spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1422

Ini Dia Langkah Antisipatif Hadapi Spectre dan Meltdown

0

Telko.id – Baru-baru ini, ramai beredar berita seputar Spectre dan Meltdown. Kedua celah keamanan ini ditemukan pada mikroprosesor yang dimiliki hampir seluruh merk komputer, server dan ponsel cerdas.

Pada saat pengguna mengakses sebuah program pada komputer dan perangkat elektronik lain, prosesor memproses command idengan kecepatan tinggi. Untuk mengoptimalisasi prosesnya, prosesor terkadang menjalankan sejumlah aktivitas yang sebenarnya tidak dibutuhkan, atau disebut eksekusi spekulatif dalam sistem komputer. Di saat yang bersamaan, prosesor juga tetap memproses sejumlah aktivitas dan menyimpan data sensitif dari seluruh aplikasi, meski aplikasi-aplikasi tersebut sedang tidak digunakan.

Ada celah keamanan pada prosesor yang bisa ditembus peretas saat menjalankan eksekusi spekulatif. Menurut Tim Riset yang menemukan celah keamanan tersebut, peretas dapat mengoperasikan aplikasi tertentu untuk menemukan kata sandi yang disimpan pada komputer atau ponsel cerdas, foto-foto pribadi, alamat e-mail, serta dokumen rahasia melalui celah ini dan mencurinya.

Dengan Spectre, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat mencuri data dari prosesor modern dari perusahaan manapun. Sementara itu, Meltdown hanya menyerang prosesor Intel.

Lebih jauh, Kementerian Komunikasi dan Informatika menghimbau masyarakat untuk melakukan sejumlah tindakan pencegahan agar data sensitif tidak dapat diakses pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sebagai berikut berikut:

  1. Mengaktifkan otentifikasi dua tahap. Saat log in ke sebuah situs, otentifikasi yang pada umumnya dilakukan hanya menginput identitas pengenal dan kata sandi. Pada otentifikasi dua tahap, pengguna harus menginput dua atau tiga ‘kunci’ agar dapat berhasil masuk ke situs tersebut. ‘Kunci’ yang dimaksud dalam proses otentifikasi ialah sebagai berikut:
  2. PIN atau kata sandi yang tidak memuat identitas diri, seperti tangga lahir, nama panjang ibu, alamat rumah dan sebagainya. Pada telepon seluler, otentifikasi dua tahap dilakukan dengan menggabungkan PIN atau kata sandi dengan pola (pattern).
  3. Biometrik, seperti pemindaian sidik jari, suara atau wajah
  4. Kode khusus yang dikirimkan melalui SMS atau alamat e-mail.
  5. Menonaktifkan autofillingpada peramban. Masyarakat disarankan untuk tidak menyimpan kata sandi pada situs-situs yang dikunjungi. Kemudian, masyarakat juga perlu menghapus kata sandi yang tersimpan  setelah selesai menggunakan peramban.
  6. Memperbaharui patchpada sistem operasi yang digunakan.

Saat ini, mayoritas pengembang sistem operasi telah menindak lanjuti keberadaan Meltdown dan Spectre. Microsoft misalnya, telah memperbarui patch secara otomatis pada komputer bersistem operasi (OS) Windows 10. Sementara itu, patch yang dimiliki komputer dengan OS Windows 8 atau Windows 7 akan diperbarui paling lambat pada hari Rabu (10/01).

Untuk ponsel dengan OS Android, maupun ponsel Nexus atau Pixel yang telah memiliki pembaharuan (update) keamanan terbaru akan terlindungi dari Meltdown dan Spectre.

Sedangkan Google akan merilis pembaharuan bagi peramban Chrome dalam waktu dekat. Google juga akan merilis pembaharuan bagi komputer Chromebook dalam waktu dekat.

Untuk Apple, perusahaan ini merilis pembaharuan ini melalui keluaran iOS terbaru mereka, yakni versi 10.13.2.

(Icha)

 

 

Layanan Broadband Telkomsel pun Kini Hadir Dalam Organisasi Keagamaan

0

Telko.id – Komunitas memang menjadi target ‘empuk’ bagi operator untuk mendorong peningkatan adopsi hidup digital ke masyarakat. Itu sebabnya, Telkomsel kerjasama dengan Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat. Targetnya untuk memberikan layanan terpadu dalam kemudahan dan kenyamanan akses komunikasi antar anggota dan pengurus.

“Layanan berbasis korporasi dan komunitas yang akan dimanfaatkan oleh PW Muhammadiyah Jabar akan dioptimalkan dalam memperkuat aksesibilitas serta kenyamanan antar anggota dan pengurus dalam menjalin silaturahmi ataupun menjalankan operasional organisasi. Selain itu, layanan berbasis broadband dan digital Telkomsel juga akan didorong untuk meningkatkan adopsi gaya hidup digital para anggota dan pengurus PW Muhammadiyah Jabar”, kata Agustiyono, General Manager Sales Regional Jabar Telkomsel Agustiyono.

Melalui kerja sama ini, lebih dari 3.000 anggota dan pengurus PW Muhammadiyah Jabar menerima manfaat layanan kartu pasca bayar Telkomsel kartuHalo dengan paket terjangkau dan telah dilengkapi dengan fitur layanan Internasional Roaming guna memudahkan anggota dan pengurus PW Muhammadiyah Jabar saat berencana untuk menunaikan ibadah Umroh dan Haji.

Telkomsel juga mengajak para anggota PW Muhammadiyah Jabar untuk ikut mengembangkan potensi kewirausahaannya dengan menjadi mitra reseller produk Telkomsel dengan berbisnis usaha penjualan paket pulsa, kuota data, dan beragam produk layanan Telkomsel lainnya termasuk menjadi reseller untuk aktivasi layanan International Roaming Telkomsel bagi komunitas organisasi Muhammadiyah. Telkomsel akan menggandeng Majelis Ekonomi Muhammadiyah sebagai reseller sekaligus mitra channel penjualan produk dan layanan Telkomsel.

Guna mendorong adopsi layanan berbasis gaya hidup digital, Telkomsel juga telah menyiapkan pemanfaatan fitur layanan mobile financial service melalui produk TCASH, di mana salah satunya dengan menghadirkan layanan Kencleng Digital TCASH Muhammadiyah Jabar, salah satunya dengan menghadirkan layanan Kencleng Digital TCASH Muhammadiyah Jabar, di mana akan memberikan tambahan akses bagi masyarakat yang ingin memberikan infaq Masjid dapat melalui fitur QR Code TCASH yang akan terpasang pada kotak amal Masjid di seluruh wilayah kepengurusan Muhammadiyah.

Untuk rencana kerja sama kedepannya Telkomsel juga menghadirkan smartphone khusus yang telah dilengkapi paket bundling kuota data, serta aplikasi dan fitur tambahan khusus untuk anggota dan pengurus Muhammadiyah. Selain itu, Telkomsel juga akan menghadirkan sejumlah layanan nilai tambah lainnya seperti Nada Sambung Pribadi (NSP) Telkomsel dengan konten tentang tausiah, lagu religi, dan Mars Organisasi Muhammadiyah.

Kerja sama ini juga dikembangkan untuk mendorong penetrasi layanan broadband dan digital di kalangan anak muda yang berada di komunitas Muhammadiyah, salah satunya melalui penyediaan kartu prabayar Komunitas Youth Muhammadiyah yang telah dilengkapi paket kuota data 8GB dan 9GB serta mendorong rencana kedepan untuk menghadirkan perangkat tablet yang dilengkapi fitur layanan E-Book dan E-Learning bagi pelajar di seluruh sekolah yang berada dalam naungan kepengurusan Muhammadiyah.

“Fitur dan layanan Telkomsel yang dihadirkan untuk PW Muhammadiyah Jabar akan semakin optimal dengan dukungan fasilitas jaringan berbasis broadband terdepan Telkomsel, dengan lebih dari 2.600 BTS 4G yang menjangkau populasi masyarakat di wilayah Jawa Barat. Komitmen ini kami lakukan untuk menghadirkan ragam layanan terpadu yang akan memberikan kemudahan akses komunikasi bagi pengurus PW Muhammadiyah Jabar yang memiliki anggota komunitas yang cukup banyak dan sudah terbuka dalam pemanfaatan beragam kemajuan teknologi,” pungkas Agustiyono. (Icha)

Ini Dia Tiga Tips Bagi Yang Mau Investasi Kriptocurrency

Telko.id – Tahun 2017 lalu, arus masuk modal ke pasar kriptocurrency sangat tinggi. Tahun 2018 pun diprediksikan akan terus ramai dan membuat mata uang digital ini booming.

Menurut sebuah survei baru-baru ini yang dilakukan oleh Blockchain Capital, 30% dari pemain kriptocurrency ini berada pada kisaran usia 18 sampai 34 usia yang lebih suka menginvestasikan $ 1.000 di Bitcoin daripada $ 1.000 dalam obligasi pemerintah atau saham. Studi yang sama juga menunjukkan bahwa 42% milenium telah mendengar tentang Bitcoin, dibandingkan dengan kesadaran 15% di antara mereka yang berusia 65 dan lanjut usia.

Para milenial terlihat begitu antusias pada perdagangan mata uang digital ini. Namun, perlu dilakukan hati-hati karena kompetisi dibisnis ini akan semakin ketat pada tahun 2018. Pasalnya, banyak pemain baru yang masuk.

Pada tahun ini juga, investor institusional mulai melakukan trading kriptocurrencies, terutama Bitcoin. Namun, saat ini pasar bitcoin sudah menghadapi pasokan yang signifikan dan terjadi ketidakseimbangan permintaan meski harganya tinggi.

Menurut Timothy Tam, pedagang hedge fund dan co-founder CoinFi, sebuah platform intelijen pasar yang maju untuk pedagang kriptocurrency, sepertinya persamaan yang ada mungkin memaksa harga lebih tinggi lagi. “Ada persediaan terbatas karena, selain fakta bahwa hanya akan ada 21 juta Bitcoin yang beredar, sebagian besar pemegang Bitcoin adalah pemegang syarat panjang. Permintaan di sisi lain terus melonjak, “jelasnya.

Namun, Bitcoin bukan satu-satunya koin investasi yang layak dipasarkan. Harga Ethereal, Ripple dan Litecoin juga terus naik. Jika Anda ingin berinvestasi dalam kripto, berikut adalah tip penting untuk melakukannya dengan cara yang benar.

  1. Waspadalah terhadap bot

Pasar keuangan rentan terhadap spekulasi dan perdagangan kriptocurrency tidak terkecuali. Beberapa pemain “cerdas” sekarang menggunakan bot untuk menginjak harga koin secara artifisial dan memanipulasi pasar.

Timothy Tam menunjukkan bahwa bot secara serius dapat menghambat investasi Anda. “Pada tahun 2017, Neo – alternatif orang Cina untuk Ethereal – pergi dari $ 34 menjadi $ 3,74 dalam hitungan detik, sebelum kembali dengan nilai $ 34. Bots perdagangan secara artifisial menyebabkan harga turun, yang mengakibatkan crash-kilat bagi sejumlah investor, sementara pihak penyelenggara sangat diuntungkan dari hal ini. ”

Melihat perdagangan yang dilakukan oleh bot ini, Anda perlu hati-hati dan senantiasa mengamati sinyal perdagangan pasar dan belajar memperhatikan pola perdagangan abnormal.

Menurut Tam, dua indikator terbesar manipulasi pasar bot adalah momentum harga dan volume. Sebagai investor, Anda harus hati-hati memperhatikan kedua parameter ini dan mencoba memperhatikan pola pembelian terkoordinasi sejak dini. Alternatifnya adalah dengan menggunakan platform analisis perdagangan kripto gawat darurat yang akan melakukan “jam tangan” untuk Anda.

  1. Alokasikan aset Anda berdasarkan toleransi risiko Anda

Pertama dan terutama, Anda harus menetapkan tingkat stop-loss untuk menghindari keruntuhan finansial. Stop-loss adalah tingkat kerugian dimana perdagangan akan ditutup.

Selanjutnya, ingatlah nomor itu, Anda perlu membangun portofolio koin Anda. Anggap ini sebagai mengelola dana Anda. Persentase yang lebih tinggi harus dialokasikan ke koin yang paling tidak stabil, dengan persentase yang lebih kecil diberikan pada mata uang kembali yang paling stabil, namun berpotensi lebih tinggi.

“Anda harus mengingat korelasi harga antara Bitcoin dan sebagian besar Altcoins untuk memperhitungkan kondisi pasar yang bergejolak,” kata Tam.

Tom menambahkan “Apa yang kami perhatikan di ConFi adalah bahwa bitcoin dan sebagian besar koin lainnya memiliki hubungan terbalik dalam nilai mereka. Begitu ada penurunan harga bitcoin, semua orang bergegas membeli koin lain dan sebaliknya, Volatilitas ini dapat menyebabkan kerugian serius bagi investor yang belum berpengalaman “.

Strategi terbaik adalah selalu memperhatikan sinyal pasar dan gunakan wawasan tersebut untuk menyesuaikan strategi trading Anda setiap hari.

  1. Tolak overtrading dan FOMO

Tam mengatakan bahwa kedua investor pemula dan rekan mereka yang lebih berpengalaman seringkali rentan terhadap dua kesalahan yang saling terkait ini.

Pertama, ada perdagangan FOMO – takut kehilangan membeli koin baru dan “kehilangan” beberapa potensi keuntungan.

Sebagai Investor memang sering merasa terdorong untuk membeli koin tertentu saat harga sedang dipompa dan akhirnya mengalokasikan banyak aset over-hyped dan sering, tidak likuid. Juga, ingatlah kasus Neo – harganya mungkin meningkat secara artifisial oleh bot dan koin yang bersinar dapat dengan cepat kehilangan nilainya.

Selanjutnya, ada overtrading – segera jual koin Anda jika Anda melihat lonjakan harga kecil mis. 10-20 persen. Dalam kebanyakan kasus, ini bisa menjadi kejadian sementara yang mendorong pemegang mata uang lebih kecil untuk menjual koin mereka, sebelum harganya naik lebih jauh.

Menjual aset tertentu hanya karena keuntungannya bukanlah strategi jangka panjang yang layak karena dapat mengurangi keuntungan masa depan Anda. Setelah semua, jika koin naik 10 kali lebih dari setahun, kerugian 80% akan menghapus keuntungan 400% yang telah Anda buat semula. Selain itu, overtrading akan menghasilkan sebagian besar aset Anda yang dimakan oleh biaya pertukaran. (Icha)

Nvidia Gandeng Uber, Volkswagen dan Baidu Untuk Kembangkan Self Driving Car

0

Telko.id – Mobil tanpa supir memang kini sedang dikembangkan oleh banyak pihak. Termasuk juga Nvidia, sebuah perusahaan chip grafis yang merupakan komponen kunci dari setup autonomous cars.

Hal ini disampaikan pada acara Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas. Seperti dikutip dari CNBC (8/1). Ride-hailing service Uber ini akan menggunakan chip Nvidia untuk sistem komputasi artificial intelligence (AI) di armada mobil self-driving.

Uber sendiri sudah mulai bekerja dengan teknologi penggerak sendiri pada tahun 2015 dan sejak itu meluncurkan uji coba di Pittsburgh, PA, dan Phoenix, Arizona. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mobil tanpa sopir telah menyelesaikan lebih dari 50.000 penumpang dan telah melakukan login lebih dari 2 juta mil otonom.

Teknologi komputasi grafis Nvidia digunakan pada armada uji coba pertama SUV Volvo XC90 yang digunakan Uber. Uber juga menggunakan teknologi dalam armada mobil pengangkut dan pengangkut barang saat ini.

Di CES, Nvidia juga mengumumkan kemitraan dengan Volkswagen. Pembuat mobil Jerman tersebut akan menggunakan platform Nvidia Drive IX untuk membantu pengembangan set mobil berikutnya.

Nvidia Drive IX memungkinkan produsen mobil memasang fitur di mobil seperti pengenalan wajah untuk membuka kunci kendaraan, kontrol isyarat, dan asisten suara yang mirip dengan Alexa Amazon misalnya.

Volkswagen mengatakan akan menggunakan perangkat lunak tersebut untuk menciptakan “co-pilot cerdas” untuk membantu pengemudi. Ini akan di Volkswagen konsep I.D. Kendaraan Buzz, microbus bergaya retro.

Pada hari Minggu, Nvidia juga mengumumkan rencana untuk menciptakan sistem kendaraan otomatik siap produksi AI yang dirancang untuk China, bekerja sama dengan raksasa internet China Baidu dan pembuat komponen mobil Jerman ZF.

Platfomr yang digunakan dalam kerjasama ini adalah Nvidia Drive Xavier, sebuah chip dan sistem perangkat lunak yang memungkinkan mengemudi sepenuhnya otonom. Selain itu juga akan menggunakan sensor dan kamera dari ZF, dan sistem perangkat lunak mandiri Baidu yang disebut Apollo Pilot.

Nvidia sendiri melihat bahwa bisnis mobil tanpa penumpang ini akan sangat menjanjikan, Setidaknya, akan ada 1 miliar mobil dijalan, 20 juta pengemudi per hari, 300 juta sampan 1.2 Triliun truk setiap tahunnya dan 500 tribu bis yang akan beroperasi. (Icha)

Pendiri Uber, Travis Kalanick Berencana Menjual 29% Sahamnya

0

Telko.id – Setelah beberapa waktu lalu, Mantan CEO Uber Technologies Inc. Travis Kalanick, membantah akan menjual saham di perushaan yang didirikan, kini Kalanick berencana untuk menjual sahamnya sebanyak 29% dari kepemilikannya. Seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (6/1/2018).

Dengan penjualan sahamnya tersebut, Kalanick bakal meraup sekitar $ 1,4 miliar. Atau sekitar Rp. 20 triliun. Rencananya, yang akan membeli saham tersebut adalah SoftBank Group Corp. dan sebuah konsorsium investor lainnya. Nilai valuasi ekuitas Uber sendiri diperkirakan sebesar $ 48 miliar.

Kalanick yang memiliki 10 persen perusahaan, telah menawarkan untuk menjual sebanyak setengah dari sahamnya. Dalam penawaran tersebut, anggota dewan diizinkan untuk tender. Sebenarnya saham yang akan dilepas oleh Kalanick lebih besar lagi, hanya saja jumlahnya harus dikurangi karena ada kesepakatan antara Uber dan pembeli mengenai batas saham yang dijual.

Sebelumnya, Kalanick didesak untuk mengundurkan diri setelah perusahaan tersebut terperosok dalam masalah hokum dan serangkaian investigasi pemerintah mengenai bagaimana bisnis itu dilakukan. Pria yang bakal menjadi miliader karena penjualan saham ini juga sempat bentrok dengan Benchmark, salah satu investor paling awal dan terbesar di perusahaan itu.

Benchmark menjual sekitar $ 900 juta saham Uber-nya, atau sekitar 14,5 persen kepemilikannya di perusahaan tersebut, orang yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan.

GV, perusahaan modal ventura Alphabet Inc., menawarkan secara signifikan kurang dari separuh sahamnya di Uber meskipun anak perusahaan mobil Alphabet yang mengendarai mobil Waymo menuntut Uber karena mencuri rahasia dagang. Pada bulan Oktober 2017, perusahaan investasi Alphabet lainnya, CapitalG, mengatakan bahwa perusahaan tersebut memimpin investasi di pesaing utama AS Uber, Lyft Inc. (Icha)

 

Operator di Amerika ini Sudah Siap berikan Layan 5G di Tahun 2018

0

Telko.id – AT&T salah satu operator di Amerika, kemarin mengumumkan bahwa pada tahun ini juga akan memberikan layanan 5G dengan menggunakan teknologi standar 3GPP 5G New Radio (NR). Tepat nya pada akhir tahun 2018.

Yang dilakukan operator ini adalah menggunakan infrastruktur jaringan yang ada dengan dukungan gigabit LTE yang menurut perusahaan ini sebaai evolusi 5G. Dan untuk uji coba nya akan dilakukan juga nirkable fixed standar 5G di perumahan dan perusahaan.

Sebelumnya, Verizon sebagai pesaing utama dari AT&T pun sudah mengumumkan untuk memberikan layanan broadband di perusahaan dan layanan lainnya yang menggunakan fixed wireless 5G pada pertengahan tahun 2018 ini.

Rencananya, AT&T akan menyediakan layanan 5G Evolution ini di 23 area. Termasuk Atlanta, Boston, New York, Chicago, San Francisco dan Houston.

Operator ini menjanjikan mampu memberikan layanan dengan kecepatan secara mobile lebih cepat. Semua itu dapat dilakukan karena AT&T menggunakan teknologi 4 × 4 MIMO, 256 QAM dan agregasi carrier. Selain mobile 5G yang sesuai spesifikasi, AT&T juga mengatakan akan terus menambahkan ratusan area lagi.

Percobaan 5G nirkabel tanpa kabel, sudah dimulai di Austin dengan menggunakan peralatan standar, dan diperluas ke Waco, Kalamazoo dan South Bend. Tes tersebut membuktikan penggunaan gelombang milimeter untuk memberikan kasus penggunaan perumahan dan perusahaan ke beberapa unit hunian, usaha kecil dan pelanggan pendidikan.

“5G akan mengubah cara kita hidup, bekerja dan menikmati hiburan,” kata Melissa Arnoldi, presiden, AT & T Technology and Operations.

Arnoldi menambahkan “Kami bergerak cepat untuk mulai menerapkan mobile 5G tahun ini dan mulai membuka masa depan konektivitas untuk konsumen dan bisnis. Dengan kecepatan yang lebih cepat dan latensi ultra rendah, 5G pada akhirnya akan memberikan dan meningkatkan pengalaman seperti kenyataan maya, mobil tanpa sopir masa depan, video 4K yang mendalam, dan banyak lagi”.

Arnoldi menyebutkan latency, sebuah fitur kunci dari 5G. Untuk itu, carrier mencatat peran komputasi tepi, yang mendistribusikan komputasi dan penyimpanan untuk menempatkan peralatan dan layanan lebih dekat kepada pengguna akhir, dalam strategi yang lebih besar.

Untuk memberikan layanan yang terbaik, AT&T pun melakukan berbagai upaya uji coba. Mulai menggunakan Licensed Assisted Access, penggunaan fixed wireless di sebagian besar wilayah pedesaan, terus membangun aset serat, termasuk G.fast, sebuah teknologi yang meningkatkan kecepatan transmisi kabel tembaga yang ada, dan Project AirGig, yang memanfaatkan infrastruktur listrik untuk menghadirkan broadband berkecepatan tinggi.

Lalu, bagaimana dengan operator lain di Amerika? Seperti apa rencananya di tahun 2018 ini?

Verizon

Konfirmasi rencana Verizon dalam mengimplementasi baru saja dikonfirmasi oleh Samsung sebagai partnernya. Operator ini telah memilih Sacramento, California untuk memimpin peluncuran tiga sampai lima kota pada paruh kedua tahun ini.

Verizon telah bermitra dengan Samsung untuk unit microcell “fixed 5G”, router rumah, dan modem seukuran chip seluler, yang diharapkan Verizon akan dibutuhkan untuk menawarkan layanan 5G dengan kecepatan lebih tinggi kepada pelanggannya. Percobaan teknologi 5G Verizon di California, Georgia, Massachusetts, Michigan, New Jersey, Texas, dan Washington, D.C. mengisyaratkan kemungkinan akan ada banyak lagi lokasi lain untuk peluncuran pada 2018 ini.

Verizon juga telah mengidentifikasi “Massive MIMO” sebagai langkah sementara dalam “jalan menuju 5G.” Akhir tahun lalu, operator ini mengumumkan bahwa mereka bekerja dengan Qualcomm dan Ericsson untuk meningkatkan kecepatan dan kapasitas jaringan dengan menggunakan teknologi multi-antena simultan sepanjang tahun 2018.

Sprint

Sprint, yang banyak pihak berpikir akan diakuisisi, tahun lalu sudah mengumumkan bahwa operator ini bekerjasama dengan perusahaan induk Softbank dan pembuat chip Qualcomm untuk mengembangkan solusi 5G band high-band di kisaran 2.5GHz, dengan penyebaran yang direncanakan di “Akhir 2019.”

Tidak ada rincian lain yang diumumkan, terlepas dari rencana Sprint untuk menjembatani kesenjangan 4G-ke-5G dengan solusi MIMO sementara dari Ericsson sepanjang tahun 2018.

“Generasi 5G-siap TDD 64T64R Massive MIMO radio (AIR6468) generasi berikutnya akan membantu memaksimalkan efisiensi spektral jaringan Sprint 2,5 GHz,” kata Ericsson saat uji coba di Seattle, Washington dan Plano, Texas dengan Sprint pada bulan September 2017.

“Ini juga akan memberikan sebuah hemat biaya untuk mendukung peningkatan minat konsumen terhadap peningkatan kapasitas dan layanan data berkecepatan tinggi. ”

T-Mobile

Operator ini bermitra dengan Intel dan Nokia. Yang akan dilakukan oleh T-Mobile adalah memanfaatkan spektrum radio 600MHz yang baru saja diakuisisi “to the coast” untuk memberikan peluncuran “nyata, mobile, nasional 5G” pada tahun 2020.

CEO T-Mobile, John Legere sempat mengklaim bulan lalu bahwa apa yang dilakukan oleh AT T dan Verizon, alias “Dumb and Dumber, akan fokus pada hotspot 5G yang tidak akan berfungsi saat Anda meninggalkan rumah Anda.

Dalam penerapannya, T-Mobile berharap dapat menggunakan spektrum low, mid, dan high-band untuk mengimplementasikan jaringan 5G outdoor dan indoor yang lengkap. Gelombang radio “gelombang rendah” 600MHz dikatakan dapat melakukan perjalanan dua kali lebih jauh ketimbang spektrum mid-band yang lebih umum dan menawarkan kinerja empat kali lebih baik pada bangunan, menangani masalah kinerja potensial yang dihadapi oleh perusahaan pesaing.

Timeline 5G

Dengan standar 5G yang pertama sudah mendapat persetujuan pada akhir Desember 2017, tahap awal peluncuran perangkat seluler 5GHz diproyeksikan baru akan terjadi pada akhir tahun 2018. Terlebih para vendor device harus menyesuaikan dengan strategi kebanyakan operator yang akan menggunakan “5G Evolution” dan “Massive MIMO” di tahun 2018 ini.

Intel dan Qualcomm termasuk di antara perusahaan yang saat ini melakukan pengujian modem real 5G. Tahun 2020 baru akan terlihat di mana mitra operator dan infrastruktur utama menerapkan kemampuan 5G sepenuhnya” dan Qualcomm mengharapkan produk pada paruh pertama 2019.

Standar Hardware 5G Baru Saja Ditetapkan

Para pemangku kepentingan tengah menyiapkan berbagai hal untuk jaringan telekomunikasi 5G, termasuk 3rd Generation Partnership Project (3GPP). Para anggota 3GPP telah memutuskan standar hardware baru untuk 5G, yang dijadwalkan debut pada awal 2018.

Persetujuan atas spesifikasi Non-Standalone (NSA) 5G New Radio (NR) ini membuka pintu bagi banyak pihak. Para pelaku industri kini dapat mengetahui dengan pasti mengenai apa yang harus mereka buat untuk bisa memenuhi persyaratan spesifikasi para manufaktur.

Spesifikasi tersebut akan dipublikasikan pada akhir pekan ini, dengan beberapa di antaranya termasuk dukungan untuk spektrum frekuensi rendah (600MHz dan 700MHz), menengah pada 3,5GHz, dan tinggi pada 50GHz.

“Ini menjadi tahapan yang membuat para vendor bisa mulai membuat peralatan,” tutur Director of Technical Marketing Qulcomm, Matt Branda.

Para pelaku industri sendiri berharap beberapa standar terkait 5G dapat disetujui sebelum akhir tahun ini. Salah satu yang berharap demikian adalah perusahaan telekomunikasi AT&T.

Selain itu, dengan adanya berbagai standar baru, para pembuat chip diharapkan bisa mulai mendesain berbagai komponen berbasis silikon yang akan bekerja dengan jaringan 5G.

“Ini sangat agresif dan orang-orang menghabiskan banyak waktu serta usaha ekstra, dan sepertinya kami telah berhasil. Kami meyakini berada di tahap di mana para manufaktur silikon memulai desain mereka dan mulai mengembangkannya,” kata AVP of Radio Technology and Strategy AT&T Labs, Dave Wolter.

Adapun para anggota 3GPP masih harus menyetujui berbagai spesifikasi untuk Standalone (SA) 5G. Namun, persetujuan tersebut kemungkinan baru akan dikeluarkan pada Juni tahun depan. (Icha)

Machine Learning Bakal Jadi Teknologi Terpenting Setelah Internet di 2018

Telko.id – Kemampuan otak manusia terbatas. Namun dengan adanya machine learning, akan mengucbah cara hidup dan bekerja. Itu sebabnya, diproyeksikan machine learning ini akan menjadi teknologi terpenting setelah internet di tahun 2018 ini.

Di sisi lain, banyak kalangan juga yang mengkhawatirkan bahwa teknologi ini akan menggantikan manusia. Tapi banyak juga yang beranggapan, teknologi machine learning ini akan membantu manusia bekerja lebih baik. Kenapa?

Saat ini, Kita berada di era revolusi data, dan seiring waktu berjalan, beberapa peranan memang akan berubah. Tapi kemajuan ini juga membawa lapangan pekerjaan baru, model bisnis baru, dan industri baru. Bukannya membuat kita terkucil, machine learning justru akan memudahkan manusia dan menjadikan kita lebih efektif.

Sebenarnya, machine learning sudah ada di sekitar kita -termasuk perangkat lunak di telepon kita, di mobil dan rumah, serta di tempat kerja. Perangkat lunak ini membantu kita mengakses informasi dan menghasilkan keputusan yang lebih baik serta terinformasi, bahkan lebih cepat.

Menurut Gartner, teknologi AI akan terdapat di hampir semua produk perangkat lunak di tahun 2020 nanti, menjadikannya momen yang seru dan menentukan bagi penyedia perangkat lunak dan perjalanan yang krusial bagi perusahaan yang membeli perangkat lunak ini.

Media mungkin tertarik dengan berita tentang robot atau mobil tanpa awal, dan ini memang akan jadi sesuatu yang dikembangkan dalam beberapa tahun ke depan. Tapi machine learning mengubah dunia sekitar kita dalam cara yang sangat signifikan. Kemampuannya untuk mengurangi waktu dan meningkatkan keefektifan keputusan kita mungkin tidak semenarik berita tentang mobil tanpa awal, tapi itulah yang menjadikan machine learning sebagai teknologi penentu.

Perusahaan yang memanfaatkan kekuatan machine learning akan maju dengan pesat, karena mereka mampu mengambil keputusan yang lebih cepat dan efisien. Perusahaan tidak bisa lagi hanya duduk dan menunggu, atau mereka bisa tertinggal.

