spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 464

Motorola Moto E32

0

Motorola terus berinovasi dengan meluncurkan HPMotorola Moto E32, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 05 May 2022, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Motorola Moto E32 menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Unisoc T606 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 238391 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 4 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Motorola Moto E32 untuk bersaing dengan Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 660 serta RAM 3-6 GB, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 632 serta RAM 3/4 GB. Motorola Moto E32 sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Mei 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Motorola menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.5 inches, 103.5 cm2 (~84.2% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~268 ppi density) dengan refresh rate 90Hz. Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 16 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Motorola Moto E32. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 18W. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Motorola Moto E32: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.

Harga dan Spesifikasi Motorola Moto E32

Spesifikasi Terbaru Motorola Moto E32

Spesifikasi Motorola Moto E32
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 05 May 2022
Status Available. Released 2022, May 05
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Jaringan 4G 1, 3, 5, 7, 8, 20, 38, 40, 41
Kecepatan Akses HSPA, LTE
BODI
Dimensi 164 x 75 x 8.5 mm
Berat 184 gram
Build Glass front, plastic frame, plastic back
SIM Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Misty Silver, Pearl Blue, Slate Grey
Water repellent design
LAYAR
Tipe Layar IPS LCD 90Hz
Ukuran Layar 6.5 inches, 103.5 cm2 (~84.2% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~268 ppi density)
PLATFORM
Sistem Operasi Android 11 -
Chipset Unisoc T606 (12 nm)
CPU / Prosesor Octa-core (2x1.6 GHz Cortex-A75 & 6x1.6 GHz Cortex-A55)
GPU / Prosesor Grafis Mali-G57 MP1
MEMORI
Kartu Memori microSDXC (dedicated slot)
RAM 4 GB
ROM / Memori Internal 64GB 4GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 16 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1.0µm, PDAF
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Fitur Kamera LED flash, HDR, panorama
Perekaman Video 1080p@30fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 8 MP, f/2.0, (wide), 1/4.0", 1.12µm
Fitur Kamera Depan HDR
Perekaman Video 1080p@30fps
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS GPS, GLONASS, GALILEO
NFC No
Radio Unspecified
USB USB Type-C 2.0
Jack Audio 3.5mm Yes
FITUR LAIN
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Li-Po 5000 mAh, non-removable
Charging 18W wired


FAQ

Berapa harga HP Motorola Moto E32?

Sampai saat ini, kami belum mendapatkan informasi harga Motorola Moto E32, tapi kami akan informasikan di laman ini begitu ada update harga untuk HP ini.

Berapakah RAM Motorola Moto E32?

Motorola Moto E32 dilengkapi RAM berkapasitas 4 GB dengan opsi memori internal 64GB 4GB RAM.

Motorola Moto E32 menggunakan chipset apa?

Motorola Moto E32 menggunakan chipset Unisoc T606 yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 238391.

Apakah Motorola Moto E32 anti air?

Apakah Motorola Moto E32 cocok untuk main game?

Untuk HP ini, sebaiknya jangan mainkan game kategori sedang hingga berat, game yang ringan ringan saja.

Apakah Motorola Moto E32 memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

Ya, Motorola Moto E32 sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Posisinya ada di sisi ponsel.

Apakah Motorola Moto E32 sudah fast charging?

HP ini support pengisian baterai 18W wired .

Motorola Moto E32: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

Dalam dunia HP yang terus berkembang, Motorola Moto E32 menawarkan pendekatan yang berimbang antara fitur dan harga. Banyak pertanyaan muncul seputar spesifikasi kunci, seperti performa prosesor, kualitas kamera, dan daya tahan baterai. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 7 aspek penting dari Motorola Moto E32, memberikan pandangan lebih dekat tentang bagaimana perangkat ini mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari kemudahan penggunaan sehari-hari hingga kemampuan multimedia, temukan fakta-fakta esensial yang dapat membantu Anda memahami apa yang ditawarkan oleh Motorola Moto E32.

1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 90Hz

Layar IPS LCD memang tidaklah istimewa, tapi untuk HP kategori menengah bawah seperti Motorola Moto E32 kami masih bisa memakluminya. Paling tidak, layar milik Motorola Moto E32 dengan ukuran 6.5 inches, 103.5 cm2 (~84.2% screen-to-body ratio) memiliki resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~268 ppi density) dan support refresh rate 90Hz. Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL memiliki layar IPS LCD, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL memiliki layar IPS LCD.

2. Chipset Grade C dengan GPU Rating 52

Di atas kertas, chipset Unisoc T606 yang dibawa Motorola Moto E32 mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 238391. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 4 GB. Di level performa yang sama, ada Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL dengan chipset Snapdragon 660 - Antutu 226617 dan RAM 3-6 GB, dan ada Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL dengan chipset Snapdragon 632 - Antutu 201915 dan RAM 3/4 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Mali-G57 MP1 milik Motorola Moto E32 kami beri rating 52. Sebagai pembanding, GPU Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL punya rating , dan GPU Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL punya rating .

3. Mentok di GSM / HSPA / LTE

Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi GSM / HSPA / LTE dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL support GSM / HSPA / LTE, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL support GSM / HSPA / LTE.

4. Baterai 5000 mAh - charging 18W

Semua fitur yang ada di Motorola Moto E32 ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 18W wired. Sementara pesaingnya, Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL, masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 10W, dan baterai 4000 mAh.

5. Dimensi 164 x 75 x 8.5 mm Frame Plastik

Motorola Moto E32 memiliki detail bodi Glass front, plastic frame, plastic back dengan dimensi 164 x 75 x 8.5 mm yang memiliki ketebalan 8.5 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di sisi ponsel. Adapun untuk variasi warna, Motorola Moto E32 menyediakan opsi warna Misty Silver, Pearl Blue dan Slate Grey.

6. Kamera Utama 16 MP dan PDAF

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Motorola Moto E32 menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 16 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1.0µm, PDAF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 2 MP, f/2.4, (macro) dan kamera ketiga beresolusi 2 MP, f/2.4, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 8 MP, f/2.0, (wide), 1/4.0", 1.12µm.

Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Motorola Moto E32 dilengkapi RAM berkapasitas 4 GB dengan opsi memori internal 64GB 4GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Motorola Moto E32.

Motorola Moto E32 Versus Samsung Galaxy A03

Motorola Moto E32Samsung Galaxy A03
HargaBelum TersediaRp 1.399.000
CPUUnisoc T606, dengan CPU rating 25Unisoc T606, dengan CPU rating 25
GPUMali-G57 MP1, dengan GPU rating 52Mali-G57 MP1, dengan GPU rating 52
LayarIPS LCD, 90HzPLS LCD
Kamera16 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1.0µm, PDAF

2 MP, f/2.4, (macro)

2 MP, f/2.4, (depth)
48 MP, f/1.8, (wide), AF

2 MP, f/2.4, (depth)
Memori64GB 4GB RAM32GB 2GB RAM, 32GB 3GB RAM, 32GB 4GB RAM, 64GB 4GB RAM, 64GB 3GB RAM
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removableLi-Po 5000 mAh, non-removable
Charging18W wiredN/A

#BeriKabarSelagiSempat, Program Oppo Berbagi Pesan Rasa Rindu

0

Telko.id – #BeriKabarSelagiSempat, merupakan program Oppo yang mengajak semua pengguna smartphone diajak untuk upload foto bersama dengan orang terdekat/tersayang yang dirindukan, disertai dengan pesan singkat tentang kabar atau rasa rindu bagi penerima pesan.

Ternyata program ini disambut dengan sukacita. Setidaknya, hingga tanggal 28 April 2022 terdapat 16.297 kabar inspiratif yang sudah tersampaikan berupa foto dan pesan mewakili hangatnya keluarga Indonesia melalui kampanye #BeriKabarSelagiSempat ini.

Sebagai brand yang ‘human centric’ Oppo senantiasa berkomitmen menjadi bagian dari penggunanya. Kali ini, melalui kampanye #BeriKabarSelagiSempat, Oppo membuktikan bagaimana Oppo telah menjadi bagian dari kehangatan keluarga Indonesia terutama di bulan Ramadan tahun ini.

Patrick Owen, Chief Creative Officer Oppo Indonesia menjelaskan, Sejak diluncurkan pada tanggal 7 April 2022 lalu, OPPO telah mengumpulkan 16.297 foto, pesan, dan video inspiratif. Banyak inspirasi yang tertangkap dalam foto-foto yang diunggah dalam tagar #BeriKabarSelagiSempat. Warna-warni takjil Ramadan, wajah-wajah yang merindu keluarga, sore yang indah saat menanti waktu berbuka, dan lainnya, sangat menggambarkan semangat kekeluargaan Indonesia saat ini.”

Lebih lanjut Patrick mengatakan, “Untuk memberi semangat dan kehangatan kepada seluruh keluarga di Indonesia, Oppo juga meluncurkan film pendek ‘Beri Kabar Selagi Sempat’ yang dapat disaksikan melalui akun Youtube Official Oppo Indonesia mulai 11 April 2022”.

Konten video dalam film pendek ini seluruhnya diambil dengan menggunakan OPPO Find X3 5G dan konten foto diambil dengan menggunakan Oppo Reno7 5G.

Dengan kampanye, konten video serta konten foto yang keselurahannya diambil dengan perangkat OPPO, kami ingin menginspirasi lebih banyak pengguna untuk membagikan cerita hidup yang menghangatkan semua anggota keluarga yang mungkin saat ini belum dapat bertemu secara langsung.

Melalui Kampanye #BeriKabarSelagiSempat Oppo berharap jalinan silaturahmi tidak terkendala jarak. Masyarakat bisa terus berkomunikasi dengan para keluarga dan kerabat dengan memanfaatkan beragam teknologi yang ada.

Misalnya saja dengan mengirimkan foto dan video yang direkam dengan menggunakan smartphone. Oppo Reno7 5G dengan kamera utama 64 MP tentunya bisa menghasilkan foto dan video yang jernih sehingga bisa mengobati kerinduan keluarga tercinta.

Oppo Reno7 5G juga memiliki kapasitas baterai 4500 mAh dengan teknologi pengisian cepat SuperVOOC 65 Watt yang dapat mengisi daya baterai dari keadaan kosong hingga penuh dalam waktu 31 menit saja. Tentunya hal ini akan semakin meningkatkan kenyamanan dalam melakukan komunikasi. (Icha)

THIS, Episode Pertama IOH Show Tentang Metaverse 5G dengan Meta

0

Telko.id – THIS atau The IOH Show adalah episode pertama ini berbagi pemikiran tentang Metaverse sebagai teknologi besar berikutnya.

Membawa tema ’Pack Your Bags to Metaverse’, bersama dengan raksasa teknologi Meta, perusahaan menyoroti bagaimana Metaverse menghadirkan kasus penggunaan 5G terbaik untuk telekomunikasi digital.

Metaverse menjanjikan interaksi sosial generasi berikutnya di mana dunia digital tampak realistis namun tak terbatas. Dibentuk oleh virtual reality (VR), augmented reality (AR), kecerdasan buatan (AI), dan blockchain, Metaverse berfokus pada membangun kehadiran di alam semesta virtual untuk meningkatkan pengalaman manusia.

Meskipun berada di awal evolusinya, Metaverse menarik investasi besar di seluruh industri secara global dan di Indonesia, dengan peluang pendapatan potensial, menurut Bloomberg, mencapai $800 miliar pada tahun 2024.

“Metaverse, yang membawa kita ke fase internet berikutnya, telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini dan mengalami percepatan sejak pandemi. Ini memberikan peluang besar bagi perusahaan telekomunikasi digital untuk menjadi titik masuk berkat konektivitas canggih dan latensi yang lebih rendah yang ditawarkan oleh teknologi 5G,” kata Chirag Sukhadia, Chief Enterprise Data Analytics Officer IOH menjelaskan.

Chirag menambahkan bahawa IOH bersemangat memainkan peran penting untuk bergerak maju dengan ekosistem besar kami, basis pelanggan, dan kolaborasi ekstensif dengan mitra teknologi raksasa, termasuk Meta.”

Chirag percaya bahwa kunci masa depan Metaverse adalah ekosistem yang berkembang, didorong oleh tiga dasar: kehadiran, interoperabilitas, dan adopsi pelanggan. Yang pertama adalah hadirnya perangkat berteknologi VR/AR yang terjangkau, seperti headset.

Yang kedua adalah interoperabilitas, yang berarti kemampuan untuk berpindah dengan mulus di antara ruang virtual sambil mempertahankan aset virtual yang sama; dengan demikian, standardisasi teknologi menjadi penting. Yang terakhir adalah adopsi pelanggan besar-besaran di semua segmen, bukan hanya generasi muda.

Menurut Chirag, Indosat Ooredoo Hutchison memainkan peran penting dalam membentuk ekosistem dengan dua produk andalannya, IM3 dan 3, yang memiliki basis pelanggan besar di semua segmen.

Selain itu, kolaborasi yang diperkuat perusahaan dengan mitra strategis global, termasuk Cisco, Ericsson, Huawei, dan Nokia, memungkinkan interoperabilitas. Apalagi, komitmen kuat perusahaan dalam menyediakan layanan komersial 5G, yang dimulai sejak diluncurkan tahun lalu di Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.

Perusahaan juga berencana untuk mengintegrasikan jaringan di seluruh Indonesia untuk meningkatkan jangkauan di dalam ruangan dan kapasitas jaringan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Episode pertama THIS diselenggarakan secara virtual dengan pembicara Chirag Sukhadia dari IOH dan Karan Khara dari Meta. Program THIS akan dilakukan bulanan yang membahas masa depan teknologi dan digital dengan lebih banyak pembicara yang memiliki berbagai latar belakang melalui saluran YouTube Indosat. (Icha)

Telehealth Percepat Reformasi Akses Kesehatan Hingga Pelososk

Telko.id – Telehealth mampu percepat reormasi akses kesehatan hingga pelosok Indonesia. Solusi ini memang sangat dibutuhkan. Pasalnya, terlepas dari pandemi, terbatasnya akses kesehatan di luar kota besar masih menjadi tantangan industri kesehatan tanah air.

Ketidakmerataan fasilitas kesehatan daerah dibanding kota besar, jumlah dokter spesialis, ketersediaan stok obat dan jumlah apotek, hingga biaya pengobatan masih kerap menjadi kekhawatiran bagi masyarakat daerah untuk mengakses pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Selain itu, kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari negara kepulauan kerap menjadi penghalang bagi infrastruktur untuk bisa menjangkau masyarakat secara merata.

Perjalanan laut belasan jam yang masih harus dilalui untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan rumah sakit, kerap terjadi bukan hanya bagi masyarakat di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), namun juga masyarakat yang tinggal di kepulauan sekitar Pulau Jawa.

Tak jarang pasien yang diantar kemudian meninggal di tengah laut dan terpaksa harus kembali ke kampung. Upaya preventif dalam kesehatan lantas dinilai dapat menjadi solusi dari tantangan ini, diantaranya melalui kehadiran telehealth yang memungkinkan konsultasi jarak jauh secara real time, sehingga dapat menjadi pertolongan pertama, sejumlah risiko penyakit dapat diminimalisir dan kasus gawat darurat dapat ditekan.

Lebih lanjut, penetrasi teknologi akibat dorongan pandemi, juga berpotensi membawa dampak cukup besar dalam membuka transformasi akses kesehatan melalui teknologi secara lebih mudah dan merata bagi masyarakat di kota tier 2 dan 3.

Moh. Adib Khumaidi, Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia, mengatakan, “Pandemi tidak hanya menjadi krisis bagi dunia kesehatan, namun juga menjadi pembelajaran akan pentingnya akses kesehatan yang mudah dan merata di Indonesia”.

Adib menambahkan bahwa pada prinsipnya, transformasi digital di bidang kesehatan ini merupakan kebutuhan masyarakat secara global dan Indonesia sangat beruntung memiliki ekosistem teknologi yang kuat, sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai upaya dalam mendukung dan mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk di daerah.

Di saat aktivitas masyarakat harus semakin dibatasi akibat pandemi, teknologi di sektor kesehatan justru menjadi solusi yang memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan secara daring seperti konsultasi jarak jauh, apalagi untuk masyarakat di kota tier 2 dan 3.

Popularitas telehealth pun semakin meningkat seiring dengan upaya pemerintah untuk menciptakan “rumah sakit tanpa dinding” dan berbagai program kolaborasi yang dilakukan dalam penanganan pandemi seperti program isolasi mandiri yang dibantu telehealth.

Tidak hanya kemudahan akses konsultasi dengan dokter, ketersediaan dan integrasi apotek dengan telehealth juga memiliki peran dalam memberikan layanan kesehatan berkualitas yang merata di kota tier 2 dan 3.

Saat berdiskusi terkait perluasan akses kesehatan melalui pemanfaatan telehealth, Nurul Falah Eddy Pariang, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia, mengatakan, “Layanan telehealth, seperti Halodoc, yang sangat ramah pengguna membuat masyarakat yang tinggal di daerah sekalipun merasa terbantu”.

Nurul pun menambahkan bahwa Apotek dan telehealth lantas menjadi sebuah sinergi baru yang harus dilakukan, sehingga akses layanan kesehatan berkualitas di sejumlah daerah tidak lagi terhalang oleh jarak.

Lebih lanjut, Halodoc sebagai platform layanan kesehatan, juga melihat peningkatan penggunaan telehealth oleh masyarakat di luar Pulau Jawa, diantaranya Maluku, Kepulauan Riau, Kalimantan, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

“Ekosistem telehealth yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun, mampu menjembatani kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang berkualitas dan terpercaya. Telehealth kini memungkinkan masyarakat di berbagai daerah bahkan Papua, untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis dari kota besar, seperti Jakarta,” ujar Jonathan Sudharta, Co-Founder dan CEO Halodoc.

Dengan misi menyederhanakan akses layanan kesehatan di berbagai daerah, Halodoc berkomitmen untuk terus memperluas pemanfaatan teknologi di luar kota besar yang diharapkan dapat menjadi solusi di tengah terbatasnya akses kesehatan bagi masyarakat di wilayah terpencil di Indonesia.”

Perluasan pemanfaatan telehealth hingga ke daerah juga menjadi salah satu wujud komitmen pemerintah dalam percepatan proses transformasi digital di layanan kesehatan Indonesia. Agus Rachmanto, Deputy Chief DTO Kementerian Kesehatan RI, mengatakan, “Telehealth semakin berperan krusial karena pandemi saat ini. Sebelum pandemi, telehealth masih asing karena dokter dan pasien lebih memilih pertemuan tatap muka.

Namun pandemi membuat kebutuhan berubah, mulai dari cara dokter berkonsultasi dengan pasien hingga resep obat secara elektronik. Ini menjadi momen perubahan baik dari sisi masyarakat maupun pelaku industri kesehatan yang mulai menyadari dan membawa dampak positif terutama dalam hal perbaikan layanan kesehatan kedepannya.”

Lebih lanjut, di tengah perubahan lanskap industri kesehatan di Indonesia yang sedang bertransformasi saat ini, setidaknya berikut 3 faktor utama dari telehealth yang dipercaya mampu permudah akses layanan kesehatan di kota tier 2 dan 3.

Pertama, pertolongan pertama layaknya kotak P3K yang ada di setiap rumah.
Akses masyarakat daerah untuk mendapatkan layanan dari fasilitas kesehatan terdekat masih menjadi tantangan.

Layanan fitur konsultasi dengan dokter berlisensi di telehealth yang tersedia 24/7 memungkinkan masyarakat daerah untuk berinteraksi dengan dokter secara virtual dari manapun.

Inovasi ini memiliki peran penting layaknya kotak P3K sebagai pertolongan pertama yang dapat diakses secara cepat dan mudah. Inovasi telehealth yang tersedia 24/7 juga terbukti mampu menolong para pasien positif COVID-19, dengan data internal Halodoc menunjukkan sebanyak 12% pasien positif COVID-19 se-Indonesia terbantu dengan memanfaatkan akses layanan kesehatan digital dari Halodoc. 


Kedua,pengalaman seamless bagi pengguna dan para mitra. Ya, teknologi telehealth dirancang sedemikian rupa agar mudah dan ramah digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dari sisi pengguna telehealth memungkinkan digunakan oleh masyarakat di wilayah yang infrastrukturnya belum memadai, hanya dengan smartphone dan akses internet maka akan langsung dapat terhubung dengan dokter dalam waktu 30 detik.

Pembelian vitamin dan obat juga akan dikirim secara langsung oleh pengantar kurang lebih dari 1 jam akan tiba di depan pintu rumah pasien.

Sementara dari sisi mitra, teknologi telehealth berbasis Artificial Intelligence (AI) memudahkan dokter beradaptasi dengan metode konsultasi online. Halodoc juga melakukan pelatihan berkala untuk memastikan dokter familiar dan nyaman dalam menggunakan aplikasi dan menjawab keluhan pasien secara virtual.

Telehealth juga memungkinkan para apoteker untuk memberikan obat sesuai resep elektronik kepada pengguna dengan mudah dan cepat.

Ketiga, Telehealth jadi sarana bagi dokter untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Faktanya, Indonesia hanya memiliki 4,27 dokter untuk setiap 10.000 populasi. Jumlah ini terbilang cukup tertinggal dibanding negara tetangga seperti Filipina (6.00), Thailand (8,05), atau Singapura (22,9).

Berkaca pada angka tersebut, teknologi seperti telehealth sangat berperan bagi para dokter untuk memperluas jangkauan layanannya. Di Halodoc sendiri, layanan Chat Dokter masih menjadi yang paling diminati sejak sebelum pandemi.

Melalui layanan tersebut, Halodoc mampu menghubungkan 20.000 dokter umum dan spesialis di berbagai bidang, dengan lebih dari 20 juta monthly active user (MAU) di berbagai wilayah Indonesia.

Pemanfaatan telehealth secara optimal untuk mempermudah akses layanan kesehatan di kota tier 2 dan 3 di Indonesia tentu membutuhkan kerjasama dengan seluruh stakeholder di layanan kesehatan.  (Icha)

Donasi dan Zakat Digital, Gampang, Lewat Jenius Saja!

0

Telko.id – Donasi dan zakat digital memang sekarang semakin mudah. Banyak platform yang mengakomidirnya. Temasuk juga Jenius dari Bank BTPN.

Jenius pun bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dan Rumah Yatim mengadakan program double donation selama bulan Ramadan ini.

Melalui kolaborasi dengan Dompet Dhuafa, setiap pembelian donasi satu paket buka puasa dan sahur pada situs Dompet Dhuafa senilai minimal Rp30.000 akan langsung Jenius lipat gandakan hingga Rp30.000.

Program ini berlangsung hingga 3 Mei 2022. Selain itu, bersama dengan Rumah Yatim, Jenius juga akan melipatgandakan pembayaran donasi dari teman Jenius untuk Pendidikan Anak Yatim Dhuafa senilai minimal Rp10.000 dan akan dilipatgandakan hingga Rp30.000. Program ini berlaku hingga 7 Mei 2022.

Program double donation bersama Dompet Dhuafa dan Rumah Yatim ini berlaku dengan pembayaran menggunakan Jenius Pay pada situs Dompet Dhuafa dan Rumah Yatim.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN menuturkan bahwa dari tahun ke tahun, Jenius sebagai solusi life finance senantiasa berusaha untuk hadir dan memudahkan pengguna dalam berbagai momentum.

“Pada bulan Ramadan ini, Jenius ingin membantu masyarakat digital savvy di Indonesia untuk memulai langkah kecil berbagi kebaikan kepada sesama dengan berdonasi secara digital. Melalui kolaborasi Jenius dengan Dompet Dhuafa dan Rumah Yatim, pengguna dapat berdonasi dengan mudah dan aman menggunakan Jenius Pay cukup dengan memasukkan $Cashtag mereka, tanpa perlu transfer ke virtual account, antarbank, ataupun memasukkan informasi kartu debit atau kredit.”

Di sisi lain, Ahmad Faqih Syarafaddin selaku General Manager Resources Mobilization Dompet Dhuafa mengatakan, “KolaborAksi bersama Jenius dari Bank BTPN, merupakan solusi kami dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan zakatnya”.

Teknologi digital yang semakin hari semakin beragam membuat Dompet Dhuafa pun harus beradaptasi, salah satunya menggandeng Jenius. Kemudahan dan kepraktisan dalam menunaikan zakat diharapkan dapat mendongkrak penghimpunan zakat pada Ramadan tahun ini.

Selain berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa dan Rumah Yatim melalui program double donation, Jenius juga memfasilitasi masyarakat digital savvy agar dapat membayar zakat secara lebih mudah dengan fitur Billers pada aplikasi Jenius.

Teman Jenius dapat membayarkan zakat penghasilan, zakat harta, hingga zakat fitrah melalui BAZNAS, Dompet Dhuafa, atau Rumah Zakat – badan amil dan zakat yang menjadi mitra Jenius dalam pengumpulan dan penyalurannya.

Prosesnya hanya dimulai dengan memilih fitur Send It, lalu pilih Bills – Zakat & Others, kemudian tentukan lembaga zakat untuk penyalurannya, pilih jenis zakat dan donasi yang akan dibayarkan, masukkan nominal zakat, lalu Pay now dan pembayaran berhasil dilakukan. (Icha)

Huawei dan GTech Bangun Kemitraan Strategis, Ini Target nya!

Telko.id – Huawei dan GTech bangun kemitraan strategis untuk dukung digitalisasi dan pembangunan berkelanjutan berbasis riset dan inovasi di Indonesia.

Nota Kesepahaman antara Huawei dan GTech ditandatangani oleh Jason Zhang, CEO Huawei Cloud Indonesia dan Tantowi Yahya, Duta Besar Keliling Indonesia untuk Pasifik, Chairman of PT Bali Turtle Island Development, sekaligus President Director of United in Diversity.

Turut menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman adalah Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia, Zeng Xinyun, President of Huawei Cloud Asia Pacific, Enki Tan, Chairman of Giti Tire & GTech, Suyoto, M.Si., Ketua UID Foundation, dan Gautama Hartarto, Presiden Direktur PT Indo Muro Kencana.

Melalui kemitraan strategis tersebut, Huawei dan GTech akan fokus pada pendayagunaan Cloud + Kecerdasan Artifisial (AI) + Digitalisasi dan memanfaatkan sepenuhnya keunggulan sumber daya masing-masing di bidang permodalan, teknologi, dan penguasaan pasar untuk membangun kemitraan strategis jangka panjang yang stabil.

Zeng Xinyun, President of Huawei Cloud Asia Pacific mengatakan bahwa sebagai penyedia layanan cloud terkemuka, HUAWEI CLOUD akan menerapkan region 3AZ baru di Indonesia tahun ini. Ia juga mengatakan melalui kemitraan strategis dengan GTech, Huawei berkomitmen untuk memperkuat pertukaran dan kerja sama dalam pengembangan Smart Retail, Digital finance, Smart Ocean and Maritime, Smart Healthcare, Smart city, Smart Manufacturing, Smart Mining, dan pengembangan kompetensi talenta digital.

Tidak hanya itu, kemitraan strategis Huawei dan GTech menjadi makin kritikal sehubungan dengan komitmennya dalam mendukung Digitalisasi Pulau Kura-Kura Bali (Kura-Kura Island Bali, KKB).

Pembangunan Pulau Kura-Kura Bali saat ini menjadi salah satu prioritas pemerintah sehubungan dengan visi ke depan menjadi tempat pengembangan inovasi dan riset kelas dunia, sekaligus hub inovasi dan inkubasi technopreneur Indonesia dalam mencapai target pembangunan berkelanjutan.

“Kemitraan strategis dengan GTech juga akan menyinergikan kepemimpinan Huawei di bidang teknologi 5G, public cloud, dan AI dengan kayanya pengalaman GTech di industri. Huawei dan GTech juga akan menyinergikan keunggulan masing-masing guna mendukung pengembangan jenama-jenama kelas dunia berbasis inovasi, serta berkontribusi terhadap transformasi digital maupun penguatan ekonomi digital Indonesia,” ujar Zeng Xinyun.

Sementara itu Enki Tan, Chairman of Giti Tire & GTech mengungkapkan bahwa teknologi terdepan serta kepakaran Huawei yang telah diakui dunia menjadi pemampu bagi pihaknya dalam mengembangkan layanan serta solusi digital cerdas yang dibutuhkan oleh para pelanggannya yang berasal dari berbagai sektor.

“Kami membutuhkan teknologi canggih Huawei seperti Cloud dan Kecerdasan Artifisial yang memampukan kami beinovasi menghadirkan layanan serta platform digital pintar untuk beragam industri – dari ritel, keuangan digital, manufaktur, otomotif, layanan publik, pertambangan, hingga Kesehatan. Apresiasi yang tinggi kepada Huawei atas komitmennya yang kuat dalam membangun kemitraan strategis bersama kami,” kata Enki.

Pada kesempatan sama, Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia kembali menegaskan bahwa bagi Huawei, Indonesia merupakan pasar digital terbesar di kawasan Asia Pasifik. Indonesia juga dikatakan sebagai lokasi industri digital yang penting di kawasan ini.

Sejak Huawei hadir di Indonesia lebih dari 22 tahun lalu, Huawei berkomitmen untuk terus mendukung keberhasilan transformasi digital Indonesia melalui teknologi-teknologi yang kami kembangkan seperti Cloud, AI, dan 5G, serta alih pengetahuan yang secara berkelanjutan kami selenggarakan Bersama pemerintah, industri, dunia pendidikan, komunitas serta media.

Kerja sama strategis yang saling melengkapi dengan keunggulan masing-masing bersama GTech, menjadi penegasan makin kuatnya keseriusan kami dalam berkontribusi terhadap tercapainya Visi Besar Indonesia. (Icha)

Sepanjang Jalur Mudik, Telkomsel Pastikan Akses Broadband Aman!

0

Telko.id – Sepanjang jalur mudik 2022 dan titik transit transportasi, Telkomsel memastikan akses broadband aman. Ini merupakan komitmen Telkomsel dalam mengamankan akses telekomunikasi untuk kenyamanan aktivitas digital masyarakat di momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1443 H.

Sejumlah upaya yang telah dilakukan antara lain dengan melakukan penambahan infrastruktur BTS 4G/LTE, pengoperasian Compact Mobile BTS (COMBAT), penambahan kapasitas jaringan, serta monitoring berkala untuk pengamanan kualitas akses jaringan hingga momen arus balik nantinya.

Komitmen kesiapan tersebut disampaikan Telkomsel dalam acara Press Conference Pamantauan Mudik Lebaran 2022 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, di Jakarta (29/4).

Dalam momen tersebut, Direktur Network Telkomsel Nugroho turut hadir mendampingi Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate.

“Telkomsel menyambut baik kolaborasi yang telah dibangun bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selama ini dalam menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri setiap tahunnya. Telkomsel telah memastikan kesiapan akses jaringan telekomunikasi terutama broadband yang merata dan berkualitas guna menunjang aktivitas digital masyarakat di titik transportasi dan jalur mudik momen Lebaran 2022,” ujar Nugroho.

Ia pun berharap ketersediaan akses broadband Telkomsel yang optimal dan andal dapat terus membuka lebih banyak peluang kebaikan dan menguatkan semangat #SambungkanSenyuman bagi masyarakat di momen Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Memasuki momen Ramadan 2022 lalu, Telkomsel sendiri telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, yang difokuskan untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan broadband yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia, terutama jalur mudik di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang diprediksi menjadi jalur paling padat di momen mudik Lebaran 2022.

Untuk jalur mudik di Pulau Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara, Telkomsel telah menambah sebanyak 516 unit BTS 4G/LTE baru dan mengoperasikan 40 unit COMBAT, serta melakukan upgrade di 266 unit BTS 4G/LTE.

Sedangkan untuk pengamanan jaringan sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatera, Telkomsel menambah 115 unit BTS 4G/LTE baru, dengan pengoperasian 16 unit COMBAT, dan upgrade sebanyak 271 BTS 4G/LTE.

Telkomsel juga menggelar sebanyak 139 Posko Telkomsel Siaga yang tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani berbagai kebutuhan pelanggan untuk produk dan layanan Telkomsel secara langsung, terutama di sepanjang jalur dan titik transit mudik, seperti di bandar udara, pelabuhan, terminal, stasiun kereta, dan sejumlah rest area jalur tol utama.

Selama momen RAFI 2022 ini, Telkomsel telah memfokuskan pengamanan jaringan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial (pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan), 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

Upaya penguatan kualitas jaringan juga telah dilakukan Telkomsel melalui peningkatan kapasitas di 872 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 688 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) di seluruh wilayah POI RAFI 2022.

Telkomsel turut melakukan penambahan kapasitas jaringan sekira 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node), sehingga total kapasitas yang akan melayani trafik komunikasi selama momen RAFI 2022 menjadi 10.032 Gbps.

Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps. Guna memastikan kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE bagi pelanggan, layanan VoLTE Telkomsel kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone.

Untuk ketersediaan akses produk dan layanan terdepan di seluruh saluran layanan pelanggan agar tetap terjaga, Telkomsel telah memastikan pengoperasian saluran layanan, baik secara online maupun offline.

Seluruh saluran customer care Telkomsel mulai dari call center 188 serta layanan online melalui akun resmi media sosial, asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka, dan GraPARI Online, siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan.

Sedangkan untuk layanan secara offline atau walk-in, Telkomsel juga telah menyiagakan 394 GraPARI dan lebih dari 420.000 mitra outlet di seluruh Indonesia, yang akan melayani kebutuhan produk dan layanan terdepan selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. (Icha)

Setelah Merger, Pendapatan Indosat Naik Jadi Rp10.873 miliar

0

Telko.id – Pendapatan Indosat naik naik  48,0% YoY menjadi Rp10.873 miliar untuk Kuartal I Tahun 2022. Hal ini terungkap pada laporan kinerja keuangan Indosat Ooredoo Hutchison untuk kuartal pertama tahun 2022 yang dilakukan hari Kamis (28/04/2022).

Sedangkan untuk EBITDA meningkat 29,1% YoY menjadi Rp4.380 miliar, dengan Margin EBITDA mencapai 40,3%. Lalu untuk laba bersih yang dapat diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk tercatat sebesar Rp129 miliar. 


Setelah mergerpun total pelanggan seluler meningkat 34,6 juta menjadi 94,6 juta YoY. Sedangkan untuk lalu lintas data secara YoY tumbuh 98,5%.

“Pendapatan Indosat naik dan hasil kinerja keuangan lainnya ini mencerminkan visi yang kami bayangkan untuk IOH melalui merger dengan skala yang ditingkatkan, kekuatan finansial, dan kemampuan yang memungkinkan kami mempercepat pertumbuhan dan transformasi ekonomi Indonesia menjadi masyarakat digital,” ungkap Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison menjelaskan.

Vikram pun menambahkan bahwa Indosat berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi produk, mengintegrasikan jaringan, dan menempatkan pengalaman pelanggan sebagai fokus utama operasional bisnisnya.

Pada kuartal pertama tahun 2022, IOH meluncurkan beberapa inisiatif digital, termasuk UCan dan Bima Kredit. Selain itu, IOH juga memperkuat kerja sama strategis dengan para mitra global pada penyelenggaraan Mobile World teknologi dan solusi terbaik ke Indonesia.

