Telko.id – PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami), hari ini mengumumkan kerja sama strategis dengan PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC Indonesia) untuk memperkuat inklusi keuangan di Indonesia.
Memanfaatkan inovasi teknologi AdaKami, kolaborasi ini bertujuan untuk memperluas akses layanan keuangan, terutama bagi masyarakat yang selama ini belum terjangkau oleh layanan keuangan.
“Dengan memanfaatkan teknologi yang kami kembangkan di AdaKami, kami berupaya terus meningkatkan kualitas dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan, memastikan kualitas proses pendanaan tetap terjaga dengan tetap mempertahankan kenyamanan dan kecepatan proses,” kata Bernardino Moningka Vega, Direktur Utama AdaKami.
Menurut Bernardino, langkah ini sejalan dengan komitmen kami untuk menghadirkan solusi keuangan yang tidak hanya efektif, tetapi juga memberdayakan masyarakat, yang memungkinkan mereka untuk mewujudkan mimpi mereka.
Baca juga : Laba Bersih Amar Bank Naik 15% di Semester I 2024, Berkat Digitalisasi
“Kami percaya bahwa teknologi yang dikembangkan AdaKami akan memperkuat upaya kami dalam menyediakan layanan keuangan yang aman dan dapat diandalkan. Kolaborasi ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi sebuah langkah nyata dalam komitmen kami untuk mendukung pertumbuhan perekonomian lokal, sekaligus memperluas akses keuangan bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Iwan Satawidinata, Presiden Direktur Bank CTBC Indonesia.
Sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia, Bank CTBC Indonesia memandang teknologi AdaKami merupakan landasan untuk memastikan pendanaan tersalurkan dengan tepat.
Teknologi Electronic Know Your Customer (e-KYC) yang diterapkan AdaKami memungkinkan proses profiling calon nasabah yang lebih cepat, akurat, dan komprehensif.
“Inovasi teknologi seperti e-KYC ini memastikan layanan pendanaan kami disalurkan secara efektif dan efisien, meminimalkan risiko kredit, sambil tetap meningkatkan kepercayaan dan kepuasan nasabah,” tambah Iwan.
Bernardino menjelaskan lebih lanjut, “Kolaborasi yang menggabungkan keandalan teknologi kami dengan jangkauan serta pengalaman Bank CTBC Indonesia ini memungkinkan kami memberikan dampak yang lebih luas dalam inklusi keuangan, membuka peluang bagi lebih banyak masyarakat untuk mengakses layanan keuangan, yang pada akhirnya mendorong mereka untuk mengembangkan potensi ekonomi mereka.”
Kolaborasi ini juga mendorong misi sosial yang lebih besar, yakni mendukung pemberdayaan individu dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia, mendorong adopsi penggunaan teknologi, menciptakan lapangan kerja, dan memperkuat perekonomian lokal.
Dengan visi yang selaras, baik AdaKami dan Bank CTBC Indonesia berharap kerja sama ini mampu memperluas pendanaan tepat guna dan tepat sasaran bagi masyarakat Indonesia, serta menjadi model kemitraan strategis untuk menjawab tantangan inklusi keuangan di era digital, memberikan akses pendanaan yang lebih luas dan andal di seluruh Indonesia.
AdaKami hingga kini telah berkolaborasi dengan delapan mitra penyedia pendanaan (lender) dari sektor perbankan, termasuk Bank CTBC Indonesia.
Hingga 4 Desember 2024, AdaKami telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 13,24 triliun kepada 1,46 juta rekening peminjam aktif, dengan tingkat keberhasilan pembayaran (TKB) mencapai 99,79%, jauh di atas batas minimum yang telah ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
“Kami percaya, dengan bergandengan tangan, kami dapat bersama-sama menciptakan dampak ekonomi yang lebih luas yang didukung oleh teknologi terdepan dalam mewujudkan mimpi banyak masyarakat Indonesia.” tutup Bernardino. (Icha)