuhan pasar seperti India dan Indonesia, di mana Samsung telah memegang posisi terkemuka selama bertahun-tahun, sedang diubah oleh pertumbuhan cepat merek-merek Cina seperti Xiaomi, OPPO, dan vivo.
Sementara itu, pasar domestik China, yang mewakili sekitar sepertiga dari semua ponsel cerdas yang dikonsumsi, telah mengalami penurunan sejak kuartal kedua 2017, dan 3Q18 merupakan kuartal keenam berturut-turut di mana pasar berkontraksi. China turun 11% pada semester pertama 2018 (1H18), dan tantangan berlanjut ke 3Q18. Secara keseluruhan IDC memperkirakan penurunan ini melambat dengan pasar kembali ke pertumbuhan datar di 2019.
“Pasar domestik Cina terus ditantang karena belanja konsumen secara keseluruhan untuk smartphone telah turun,” kata Ryan Reith, wakil presiden program dengan IDC Worldwide Mobile Device Trackers.
“Tingkat penetrasi yang tinggi, dicampur dengan kondisi ekonomi yang menantang, telah memperlambat pasar smartphone terbesar di dunia. Meskipun demikian, kami yakin pasar ini akan mulai pulih pada 2019 dan seterusnya, didorong dalam jangka pendek oleh siklus penyegaran besar yang terbangun di seluruh semua segmen, dan di tahun-tahun luar prakiraan didukung oleh migrasi 5G,” ujar Ryan menambahkan.
“Perlombaan di puncak pasar terus menjadi yang memanas karena Huawei sekali lagi menyelinap melewati Apple ke posisi kedua,” kata Anthony Scarsella, manajer riset dengan IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.
Anthony menambahkan, “Meskipun Huawei mungkin telah mengalahkan Apple di Q3, Q4 yang menjadi kuartal liburan memungkinkan untuk Apple kembali menjadi pemimpin pasar berkat peluncuran tiga perangkat tanpa bingkai baru. Tidak peduli siapa yang memimpin di pasar secara keseluruhan, kuartal liburan harus menjadi satu yang menarik dengan berbagai pilihan perangkat flagship baru yang tersedia. Dengan iPhone baru, Mate 20, Pixel 3, V40, Note 9, dan OnePlus 6T, kita dapat mengharapkan konsumen akan memiliki banyak pilihan ketika meningkatkan pendekatan waktu. handset yang harganya harus memindahkan ASP ke arah yang positif datang pada kuartal berikutnya”.
Samsung
Bagi Samsung, pada kuartal kali ini memang sangat menantang dengan pengiriman smartphone turun 13,4% dari 3Q17, dengan volume keseluruhan 72,2 juta. Meskipun ini masih cukup untuk mempertahankan posisi pangsa pasar teratas. Tapi tetap saja membuat perusahaan harus kehilangan pangsa pasar nya.
Peluncuran Galaxy Note 9 boleh dibilang berhasil dan pengiriman perangkat ini pun terus dilakukan. Namun, IDC melihat bahwa tantangan terbesar Samsung adalah dikelas di mid-range dan low-end.
Beberapa pengumuman dari Samsung terkait pembenahan portofolio produk demi menghadirkan fitur dan penentuan baru untuk model non-unggulan mungkin dapat membantu untuk bangkit. Di mana, Samsung kemungkinan besar akan mencari perangkat Seri A baru untuk mengisi kekosongan yang tersisa di mid-tier di banyak pasar.
Huawei
Produsen asal China ini cukup memberi perhatian. Pasalnya, selama dua kuartal berturut-turu mampu berada di posisi nomor dua. Walaupun, secara market share sedikit turun dari 15,9% kuartal terakhir, secara keseluruhan perusahaan harus puas dengan pengiriman 52,0 juta handset dan meraih 14,6% dari keseluruhan pasar.
Dari perspektif produk, P-series dan pembaruan terkini untuk Mate-series membuatnya tetap kompetitif seperti sebelumnya di puncak pasar. Dan merek Honor-nya, yang terutama dipasarkan untuk audiens yang lebih muda dan penjualan online, terus berkembang dengan baik di banyak pasar.
iPhone
Produk terbaru Apple membantu mendorong pengiriman kuartal ketiga menjadi 46,9 juta unit, naik 0,5% dari 46,7 juta unit dibandingkan tahun lalu. Apple sekali lagi meluncurkan tiga perangkat baru pada acara Musim Gugurnya, di mana iPhone 6,5 inci XS Max dan XS iPhone 5,8 inci digabungkan dalam iPhone XR yang lebih terjangkau di line-up Apple.
Seri iPhone XS Max dan XS baru pun dapat melanjutkan kesuksesan dari iPhone X tahun lalu, tetapi menghadirkan opsi ukuran layar baru dengan lebih banyak daya dan peningkatan kinerja ke meja. Dan Apple sekali lagi meningkatkan kamera, meningkatkan penyimpanan, dan menambahkan prosesor baru yang lebih cepat melalui chip A12 Bionic, yang merupakan chip 7-nanometer pertama untuk Apple.
Potongan harga untuk IPhone lawas, seperti 6S, 7, dan 8, di akhir kuartal, mampu menyeimbangkan portofolio iPhone di semua tingkatan harga untuk kuartal liburan. iPhone SE dan iPhone X yang lebih tua dari tahun lalu telah diturunkan dari jajaran Apple. Kuartal keempat akan mencakup pengiriman untuk iPhone XR yang sangat populer, yang belum dihitung dalam angka Q3 IDC.
Xiaomi
Produsen ini, sekali lagi mampu meningkatkan pangsa ke perusahaan baru dengan menangkap 9,7% dari semua smartphone yang dikirim ke seluruh dunia pada 3Q18. Xiaomi melanjutkan ekspansi globalnya dengan peningkatan pangsa pasar di negara-negara di mana ia telah mengembangkannya, termasuk India dan Indonesia, dan membuat kemajuan ke pasar Eropa seperti Spanyol di mana merek ini terus menjadi gangguan para brand global.
Redmi 5A, Redmi 5 Plus, dan Redmi Note 5 terus berjalan dengan baik, dengan penerus Redmi 6 / A / Pro yang lebih baru semakin cepat.
Oppo
Kejayaan Oppo terganggu. Seperti juga Samsung yang mengalami pengiriman yang terus menurun dari tahun ke tahun, Oppo demikian juga walaupun dengan skala yang jauh lebih kecil. Meskipun demikian, Oppo tetap menjadi vendor nomor 5 dalam hal pangsa pasar dengan 29,9 juta pengiriman di 3Q18, turun 2,1% dari tahun lalu.
Seperti beberapa pesaingnya yang terus menaiki tangga smartphone, OPPO mulai mendapatkan perhatian global untuk beberapa perangkat andalan terbarunya yang datang dengan acara peluncuran yang sangat dipasarkan. Desain pada produk Find X dan R17 meningkatkan standar untuk OPPO, dan sebagai imbalannya mereka terus melihat peningkatan ASP pengguna mereka. (Icha)