spot_img
Latest Phone

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...

Google Akhirnya Gabungkan Android dan ChromeOS, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Google secara resmi mengonfirmasi rencana besar mereka...

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...

OPPO Reno14 Pro Berbekal MediaTek Dimensity 8450, Performa Lebih Cepat

Telko.id - OPPO resmi memperkenalkan Reno14 Pro sebagai smartphone...

ARTIKEL TERKAIT

Allo Bank dan Advance.AI Kolaborasi, Hadapi Ancaman Deepfake

Telko.id – Allo Bank yang bekerjasama dengan ADVANCE.AI untuk menanggapi tingginya potensi ancaman penipuan berbasis deepfake AI terutama pada sektor keuangan nasional. Terutama pada proses verifikasi identitas digital dan onboarding nasabah.

Kedua perusahaan ini tengah mendorong kesadaran penggunanya terhadap keamanan digital. Dimana penggunaan konten berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mulai dapat menyerupai nasabah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Konten penipuan Deepfake AI ini dapat menirukan seperti wajah, suara, hingga dokumen palsu yang dapat digunakan untuk membuat akun perbankan hingga melakukan penipuan kepada orang lain.

Mulai dari serangan berbasis electronic Know-Your-Customer (eKYC) sinteteis hingga penipuan melalui panggilan video dengan target utama adalah bank digital dan platform fintech.

Dalam kurun waktu tiga bulan, antara bulan November 2024 hingga Februrari 2025, Sektor keuangan Indonesia sudah mengalami kerugian lebih dari Rp700 miliar (sekitar USD 44 juta).

Menurut laporan dari Indonesia Anti-Scam Centre (IASC) kasus kerugian ini mencakup sejumlah kasus penipuan berbasis deepfake.

Hasil laporan tersebut OJK menyatakan bahwa deepfake merupakan ancaman nyata bagi industri keuangan di Indonesia, serta menekankan pentingnya edukasi publik yang berkelanjutan

Munculnya alat Scams-as-a-Service kini memungkinkan siapapun termasuk pelaku non-teknis maupun sindikat kejahatan untuk dengan mudah membuat konten deepfake, sehingga semakin memperbesar potensi serangan terhadap sektor keuangan.

Baca juga:

“Proses onboarding digital memang memberikan kenyamanan dan efisiensi lebih bagi pengguna. Namun, kemudahan ini juga membuka celah baru bagi aksi penipuan, termasuk penyalah gunaan teknologi deepfake’, ujar Ganda Raharja Rusli, Director of Risk, Compliance and Legal at Allo Bank Indonesia Tbk.

“Bank digital perlu menerapkan strategi optimasi risiko yang mampu menyeimbangkan antara pengalaman nasabah dan aspek keamanan, guna menjaga kepuasan serta loyalitas jangka panjang,” tambahnya.

Ganda menambah kan bahwa kemitraan jangka panjang nya dengan ADVANCE.AI, yang telah terjalin selama tiga tahun, memungkinkan Allo Bank untuk terus menghadirkan visi sebagai platform perbankan digital yang aman, sepenuhnya digital, dan berorientasi pada kebutuhan pengguna di Indonesia.

Integrasi teknologi deteksi multidimensi dan sistem verifikasi berbasis kecerdasan buatan (AI) menjadi kunci untuk memastikan perlindungan optimal bagi nasabah.

Dengan meningkatnya kasus dan kompleksnya modus penipuan deepfake, bank digital perlu mengadopsi langkah – langkah antisipatif yang seimbang.

Allo bank dan ADVANCE.AI mendorong pelaku industri untuk menerapkan pendekatan “security-by-design”, dimana sistem deteksi penipuan diintegrasikan sejak awal dan diterapkan secara menyeluruh sepanjang siklus hidup akun nasabah.

Metode deteksi dan pencegahan penipuan ini mencakup: deteksi liveness dan biometrik wajah, verifikasi multimodal yang menggabungkan biometrik, perilaku pengguna dan kecerdasan perangkat, autentikasi adaptif, dan pengembangan produk yang berkelanjutan.

“Evolusi teknologi deepfake yang begitu cepat dan dampaknya terhadap sektor keuangan menjadi ancaman serius bagi fondasi utama kepercayaan konsumen dalam perbankan digital,” Anggraini Rahayu, Country General Manager ADVANCE.AI.

Anggraini menambahkan bahwa pendekatan keamanan yang proaktif tidak hanya penting untuk melindungi pengguna dari potensi kerugian pribadi, tetapi juga krusial dalam menjaga reputasi institusi keuangan.

Itu sebabnya, ADVANCE.AI, berkomitmen mendukung bank digital seperti Allo Bank dalam menerapkan langkah – langkah keamanan yang inovatif sepanjang perjalanan nasabah, serta menetapkan standar baru dalam pengalaman perbankan digital.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU