Latest Phone

Oppo A3x, Tahan Guncangan Tingkat Militer

Telko.id – Oppo hari ini mengumumkan peluncuran keluarga baru...

realme 13 Hadirkan Gaming Bintang Lima, Memang Secanggih itu?

Telko.id - realme 13 resmi hadir di Indonesia membawa...

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Dianggap Lecehkan Wanita, Gamer China Boikot Keyboard Cherry

Telko.id, Jakarta – Sebuah perusahaan produsen keyboard asal Jerman yang cukup populer di kalangan gamer diboikot di China. Perusahaan pembuat keyboard Cherry ini diboikot gamer di China lantaran dianggap melecehkan para gamer wanita.

Pada hari Sabtu (1/6), divisi Cherry di China menawarkan hadiah empat mechanical keyboard kepada gamer pria. Dalam pengumuman itu, divisi Cherry China tidak menyebutkan gamer wanita.

Pdahal, wanita juga menjadi bagian yang cukup besar dari komunitas game di China. Para pengikut Cherry di Weibo kemudian bertanya, apakah gamer wanita juga memiliki kesempatan memenangkan hadiah.

{Baca juga: China Bakal Batasi Jumlah Game Online, Kenapa?}

Pertanyaan itu langsung dijawab oleh pihak Chery China. “Tentu saja kami akan mengirim (hadiah untuk pemenang wanita), hadiah tidak diberikan sesuai dengan gender sama sekali,” tulisnya.

Kemudian pada hari yang sama, Cherry China mengubah penawaran tersebut, dengan menawarkan hadiah keyboard untuk pria dan make-up untuk wanita. Cherry China juga menjelaskan bahwa hadiah penghargaan tidak akan ditentukan jenis kelamin pemenang, sebab software penawaran tidak membedakan antara jenis kelamin.

“Apakah hadiah untuk gamer pria berarti bahwa kami pikir wanita tidak cocok untuk bermain game?” Cherry China bertanya kepada pengguna di Weibo.

“Pemikiran hitam-putih semacam ini tidak lebih dari kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Platform giveaway bahkan tidak memiliki fungsi yang mengurutkan pengguna berdasarkan jenis kelamin,” tulis Cherry China.

Namun, jawaban tersebut belum membuat gamer puas. Mereka masih belum puas dengan stereotip yang disajikan dalam hadiah yang ditawarkan.

“Apakah pria harus menyukai game dan wanita harus menyukai lipstik dan parfum? Tolong bisakah Anda meninggalkan stereotip di satu sisi dan menjual keyboard Anda,” katanya.

Komentar tersebut mendorong akun resmi perusahaan untuk melakukan serangan. “Kapan saya mengatakan bahwa pria harus mencintai game dan wanita harus menyukai lipstik, apakah Anda gila?” katanya.

Kepala Eksekutif Cherry China, Han Bohan, ikut dalam perdebatan panas di Weibo, dan ikut memposting komentar yang menambah suhu semakin panas.

“Bagaimana hadiah game yang ditujukan untuk pria berbeda dari blogger kecantikan yang meluncurkan hadiah lipstik setiap hari untuk wanita?” tulisnya.

Dua hari kemudian, sejumlah gamer di China mengajak untuk memboikot produk Cherry hingga perusahaan meminta maaf. Para gamer ini membuat tagar Weibo #BoycottCherry dan #CherryChina, dan menarik lebih dari 182 juta hit.

“Saya adalah seorang WOWer (pemain World of Warcraft) dan menggunakan keyboard Cherry, tetapi jika Cherry China tidak akan meminta maaf kepada kami, saya akan mencari keyboard lain untuk MacBook Pro baru saya,” tulis seorang pengguna Twitter China bernama Ziying.

 {Baca juga: Gamers PUBG di China Wajib Tunjukkan KTP}

Seorang pengguna Weibo juga menunjukkan iklan keyboard Cherry pada 2012 yang menampilkan model tanpa wajah yang mengenakan T-shirt bergambar keyboard bertuliskan slogan “push my buttons” dan tangan di bagian payudaranya.

Aksi para gamer ini rupanya sampai didengar hingga kantor pusat Cherry di Jerman. Perusahaan akhirnya meminta maaf atas kekisruhan yang terjadi di Weibo, dan berjanji untuk menyelidiki masalah tersebut.

“Tolong beri kami waktu lagi untuk penyelidikan, kami menganggap ini sangat serius,” kata perusahaan itu di Twitter.

Sementara itu Cherry China dan Han Bohan tidak menanggapi saat coba diminta konfirmasinya oleh South China Morning Post. [BA/HBS]

Sumber: The Star

Latest

Toyota New Fortuner Baru, Hadirkan In-Car Wifi Hotspot via Fitur T Intouch

Telko.id - PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan New Fortuner...

Datacomm Siap Jawab Tantangan Implementasi SPBE di Indonesia

Telko.id - Datacomm siap menjawab tantangan implementasi Sistem Pemerintahan...

Beli Oppo A3, Jaminan Instant Delivery Dalam 12 Jam!

Telko.id – Oppo berikan program menarik yakni jaminan Instant...

Infrastruktur Jaringan Indosat Siap Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024

Telko.id - Jelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh–Sumatra...

Rekomendasi

Toyota New Fortuner Baru, Hadirkan In-Car Wifi Hotspot via Fitur T Intouch

Telko.id - PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan New Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 with TSS yang tampil lebih sporty dan elegant, dilengkapi GR Performanceuntuk meningkatkan kualitas berkendara...

Datacomm Siap Jawab Tantangan Implementasi SPBE di Indonesia

Telko.id - Datacomm siap menjawab tantangan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Indonesia. Di mana, SPBE merupakan langkah penting dalam transformasi digital pemerintahan....

IFA 2024, LG Pamerkan Affectionate Intelligence (AI) Home

Telko.id – LG Electronics kembali partisipasi Gelaran IFA 2024 di Berlin, yang pada kesempatan ini, LG memamerkan Affectionate Intelligence (AI) Home yang jadi visi...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini