spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 159

Telin Resmikan Telin Operation and Command Center, Ini Targetnya!

0

Telko.id – Telin, perusahaan global dari Indonesia dan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melakukan reborn untuk World Hub Operation and Command Center (WHOCC) menjadi Telin Operation and Command Center (TOCC) pada Kamis (14/3).

Dengan tuntutan bisnis saat ini, TOCC memiliki fungsi terintegrasi untuk mengelola dan mengawasi layanan telekomunikasi dan jaringan Telin untuk seluruh pelanggan di seluruh dunia.

Dalam Reborn TOCC ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan bagi kemajuan bisnis, sistem terintegrasi, dan pengembangan bisnis secara terpusat.

Reborn TOCC ini merupakan esensi dari transformasi yang tidak hanya terletak pada ide, namun juga pada sebuah tindakan yang nyata.

Baca juga : Pengalihan Data center TelinSG ke NeutraDC Singapore, Ini Targetnya!

Selain Reborn TOCC, ONE Telin Playbook dan Operational Guidance juga diluncurkan sebagai panduan untuk membina talenta digital terbaik di kelasnya di Telin Group.

Dalam transformasinya, Telin juga mengimplementasikan ONE Telin Operation yang berlandaskan North Star Vision yaitu To Be Digital Infrastructure & Platform Partner of Choice for Enterprise & Hyperscaler in Asia Pacific, dengan fokus pertumbuhan industri sebesar 17% dan pertumbuhan bisnis sebesar 38%.

Acara Reborn TOCC turut dihadiri oleh Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko serta jajaran Senior Leaders dari Direktorat CFU WIB TelkomGroup, Direktorat NITS TelkomGroup, dan Telin.

“Perubahan WHOCC menjadi TOCC merupakan salah satu integrasi dalam transformasi yang menyatukan operasional Telin di seluruh bagian dunia serta bentuk implementasi ONE Telin,” kata Budi Satria Dharma Purba, CEO Telin.

“Momentum ini pun jatuh di tanggal yang sama dengan ulang tahun Telin yang ke-17, menandai komitmen perusahaan dalam menghadapi tantangan dan memberikan layanan terbaik pada pelanggan,” ujar Budi menambahkan.

Bersamaan dengan Bulan Ramadan dan HUT Telin ke-17, Telin juga mengadakan acara buka bersama dan syukuran untuk menyambut HUT Telin ke-17 melalui simbolisasi prosesi potong tumpeng bersama BoD Telkom, BoD Telin dan seluruh Teliners.

Di acara ini, Telin juga berbagi dengan tim support Telin yaitu OB, driver, security dan tim patroli jaringan Telin. Acara ini juga menjadi momentum penting untuk Telin dalam langkahnya untuk terus mendorong transformasi digital dalam kawasan Asia-Pasifik.

Selama 17 tahun, Telin telah melakukan perjalanan transformatif, menghadapi tantangan, kemenangan, dan segala sesuatu di antaranya. Telin pun akan terus berusaha lebih baik lagi di masa yang akan datang. (Icha)

Dalam Setahun, GOTO Mampu Pulihkan Kinerja EBITDA

0

Telko.id – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berhasil mencatatkan EBITDA Grup yang disesuaikan (adjustment) positif untuk pertama kalinya di kuartal 4-2023 senilai Rp 77 miliar, dari kuartal 4-2022 yang masih rugi EBITDA yang disesuaikan sebesar Rp 3,14 triliun.

Dengan demikian, perseroan mampu merealisasikan panduan kinerja yang ditetapkan sejak awal tahun lalu. Pemulihan itu juga tampak dari EBITDA yang disesuaikan untuk setahun penuh yang mampu melebihi panduan kinerja.

Di awal tahun, manajemen GOTO menetapkan rugi EBITDA yang disesuaikan dalam setahun penuh yakni negatif Rp 4,5 triliun dan batas bawahnya negatif Rp 3,8 triliun.

Namun dalam setahun, GOTO mampu memulihkan kinerja EBITDA yang disesuaikan negatif Rp 3,67 triliun, membaik 77% dari tahun sebelumnya negatif Rp 16,01 triliun.

Baca juga : Ini Strategi Bisnis GoTo Untuk 2024

Artinya, nilai rugi EBITDA yang disesuaikan itu lebih baik 18% dari batas atas dan 3,4% dari batas bawah yang mengindikasikan terjadi perbaikan yang didorong inovasi produk dengan menjangkau segmen pasar lebih luas serta pengelolaan beban secara disiplin.

Patrick Walujo, Direktur Utama Grup GoTo, menjelaskan, GoTo telah meletakkan landasan operasional yang kuat dengan tercapainya EBITDA yang disesuaikan positif pada Q4-2023 dan terjalinnya kemitraan strategis dengan TikTok pada bisnis e-commerce yang akan berdampak luas kepada bisnis-bisnis Financial Technology dan On-Demand Services.

Oleh sebab itu, ke depannya, fokus perseroan adalah untuk memperkuat landasan ini agar dapat mendorong pertumbuhan yang lebih cepat dan profitable.

“Perseroan mengedepankan inovasi produk dan keunggulan operasional, dengan tujuan meningkatkan nilai yang Perseroan berikan pada konsumen eksisting, meningkatkan wallet share, serta menumbuhkan basis konsumen,” jelasnya dalam siaran pers, Selasa (19//3).

Dalam keterangan resmi, Jacky Lo, Direktur Keuangan Grup GoTo, menjabarkan, perseroan mencatatkan peningkatan profitabilitas di setiap unit bisnis pada kuartal keempat, dibandingkan tahun sebelumnya.

Unit bisnis On-Demand Services mencatatkan EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal tersebut, sementara itu, unit bisnis Financial Technology terus berekspansi dengan tetap mempertahankan perbaikan EBITDA yang disesuaikan secara year-on-year dan quarter-on-quarter.

 Jacky mengatakan, bisnis E-Commerce juga mencapai EBITDA yang disesuaikan positif untuk kuartal keempat meski berada di tengah kompetisi ketat. Lebih lanjut, bisnis tersebut akan menguntungkan secara kas untuk perseroan sebagai hasil dari perjanjian dengan TikTok.

“Perseroan berharap dapat mencapai EBITDA yang disesuaikan impas (breakeven) secara Grup untuk keseluruhan 2024, dan secara bersamaan menginvestasikan kembali pendapat yang diperoleh kepada kegiatan bisnis perseroan secara berkelanjutan, seiring upaya menuju pertumbuhan top line.

” Pendapatan Tumbuh 30% Tahun lalu, GOTO mampu mencetak pendapatan bersih mencapai Rp 14,79 triliun, naik 30,28% dibandingkan dengan pendapatan tahun sebelumnya Rp 11,35 triliun.

Perseroan juga mampu menurunkan beban di antaranya beban pokok pendapatan yang susut 7,06% menjadi Rp 5,09 triliun di tahun lalu, dari tahun sebelumnya Rp 5,48 triliun.

Penurunan juga terjadi di beban penjualan dan pemasaran yang sangat signifikan, hingga 54,35% menjadi Rp 6,43 triliun dari tahun sebelumnya sebesar Rp 14,09 triliun.

Dengan demikian, induk Gojek dan GoTo Financial (GTF) ini mampu memangkas rugi operasional (rugi usaha) di tahun 2023 menjadi Rp 10,28 triliun, turun 66,11% dari tahun sebelumnya rugi usaha Rp 30,33 triliun.

Sementara itu, khusus di kuartal 4-2023, nilai transaksi bruto (GTV) GOTO tercatat sebesar Rp 163,0 triliun, naik 8% dari kuartal sebelumnya dan 1% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Manajemen GOTO menyatakan kenaikan GTV didorong tajamnya fokus perseroan ke golongan konsumen yang memprioritaskan harga. (Icha)

Sisternet Ajarkan Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM Indonesia

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Sisternet, terus berupaya memperbesar kontribusi dalam pemberdayaan perempuan. Salah satu implementasinya melalui upaya berkelanjutan dalam peningkatan kompetensi perempuan pelaku UMKM di Indonesia agar “naik kelas”.

Untuk itu, Sisternet menyelenggarakan webinar edukasi mengenai urgensi kepemilikan legalitas usaha bagi perempuan pelaku UMKM di Indonesia, Rabu (13/3). Hadir sebagai pemateri adalah Legal Corporate Affairs XL Axiata, Noveleta Dinar.

Berdasarkan data yang dilansir dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), hingga 2023 terdapat lebih dari 64 juta pelaku UMKM di Indonesia. Namun, prosentase pelaku yang telah memahami pentingnya kepemilikan legalitas usaha masih sangat kecil.

“Program edukasi terkait pentingnya kepemilkan legalitas usaha ini merupakan salah satu wujud komitmen XL Axiata melalui Sisternet dalam upaya memperluas literasi dan pemahaman para pelaku UKM khususnya perempuan Indonesia,” kata Reza Mirza, Group Head Corporate Communication XL Axiata.

Baca juga : XL Axiata Perkenalkan Fitur “FINANSISTER” di Aplikasi Sisternet, Ini Manfaatnya?

Menurut Reza, webinar ini diisi dengan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para peserta mengenai manfaat dan cara memperoleh legalitas dan badan hukum atas UMKM mereka.

Para perempuan pelaku UMKM harus memahami bahwa legalitas berperan sebagai instrumen dalam memperkuat jaminan hukum bagi bisnis mereka, sekaligus bukti penunjang adanya kegiatan usaha yang sah di mata hukum dan bisa dipertanggungjawabkan.

Webinar ini diikuti secara daring oleh sekitar 100 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah. Edukasi diawali dengan pemahaman kepada para peserta mengenai apa itu status hukum usaha dan bagaimana menentukan skala prioritas untuk mengurus status hukum serta legalitas.

Setelah itu, dilanjutkan dengan bagaimana memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai keuntungan yang diperoleh apabila usaha mereka telah memiliki legalitas dan badan hukum. Pada tahap akhir, para peserta dipastikan telah memahami bagaimana cara memperoleh legalitas dan badan hukum.

Acara ini juga diisi dengan penjelasan mengenai seperti apa unsur badan hukum, identitas/kredibiltas, pembatasan maupun pemisahan resiko, perlindungan diri, dan keberlangsungan usaha. Dijabarkan juga mengenai jenis badan hukum, hingga contoh bentuk usaha yang tergolong ke dalam badan hukum dan bukan badan hukum.

Lebih jauh, para peserta diajarkan seperti apa tahapan dalam mengurus legalitas atau badan hukum, hal-hal yang perlu diwaspadai dalam pengurusannya, hingga contoh kasus yang merugikan pelaku UMKM karena minimnya pemahaman mengenai legalitas usaha ini.

Dikenalkan kali pertama pada bulan April 2015, website dan aplikasi Sisternet sudah diakses lebih dari 500.000 perempuan, dengan member yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sejak tahun 2020, Sisternet memiliki aplikasi digital yang bisa diakses secara lebih mudah melalui ponsel. Seiring dengan terus semakin bertambahkan fitur-fitur dalam aplikasi Sisternet, semakin bertambah terus member yang mengakses Sisternet. (cha)

Transaksi Keuangan Digital Wajib TTD Elektronik Tersertifikasi!

0

Telko.id – Presiden Joko Widodo telah resmi mengesahkan UU Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pada revisi kedua UU ITE, kini tercantum pada Pasal 17 Ayat 2a yang menyebut bahwa “Transaksi Elektronik yang memiliki risiko tinggi bagi para pihak menggunakan Tanda Tangan Elektronik yang diamankan dengan Sertifikat Elektronik.”

Lebih lanjut pada bagian penjelasan disebutkan bahwa transaksi elektronik yang berisiko tinggi antara lain adalah transaksi keuangan yang tidak dilakukan dengan tatap muka secara fisik atau kerap disebut transaksi keuangan digital atau daring.

Perubahan kedua UU ITE menegaskan keseriusan pemerintah dalam memastikan keamanan dan keabsahan transaksi elektronik yang makin marak di Indonesia, khususnya di sektor jasa keuangan.

Baca juga : Bank Krom Resmi Luncurkan Krom Digital Banking, Sasar Generasi Muda

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun menilai penggunaan tanda tangan elektronik tersertifikasi sangat penting di sektor jasa keuangan yang memiliki risiko penipuan (fraud) tinggi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menemukan bahwa dari sekitar 486.000 laporan masyarakat terkait tindak pidana informasi dan transaksi elektronik selama 2017–2022, penipuan transaksi daring mendominasi dengan jumlah sekitar 405.000 laporan.

Selain itu, Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) menerima dan menangani 2.501 pengaduan yang mayoritas adalah fraud pada 2023, naik 39% dari 2022.

OJK telah menginisiasi komunikasi dengan Kominfo terkait interpretasi dari aturan Pasal 17 ayat 2a UU No. 1 Tahun 2024 dan bersepakat untuk memaknai bahwa TTE tersertifikasi wajib untuk digunakan dalam mengamankan transaksi keuangan yang dilakukan tanpa pertemuan tatap muka. Hal ini yang selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh OJK khususnya bidang pengaturan P2P Lending.

“Dengan demikian, berkaitan dengan proses bisnis BNPL (Buy Now Pay Later) atau juga transaksi keuangan digital lainnya yang dilakukan secara tidak langsung tanpa pertemuan tatap muka termasuk pada kategori transaksi elektronik berisiko tinggi yang wajib menggunakan tanda tangan digital tersertifikasi,” tutur Kepala Departemen Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Keuangan Khusus Otoritas Jasa Keuangan, Ahmad Nasrullah pada Seminar Nasional Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) di Bali (08/03).

“Penguatan penggunaan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi, sebagaimana tercantum dalam revisi kedua UU ITE, merupakan langkah yang diambil pemerintah untuk menciptakan lingkungan digital yang inovatif,” ungkap Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid.

Indonesia sendiri memerlukan fondasi hukum yang komprehensif dalam merumuskan kebijakan terkait tanda tangan digital dan layanan sertifikasi elektronik lainnya untuk mengamankan transaksi keuangan digital mengingat besarnya potensi sektor ini terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Sudah saatnya masyarakat luas maupun pelaku usaha, khususnya di sektor jasa keuangan, untuk menggunakan tanda tangan elektronik tersertifikasi dalam rangka menjaga keamanan data yang pada era digital ini harus menjadi perhatian kita semua.

“Kami pun cukup senang dengan perkembangan industri tanda tangan elektronik, dengan adanya aturan hukum yang jelas, kita harapkan ekosistem digital semakin tumbuh dan dilengkapi dengan keamanan data yang baik bagi masyarakat. Hal inilah yang menjadi perhatian Komisi I DPR RI untuk memasukan tanda tangan elektronik dalam Revisi Kedua UU ITE,” pungkas Meutya.

Dalam penerapannya, tanda tangan elektronik tersertifikasi akan melakukan verifikasi terhadap para pihak yang terlibat dalam dokumen elektronik sebelum mereka menandatangani dokumen.

Proses verifikasi dilakukan dengan mencocokkan data mereka dengan data biometrik dan data kependudukan di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri).

Suwandi Wiratno, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), melihat bahwa tanda tangan elektronik tersertifikasi mampu membantu digitalisasi layanan multifinance serta mendukung penguatan keamanan transaksi keuangan digital.

APPI selaku asosiasi industri multifinansial terus mendukung upaya pemerintah dalam percepatan digitalisasi ekosistem pembayaran yang aman dan terpercaya melalui inovasi dan integrasi Tanda Tangan Elektronik (TTE).

“Kami terus mendorong berbagai perusahaan pembiayaan yang kami naungi untuk dapat semakin fasih dalam mengadopsi teknologi ini di sektor keuangan khususnya guna membangun kepercayaan konsumen dan melindungi pelaku industri,” ungkap Suwandi.

Keunggulan Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi

Penggunaan tanda tangan elektronik menawarkan ragam keunggulan dalam mengamankan  transaksi elektronik. Tanda tangan elektronik tersertifikasi memiliki implementasi dan kekuatan hukum seperti tanda tangan basah.

Keamanan dari tanda tangan elektronik sudah teruji karena setiap tanda tangan disertai jaminan keabsahan identitas dari para penandatangan dokumen elektronik serta memastikan keutuhan dokumen sehingga memberi perlindungan hukum bagi pihak-pihak yang terlibat.

Penggunaan tanda tangan elektronik pun bisa menghemat waktu dan biaya karena bisa dilakukan tanpa pertemuan dan dokumen fisik. Pengurangan pemakaian kertas pun ikut memberi dampak positif bagi lingkungan.

Selain itu, tanda tangan elektronik yang tersertifikasi bisa direkam dan disimpan secara digital sehingga sulit untuk dipalsukan dan dimanipulasi untuk meminimalkan risiko pembuatan dokumen palsu.

Tanda tangan elektronik juga punya tracking waktu pembubuhan akurat yang penting untuk proses transaksi, hukum, hingga investasi. Tanda tangan elektronik pun telah jadi standar internasional yang bisa membuka lebih banyak peluang bisnis dengan para pelaku usaha dari luar negeri.

Pastikan hanya menggunakan tanda tangan elektronik tersertifikasi untuk menjamin keamanan dan keabsahan dokumen dan transaksi elektronik yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Tanda tangan elektronik tersertifikasi tersedia melalui perusahaan-perusahaan yang terdaftar secara resmi sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) di Kominfo dan tercatat di OJK sebagai Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital klaster Regtech: E-Sign, seperti Privy, Tilaka, Xignature, dan Vida. (Icha)

Tips Bikin Vlog Ramadan Pasti Mudah dengan Galaxy A15 5G

Telko.id – Mengabadikan momen keseharian memang sudah lekat dengan gaya hidup pengguna digital saat ini. Seperti menceritakan dan membagikan momen-momen berharga, sampai aktivitas sehari-hari.

Mumpung sedang memasuki bulan Ramadan, kalian juga bisa membuat vlog keseruan aktivitas selama menjalani bulan puasa, dengan fitur-fitur canggih yang dimiliki Samsung Galaxy A15 5G.

Ngonten sepuasnya tanpa khawatir

Dibekali dengan kamera 50MP, Galaxy A15 5G memungkinkan kita untuk merekam setiap momen dengan detail yang luar biasa.

Dari persiapan sahur hingga berbuka puasa. Kita juga dapat mengabadikan setiap detail prosesnya, baik menggunakan kamera depan dan belakang, dalam berbagai kondisi cahaya.

Baca juga : Tips Fotografi Low Light Gunakan Samsung Galaxy A15 5G

Tentu saja mengabadikan momen keseharian Ramadan-mu tidak bisa hanya dilakukan dalam sekali take, dan tentu nya foto maupun video yang kamu abadikan akan memakan banyak sekali ruangan memori yang tersedia.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Galaxy A15 5G sudah memiliki ruang penyimpanan yang lebih luas dari sebelumnya sebesar 256GB dan jika masih kurang, kamu bisa menambahkannya dengan menggunakan MicroSD sebesar 1TB.

Yang pasti nyaman untuk ngonten

Kamera sudah oke, memori juga sudah aman, lalu bagaimana dengan baterainya? Samsung Galaxy A15 5G sudah dilengkapi dengan baterai 5000mAh yang sangat mumpuni untuk kamu gunakan ngonten seharian.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu membawa powerbank kemana pun kamu pergi, karena baterainya pasti kuat. Jika baterai smartphone-mu sudah mulai habis, kamu juga tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mulai ngonten lagi, karena Galaxy A15 5G juga sudah diperkuat dengan fitur fast-charging sebesar 25W.

Selama proses ngonten, pastinya kamu akan terus menatap layar dalam waktu yang lama, tetapi galaxy A15 5G sudah mempersiapkan layar yang mumpuni untuk kamu.

Dengan layar Super AMOLED yang dilengkapi dengan refresh rate 90Hz, Galaxy A15 5G siap memberikan pengalaman konten yang pasti seru.

Tidak hanya itu, Galaxy A15 5G juga sudah mengalami peningkatan dengan menurunkan efek dari blue light yang dihasilkan layarnya menjadi 12,5% dan sudah tersertifikasi oleh SGS.

Bagikan hasil konten masterpiece-mu

Setelah merekam momen-momen keseharianmu selama Ramadan, kamu dapat dengan mudah berbagi konten vlog tersebut menggunakan fitur Quick Share pada Samsung Galaxy A15 5G.

Dengan hanya beberapa klik, kamu dapat mentransfer video vlog berukuran besar secara cepat dan stabil kepada teman dan keluarga terdekat.

“Manfaatkan kamera Galaxy A15 5G untuk menangkap setiap detil keindahan Ramadan yang khas dari sudut pandangmu, mulai dari sahur hingga ibadah malam. Kamera 50MP yang pasti tajam dilengkapi fitur Quick Share pada Galaxy A15 5G memperkaya pengalaman ini dengan memudahkan berbagi konten Ramadan kepada keluarga dan teman dengan cepat dan mudah.”, kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Quick Share sendiri merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk mentransfer file berukuran besar dengan cepat dan aman ke orang-orang di sekitarmu tanpa harus bergantung pada koneksi internet atau sinyal. Berikut adalah caranya:

  • Pilih file yang kamu inginkan lalu pilih ikon “Bagikan”
  • Pilih opsi Quick Share
  • Pilih penerimanya

Fitur ini juga mendukung berbagi file dengan perangkat non-Galaxy, ataupun ke teman yang tidak sedang bersamamu, menjadikannya solusi yang praktis untuk berbagi konten dengan siapa pun.

Kamu bisa menggunakan opsi berbagi dengan QR Code atau link untuk membagikan file yang kamu mau. Berikut caranya:

  • Pilih file yang kamu inginkan lalu pilih ikon “Bagikan”
  • Pilih opsi Quick Share
  • Lalu pilih opsi logo QR Code
  • Temanmu tinggal scan QR Code yang ada di layar. Opsi lainnya, kamu bias pilih “copy URL” untuk membagikan link dokumen ke temanmu yang lain.

(Icha)

Safari Ramadan 1445 H, TelkomGroup Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

0

Telko.id – Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali melaksanakan kegiatan tahunan Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2024.

Kegiatan Safari Ramadan dilaksanakan secara nasional di seluruh wilayah Telkom Regional dengan agenda utama yakni memastikan kualitas layanan prima ke pelanggan terutama menjelang hari raya, hingga penyerahan bantuan Telkom Berbagi.

Pada kesempatan kali ini, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah bersama Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi didampingi oleh Executive Vice President Telkom Regional I Sumatera Djatmiko melakukan Kunjungan Kerja Direksi TelkomGroup Siaga RAFI 2024 ke wilayah Telkom Regional I, tepatnya di Medan.

Direksi mengunjungi Integrated Operation Center Regional – 1, Sumatra (IOC-R1) yang menjadi salah satu Posko Siaga RAFI TelkomGroup untuk secara langsung memastikan kesiapan dan memastikan performa infrastruktur yang ada di Regional I Sumatra dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan jaringan dapat berjalan dengan baik selama Ramadan dan menyambut Idul Fitri.

Baca juga : Telkom Innovillage 2023 Lahirkan 163 Karya Inovasi Mahasiswa

Dalam sambutannya, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menegaskan komitmen perusahaan untuk terus melanjutkan langkah transformasi melalui implementasi strategi utama Five Bold Moves di antaranya lewat Fixed Mobile Convergence (FMC), konsolidasi data center dan Infraco.

Inisiatif FMC yang telah dilakukan sejak bulan Juli lalu menjadi upaya untuk meningkatkan value demi keberlangsungan perusahaan yang kompetitif dan profitable.

Upaya itu pun kini telah menunjukkan hasil yang positif dari segi efisiensi baik dari belanja modal maupun belanja operasional serta diproyeksikan dapat memperlihatkan hasil yang baik sebagaimana yang direncanakan.

“Mari kita terus perjuangkan Sumatera menjadi salah satu pusat pertumbuhan tertinggi dan sekaligus melanjutkan program transformasi perusahaan,” tambah Ririek.

Selain kunjungan ke Posko Siaga RAFI, rombongan direksi juga melakukan kunjungan ke fasilitas data center neuCentriX Medan. Data center neuCentrIX yang telah memiliki 3S (Standard, Secure, dan Simple) dan berkapasitas 90 rak ini juga sudah banyak digunakan oleh instansi pemerintahan.

Hal ini menggambarkan bahwa neuCentrIX telah berevolusi tidak hanya melayani pemain digital telco namun juga pemerintah.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke GraPARI TelkomGroup Medan yang berlokasi di Gedung Merah Putih. Pada kesempatan ini, direksi juga berinteraksi dengan berbagai macam pelanggan termasuk pelanggan prioritas.

Tak hanya berinteraksi, direksi juga mengecek kesiapan operasional pada momen Ramadan Idul Fitri tahun ini dan memberikan semangat serta apresiasi kepada seluruh personel yang bertugas untuk terus menjaga dan meningkatkan customer experience.

“Jadikan semangat Ramadan momentum untuk bekerja ikhlas, penuh tanggung jawab dalam menghadirkan service excellence bagi pelanggan dan kualitas terbaik bagi perusahaan,” ujar Afriwandi.

Acara dilanjutkan dengan agenda tatap muka bersama karyawan TelkomGroup yang ada di Telkom Regional I. Diskusi santai ini fokus membahas terkait langkah transformasi yang tengah Telkom lakukan dan betapa pentingnya peran serta karyawan dalam menyukseskan program tersebut.

Acara diskusi santai juga dilakukan Direktur Utama didampingi SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, dengan rekan media maupun jurnalis yang ada di area Medan dan sekitarnya.

Sebagai bentuk komitmen Telkom untuk mencapai sasaran Sustainable Development Goals (SDGs) serta didorong oleh kepedulian kepada sesama, program Telkom Berbagi di momen Safari Ramadan kali ini menyerahkan bantuan senilai total Rp1,8 miliar.

Bantuan di antaranya berupa komputer beserta akses internet dan dilengkapi dengan aplikasi Pijar. Bantuan tersebut diberikan kepada sekolah, madrasah, pesantren, dan sederajat yang berlokasi di sekitar kawasan Telkom Regional.

Selain itu, bantuan berupa santunan bagi 1.000 anak yatim, 1.000 masyarakat duafa juga disalurkan secara nasional.

Melalui seluruh kegiatan Safari Ramadan sebagai bagian dari TelkomGroup Siaga RAFI 2024 diharapkan dapat memperkuat peran BUMN untuk masyarakat khususnya Telkom dalam memberikan manfaat yang maksimal atas layanan terbaiknya bagi pelanggan.

 Tak hanya itu, Telkom juga berharap dapat membantu masyarakat yang membutuhkan untuk menjadikan Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H lebih bermakna. (Icha)

Meriahkan Ramadhan, EZVIZ Luncurkan Tiga Produk Terbarunya

Telko.id – Bulan Ramadhan 1445 Hijriah (2024) adalah momen yang penuh berkah dan kebersamaan. Untuk merayakan semangat Ramadhan yang penuh cinta dan keharmonisan, EZVIZ dengan bangga mengumumkan peluncuran tiga produk terbaru mereka ke Indonesia yaitu H7c Dual 2K+, H8c 4G, dan DL05.

Ketiga produk tersebut dirancang khusus untuk memberikan keamanan dan kenyamanan ekstra di rumah para penggunanya selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah (2024). Apalagi, biasanya tingkat kriminalitas selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri kian meningkat.

“Kami sangat antusias untuk mengumumkan peluncuran produk terbaru kami di bulan Ramadhan 1445 Hijriah (2024) ini. Kami percaya bahwa EZVIZ H7c Dual 2K+, H8c 4G, dan DL05 ini akan membantu pengguna kami merayakan Ramadhan dengan lebih tenang dan nyaman,” ujar George Wu, Country Manager EZVIZ Indonesia.

Dengan teknologi terdepan dan penawaran spesial selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah (2024) ini, George pun berharap dapat menjadi mitra terpercaya bagi masyarakat Indonesia dalam mengamankan rumah dan bisnis mereka, Ramadhan #LebihEazy bareng EZVIZ.

EZVIZ H7c Dual 2K+

Baca juga : Smart CCTV EZVIZ Kini Berteknologi Smart AI

EZVIZ H7c Dual 2K+

Ini adalah kamera indoor yang cerdas dan canggih. Dengan teknologi lensa ganda, kamera ini memberikan cakupan yang lebih luas dan deteksi gerakan manusia yang lebih akurat.

Fitur smart night vision pada EZVIZ H7c Dual 2K+ membuat pengguna tetap terhubung dengan rumahnya, bahkan dalam kondisi minim cahaya. Dengan penyimpanan microSD atau cloud, pengguna dapat memastikan bahwa rekaman penting selalu aman dan tersedia.

EZVIZ H8c 4G

Produk terbaru selanjutnya yang diluncurkan di bulan Ramadhan ini adalah EZVIZ H8c 4G. EZVIZ H8c 4G merupakan kamera pintar outdoor yang sangat cocok ditempatkan di luar rumah dengan akses Wi-Fi terbatas. Dengan konektivitas 4G, kamera ini menawarkan perlindungan tanpa gangguan hunian Anda.

EZVIZ H8c 4G

EZVIZ H8c 4G didukung fitur deteksi manusia dan kendaraan yang memberikan peringatan yang akurat. Sehingga pengguna dapat tetap tenang dan #LebihEazy meskipun jauh dari rumah seperti bekerja di bulan Ramadhan ini, atau bahkan saat melakukan mudik ke kampung halaman.

EZVIZ DL05

Berbeda dengan kedua produk baru lainnya yang merupakan kamera pengawas, EZVIZ DL05 adalah kunci rumah pintar (Smart Fingerprint Lock). EZVIZ DL05 memungkinkan penggunanya masuk ke rumah tanpa kunci fisik.

Dengan berbagai metode pembukaan, termasuk sidik jari dan kode pin, penghuni rumah dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah, tanpa perlu membawa kunci.

Ditunjang fitur pemberitahuan waktu nyata, EZVIZ DL05 sanggup memastikan penggunanya selalu waspada terhadap segala kegiatan di pintu depan rumah. Sementara desain tahan cuaca membuatnya cocok untuk digunakan di luar ruangan, khususnya di gagang pintu depan rumah.

George menambahkan “Melalui peluncuran ketiga produk terbaru ini, EZVIZ terus memperkuat komitmennya untuk menyediakan solusi keamanan rumah yang cerdas dan andal, khususnya di bulan Ramadhan ini dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah (2024).”

Dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur canggih dari ketiga produk tersebut, para pengguna bisa lebih fokus beribadah di bulan Ramadhan ini, tanpa khawatir rumah mereka dimasuki para pencuri dan tamu tak diundang dan selama bulan Ramadhan #LebihEazy bareng EZVIZ.

Selain itu, EZVIZ menggelar promo menarik di bulan Ramadhan ini dengan tema Ramadhan #LebihEazy bareng EZVIZ. Promo dengan Hashtag: #RamadanbarengEZVIZ ini menghadirkan promo menarik dan pameran di 3 kota besar di Indonesia.

Saat ini EZVIZ mengadakan exhibition di 3 kota besar di Indonesia yaitu di Palembang, Surabaya dan Medan. Khusus untuk pembelian produk EZVIZ di 3 kota besar ini, pengguna berhak mendapatkan diskon hingga 30% untuk produk pilihan EZVIZ apapun dan untuk pembelian paket bundling serta instalasi hemat hingga 20%.

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk promo Spin and Win untuk mendapatkan hadiah bernilai jutaan rupiah setiap pembelian produk EZVIZ apapun minimal Rp 300.000. 

Mall Exhibition akan digelar pertama kali di Palembang Icon Mall, Palembang, pada tanggal 18 sampai 24 Maret 2024. Dalam waktu yang sama, yaitu tanggal 18 hingga 24 Maret 2024, Mall Exhibition akan dilangsungkan di Tunjungan Plaza 3, Surabaya. Selanjutnya, Mall Exhibition akan dilaksanakan di Sun Plaza, Medan pada tanggal 25 sampai 31 Maret 2024.

Baik EZVIZ H7c Dual 2K+, H8c 4G, dan DL05 dapat juga dibeli langsung secara online di EZVIZ Official Store yang ada di Tokopedia, Shopee, Lazada, Tiktok atau EZVIZ Store terdekat. (Icha)

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 Hadirkan On-Device AI Lebih Ok!

0

Telko.id – Qualcomm hadirkan Snapdragon 8s Gen 3 Mobile Platform yang memaksimalkan kemampuan premium pilihan untuk menghadirkan fitur AI generatif on-device yang next-level serta pengalaman fotografi dan gaming yang lebih baik.

Platform yang membawa kemampuan seri 8 ini pun, kini menjadi yang paling dinantikan ke lebih banyak smartphone Android unggulan untuk menghasilkan pengalaman luar biasa.

Fitur-fitur unggulan dari platform premium terbaru ini mencakup dukungan untuk fitur AI generatif on-device yang canggih, always-sensing ISP, mobile gaming yang sangat realistis, konektivitas terbarukan, dan kompresi audio lossless yang high-definition.

Platform ini mendukung beragam model AI termasuk large language models (LLM) yang populer seperti Baichuan-7B, Llama 2, dan Gemini Nano.

Baca juga : Qualcomm Hadirkan Snapdragon Digital Chassis pada CES 2024

“Dengan kemampuan AI generatif on-device dan fitur fotografi canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mendorong kreativitas dan produktivitas di kehidupan sehari-hari,” ungkap Chris Patrick, Senior Vice President and General Manager of Mobile Handset, Qualcomm Technologies, Inc.