Integrasi karyawan dan jaringan IOH diwujudkan dengan cara yang dipercepat. Sebesar 20% dari inisiatif integrasi Perusahaan dari strategi implementasi 9 kuartal telah selesai, sementara sinergi aktual lebih cepat dari target.

Perseroan pun dengan cepat melakukan proyek percontohan untuk mengintegrasikan jaringannya dengan teknologi Multi- Operator Core Network (MOCN) setelah selesainya merger.

IOH terus menjalankan komitmennya untuk menghubungkan dan memberdayakan setiap orang Indonesia melalui berbagai inisiatif Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Perseroan meluncurkan program pemberdayaan masyarakat berkelanjutan di Mandalika yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui bantuan permodalan dari platform pinjaman digital Indosat Ooredoo Hutchison yaitu UCan (bekerja sama dengan QNB Indonesia) dan Bima Kredit (bekerja sama dengan Maucash).

Sebagai entitas baru hasil penggabungan pada awal tahun 2022, IOH resmi menjadi bisnis telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia.

Dengan skala dan kekuatan yang lebih besar, Perseroan akan terus memberikan pengalaman digital kelas dunia kepada pelanggan. IOH akan terus menciptakan nilai lebih bagi pelanggan dan pemegang saham, serta mempercepat transformasi digital Indonesia.

Dalam jangka panjang, Perseroan akan mendukung pemerintah dalam memberikan pemerataan akses teknologi digital di Indonesia dengan memperkuat infrastruktur jaringan dengan penambahan 11.400 site baru dan perluasan jangkauan jaringan ke 7.660 desa baru di seluruh tanah air, yang ditargetkan selesai pada tahun akhir tahun 2025. (Icha)

Metaverse Jakarta Akan Hadir, Apa Target nya?

Telko.id – Metaverse Jakarta akan dihadirkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan WIR Asia Tbk (WIR Group). Langkah ini dilakukan untuk mendukung visi Jakarta sebagai kota maju melalui pelayanan public excellent yang dapat disejajarkan dengan berbagai kota besar di dunia.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dilakukan oleh Yudhistira Nugraha, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta dan Direktur Utama WIR Group Tbk Michel Budi Wirjatmo di Balai Kota Jakarta, Kamis, (28/4).

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk melakukan pengembangan di berbagai sektor layanan publik melalui transformasi digital, termasuk dengan menghadirkan realitas virtual metaverse. Kami siap mengadopsi teknologi metaverse untuk mewujudkan visi Jakarta sebagai kota maju, lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua,” ujar Yudhistira Nugraha, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City.

Pemprov DKI Jakarta menilai kerja sama dengan WIR Group akan memberikan kesempatan luar biasa bagi pengembangan layanan publik di Jakarta. Dengan mengadopsi teknologi digital metaverse, Pemprov DKI Jakarta juga bisa menggali berbagai potensi dan peluang dalam pengembangan layanan yang sebelumnya tidak terbayangkan.

“Kerjasama strategis dengan WIR Group merupakan upaya untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat Jakarta dalam mengakses dan mendapatkan layanan. Ini juga menjadi bagian dari rangkaian transformasi digital Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pengembangan layanan publik berbasis IT, setelah sebelumnya kami mengembangkan Jakarta Smart City,” kata Yudhistira menambahkan.  

Yudhistira meyakini pengembangan teknologi digital metaverse dapat mendukung terwujudnya pelayanan publik kelas dunia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kota dan warga secara efektif, sekaligus memberikan pengalaman unik kepada masyarakat.

“Kami tertarik untuk melakukan kerja sama dengan WIR Group dalam pengembangan platform metaverse Jakarta, karena track record mereka dalam pengembangan teknologi AR/VR dan AI  yang sudah diakui di berbagai negara. Selain itu, platform metaverse yang dikembangkan juga mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa, Bhinneka Tingga Ika dan sejalan dengan visi Pemprov DKI Jakarta,” tandas Yudhistira.

Sementara bagi WIR Group, kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta menegaskan komitmennya dalam mengembangkan platform metaverse untuk kota-kota besar di Indonesia.  “Tentunya pengembangan platform metaverse Jakarta dilakukan dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai-nilai dan kearifan lokal dan budaya bangsa seperti yang dikembangkan untuk metaverse  Kota Makassar dan  Bali,” ujarnya.

Penandatanganan kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan membawa WIR Group pada satu fase penting dalam rangkaian pengembangan ekosistem untuk mendukung platform Metaverse yang lebih besar.

“Pembangunan Metaverse di Indonesia secara keseluruhan memang membutuhkan waktu cukup lama dan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024 mengingat pengembangannya memiliki kompleksitas yang tinggi,” ujar Direktur Utama WIR Group Tbk, Michel Budi Wirjatmo.

WIG Group mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan layanan di platform metaverse dengan membantu menavigasi bagaimana berinteraksi di dunia metaverse yang memerlukan cara-cara khusus dan tentunya dengan memperhatikan peraturan dan regulasi yang berlaku.

Dalam mengembangkan teknologi, WIG Group juga selalu  berpikir dan bertindak  mengacu kepada filosofi dan nilai-nilai luhur bangsa. Juga akan melibatkan pihak-pihak yang memahami konsep budaya dan kearifan lokal dari masing-masing daerah, seperti pakar dan akademisi. (Icha)