“Kami sangat bangga dapat memperkenalkan varian terbaru dari seri Snapdragon 8, solusi premium kami untuk perangkat mobile, yang menghadirkan kemampuan luar biasa ke lebih banyak konsumen,” ujar Chris menambahkan.

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan Qualcomm Technologies untuk memperkenalkan perangkat pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 8s Gen 3 yang akan segera hadir,” jelas William Lu, Partner and President of Xiaomi Corporation, President of the International Business Department, GM of Xiaomi Brand.

William pun menambahkan bahwa berkat hadirnya AI generatif, platform seluler baru ini memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman premium yang dipersonalisasi ke pelanggannya.

Platform ini akan disematkan pada beberapa OEM, termasuk Honor iQOO, realme, Redmi, dan Xiaomi. Perangkat pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 8s Gen 3 diharapkan akan meluncur pada bulan Maret 2024. (Icha)

Selama Ramadan, XL Axiata Tebar Promo XL SATU dan XL SATU BIZ

0

Telko.id – Bulan Ramadan menjadi momentum bagi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) untuk lebih mengenalkan lagi manfaat besar dari produk/layanan konvergensi atau fixed mobile convergence (FMC) XL SATU untuk perumahan dan XL SATU BIZ untuk penggiat UKM.

Untuk itu, XL Axiata memberikan penawaran menarik berupa harga promo untuk pelanggan perorangan dan kalangan pelaku UKM yang berlaku mulai 15 Maret hingga 30 April 2024.  

Apalagi, Ramadan dan Lebaran adalah momentum spesial bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan ibadah dan menjadi lebih baik di berbagai hal.

”Untuk itu kami memberikan penawaran yang juga spesial bagi masyarakat dan pelaku UKM untuk mencoba layanan konvergensi terbaik, yaitu XL SATU dan XL SATU BIZ yang penuh dengan manfaat guna memenuhi kebutuhan layanan internet yang bisa mendorong produktivitas,” kata Abhijit J.Navalekar, Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata-Home Convergence.

Baca juga : Jaringan FMC – XL SATU Fiber Kini Jangkau 86 Kota/Kabupaten

Program promo XL SATU

Pada XL SATU, promo menarik yang tersedia adalah promo 1 Berkah Ramadhan untuk pelanggan baru XL SATU, yang akan mendapatkan beragam benefit berupa kecepatan internet rumah dan kuota mobile, yaitu:

#1 XL SATU paket SMART seharga Rp. 318 ribu/bulan (belum termasuk  PPN)

  • Untuk layanan internet rumah, pelanggan mendapatkan kecepatan
  • unlimited hingga 100Mbps (dari kecepatan normal hingga 50Mbps) selama 6 bulan pertama.
  • Untuk layanan internet mobile, pelanggan mendapatkan kuota untuk sekeluarga sebesar 15GB, baik untuk nomor XL dan PRIORITAS.

#2 XL SATU paket FAMILY seharga Rp. 369 ribu/bulan (belum termasuk PPN)

  • Untuk layanan internet rumah, pelanggan mendapatkan kecepatan
  • Unlimited hingga 150Mbps (dari kecepatan normal hingga 75Mbps) selama 6 bulan pertama.
  • Untuk layanan internet mobile, pelanggan mendapatkan kuota untuk sekeluarga sebesar 25GB, baik untuk nomor XL dan PRIORITAS.

Program promo XL SATU BIZ

Pada XL SATU BIZ, program promo khusus untuk para pelaku UKM menawarkan harga hemat hingga Rp. 2,4 juta. Berikut pilihan promonya:

#1 XL SATU BIZ STARTER

Dengan kecepatan 100 Mbps sudah termasuk kuota data bersama 50 GB, yang bisa dibagikan ke sesama nomor prepaid XL seperti ke karyawan atau pegawai :

               • Gratis Aplikasi MAJOO untuk mendukung bisnis pelanggan.

               • Bayar langsung 12 bulan Rp. 5.028.000 (excl. ppn), gratis bayar di 4 bulan berikutnya

    #2 XL SATU BIZ PRIME

    Dengan kecepatan 300 Mbps sudah termasuk quota 100 GB, yang bisa dibagikan ke sesama nomor prepaid XL seperti ke karyawan atau pegawai dengan bonus:

               • Gratis Aplikasi MAJOO untuk mendukung bisnis pelanggan

               • Bayar langsung 12 bulan Rp 7.308.000 (excl.ppn), gratis bayar 4 bulan berikutnya

    Hingga akhir tahun 2023, jaringan FMC milik XL Axiata telah menjangkau 86 kota/kabupaten, yang memungkinkan layanan XL SATU Fiber dan XL SATU BIZ tersedia di setiap area tersebut.

    Tersedianya kedua layanan FMC tersebut memungkinkan masyarakat dan pelaku UMKM Indonesia mendapatkan akses layanan internet rumah berbasis fixed broadband dan sekaligus mobile broadband dalam satu paket. (Icha)

    Telkom Innovillage 2023 Lahirkan 163 Karya Inovasi Mahasiswa

    0

    Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkolaborasi dengan Telkom University (Tel-U) menyelenggarakan Awarding Innovillage 2023 yang mengusung tema “Building A Sustainable Future for Indonesia #DigitalUntukSemua”.

    Awarding Innovillage 2023 merupakan ajang penghargaan yang diberikan oleh Telkom Indonesia kepada 16 tim terbaik dalam kategori Stunting Reduction Solution, Zero Waste Solution, Carbon Neutral Solution, Disability Quality of Life Improvement Solution, Food Scarcity Problem Solution, Applied Technology, dan SME Improvement Solution dan Sustainability Scheme.

    Kompetisi Innovillage 2023 diikuti sebanyak 2.385 mahasiswa dengan total 818 proposal social project yang dihasilkan. Mahasiswa berasal dari 101 perguruan tinggi yang tersebar di 30 provinsi seluruh Indonesia.

    Para peserta selanjutnya akan melewati tahapan penilaian dan Top 163 Social Project terpilih mendapatkan dana Implementasi dari Telkom Indonesia. Total pendanaan tersebut mencapai Rp3,75 miliar.

    Baca juga : Feedloop AI dan TelkomProperty Kolaborasi Kembangkan AI di Sektor Property

    Proses implementasi social project pada tahap Top 163 pun telah dilaksanakan selama 60 hari sejak 21 Desember 2023-18 Februari 2024 lalu dengan terjun langsung ke tengah masyarakat untuk mengaplikasikan inovasi yang dirancang.

    Terdapat 163 inovasi dari para mahasiswa yang diimplementasikan di 85 kabupaten/kota. Bersamaan dengan tahapan implementasi, diadakan pula kegiatan sharing knowledge dengan mengundang sejumlah tokoh hebat & inspiratif seperti Nicholas Saputra dan dr. Nadhira Nuraini Afifah, MPH.

    Ketua Innovillage, Ahmad Tri Hanuranto menyampaikan bahwa selama proses implementasi berjalan, setiap minggunya para peserta mendapatkan capacity building dari para ahli.

    Hal ini agar kemampuan peserta semakin berkembang dalam meningkatkan kualitas inovasi social project yang akan dihasilkan. Pada tahap selanjutnya, berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring implementasi social project di lapangan, terpilih Top 38 perserta untuk menuju awarding.

    Para peserta Top 38 turut mendapatkan pelatihan dan pembinaan pada sesi bootcamp sebagai persiapan menghadapi online pitching yang melibatkan juri dari sektor pendidikan dan para praktisi profesional.

    “Saya sampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program Innovillage tahun ini. Mudah-mudahan melalui program ini kita bisa menebarkan lebih banyak kebermanfaatan secara berekelanjutan,” ujar AT Hanuranto.

    Direktur Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Dodi Irawan mengungkapkan, Telkom University selalu berusaha untuk mempersiapkan diri dengan upaya terbaik berkolaborasi dengan Telkom Indonesia untuk mendukung penyelenggaraan Innovillage.

    Usaha tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen dalam mendukung aktivitas inovasi dan solusi yang berkaitan dengan kepentingan dan kemaslahatan masyarakat Indonesia. Dodi juga menyampaikan apresiasi dan harapannya kepada seluruh peserta terbaik Innovillage 2023.

    “Selamat kepada para pemenang. Semoga apresiasi ini menjadi semangat berinovasi, tidak berpuas diri, dan menjadi awal kontribusi yang dapat diberikan sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Semoga kita dapat terus menjadi bagian dari peradaban bangsa,” tutur Dodi.

    “Innovillage menjadi salah satu refleksi dari seluruh kontribusi Telkom Indonesia terhadap pencapaian SDGs. Saya ucapkan terima kasih kepada semua tim Innovillage atas kontribusinya dalam program Innovillage, bukan hanya cerita tapi dampaknya sangat luar biasa,” ungkap Hery.

    Melalui kompetisi Innovillage, para mahasiswa/i diajak untuk mengembangkan ide-ide kreatif, berinovasi dan menciptakan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi.

    Hal ini juga berkaitan dengan poin-poin Sustainable Development Goals (SDGs) yang mendorong kebermanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang terukur serta berkelanjutan bagi masyarakat. Innovillage 2023 secara terbuka menargetkan lebih banyak masyarakat yang terdampak.

    Tidak hanya menargetkan desa pedesaan (rural village), Innovillage 2023 juga menargetkan setidaknya 16.236 kampung kota (urban village) sebagai fokus target.

    Melalui Innovillage 2023, Telkom berharap dapat mendorong mahasiswa/i dalam inovasi pembangunan sosial-ekonomi masyarakat berbasis digital. Dengan peran teknologi, mahasiswa/i dapat menciptakan inovasi serta solusi yang lebih efisien untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

    Hal ini sesuai dengan tujuan utama dari Innovillage 2023 yaitu membentuk lingkungan yang mendukung inovasi, pengembangan, serta transformasi berkelanjutan dari social projects menjadi startup berbasis kewirausahaan sosial.

    Daftar Pemenang Innovillage 2023:

    Category Zero Waste Solution

    1. Best Category: Universitas Telkom, Bandung 2. Runner Up: Universitas Syah Kuala, Aceh

    Category Carbon Neutral Solution

    1. Best Category: Universitas Telkom, Bandung 2. Runner Up: Universitas Riau, Pekanbaru

    Category Food Scarcity Problem Solution

    1. Best Category: IT Telkom Purwokerto
2. Runner Up: Universitas Pertahanan, Bogor

    Category Stunting Reduction Solution

    1. Best Category: Universitas Telkom, Surabaya 2. Runner Up: Universitas Tadulako, Palu

    Category Disability Quality of Life Improvement Solution

    1. Best Category: Universitas Sumatera Utara, Medan 2. Runner Up: Universitas Telkom, Bandung

    Category MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) Solution

    1. Best Category: Universitas Hasanuddin, Makassar 2. Runner Up: Universitas Garut

    Category Applied Technology Solution

    1. Best Category: STIMIK Primakara, Bali 2. Runner Up: Institut Teknologi Bandung

    Category Sustainability Scheme Solution

    1. Best Category: Universitas Pendidikan Ganesha, Bali 2. Runner Up: Universitas Telkom, Bandung

    Best Category University

    1. Universitas Telkom: Peserta dengan Finalis Online Pitching Terbanyak
2. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara: Peserta dengan Endoser Program Innovillage Terbaik 3. Universitas Lambung Mangkurat: Peserta dengan Submit Proposal Terbanyak dari Luar Pulau Jawa (Icha)