“Pengadopsian machine learning tumbuh bersama dengan komputasi cloud, untuk alasan yang bagus. Integrasi aplikasi, platform, dan infrastruktur cloud yang mulus itu penting untuk pertumbuhan dan keefektifan machine learning,” kata Chris Chelliah, Group Vice President and Chief Architect, Core Technology and Cloud, Oracle Asia Pacific.

Chelliah juga menambahkan “Integrasi yang mulus ini akan membuka akses machine learning ke kolam data yang lebih luas, menyingkirkan silos, dan menggambar data dari seluruh perusahaan serta jaringannya.”

Menerapkan machine learning dengan diam-diam, sama saja seperti menanam tanaman di dalam gelap. Algoritma yang menjalankan machine learning membutuhkan data sebanyak mungkin, dari berbagai sumber sebanyak mungkin. Semakin banyak data yang diolah, semakin cerdas machine learning itu, sehingga keputusan yang diambil pun lebih baik lagi.

Teknologi cloud yang semakin matang menambah alasan mengapa 2018 menjadi tahun yang tepat untuk machine learning. Cloud adalah bagian penting dari semua strategi IT bisnis, mendorong transformasi digital dan kemampuan untuk mengeksploitasi nilai sebuah data.

Jika big data menjanjikan banyak hal di dalam transformasi digital, sementara cloud menyediakan fondasi untuk transformasi digital, maka machine learning merupakan alat pertama untuk membuat semua itu berskala.

Strategi sangat penting di sini. Kunci untuk mendapatkan manfaat machine learning adalah dengan menggunakan aplikasi yang memberikan nilai strategis jangka panjang, yang mentransformasi proses fungsional atau kritikal di dalam bisnis, bukannya memberikan faktor ‘wow’ yang hanya berlangsung sebentar saja.

Mengurangi waktu untuk menciptakan ramalan yang akurat dan terpercaya bisa memberikan dampak yang signifikan, bukan hanya pada perencanaan anggaran dan sumber daya perusahaan, tapi semua manfaat itu akan memberikan manfaatkan finansial bagi perusahaan apa pun.

Keindahan machine learning adalah kegunaan yang tanpa batas. Di mana ada nilai dalam menganalisa dan menarik pemahaman data dengan cepat, di situlah peran machine learning. Di mana ada nilai untuk mengidentifikasi tren atau anomali di banyak data, machine learning bisa memberikan efek transformatif, dari riset klinis hingga compliance dan keamanan.

Sekarang, machine learning mendorong revolusi di bagian pelayanan pelanggan atau customer service.

Di hampir semua industri yang berhadapan langsung dengan pelanggan, ada banyak pertanyaan atau tanggapan mengenai berbagai topik, dan banyak yang sebenarnya mudah diprediksi atau ditanggapi dengan menggunakan chatbot yang diperkuat oleh machine learning yang mengasah kemampuan mereka untuk merespon pelanggan secara akurat. Ini mengurangi waktu menunggu dan rasa frustasi pelanggan, dan menjadikan bisnis lebih efisien. Teknologi ini juga memberikan kesempatan bagian pelayanan pelanggan untuk menangani keluhan lain yang lebih unik dan memang membutuhkan campur tangan manusia.

Jadi, apakah machine learning akan menggantikan manusia atau malah bisa membantu manusia bekerja lebih baik? Semuanya tergantung Anda.

 

Pemerintah Perlu Kontrak Satelit Baru Jika Tidak Slot Orbit Akan Hilang

0

Telko.id – Pemerintah Indonesia saat ini belum memiliki High Throughput satelit sendiri yang mampu menghubungkan seluruh penjuru. Padahal, target pemerintah di era digital sangat tinggi. Ditambah lagi, ternyata tahun 2020 mendatang ada beberapa slot orbit yang sudah akan habis masa kontraknya. Di sisi lain, slot itu dapat tetap dipakai oleh Indonesia, asal, dua tahun sebelumnya, sudah ada kontrak satelit baru sesuai dengan peraturan yang berlaku bagi operator satelit.

Indonesia sendiri memiliki tujuh titik orbit satelit. Namun, beberapa pada tahun 2020 sudah akan habis masa operasinya. Kedua slot tersebut adalah 113 derajat Bujur Timur (BT) dan 146 derajat. Saat ini kedua slot masih dihuni oleh satelit Palapa D milik Indosat dan Pasifik Satelit Nusantara (PSN).

“Kami dari pemerintah tengah mencari cara agar slot orbit satelit tersebut tetap dimiliki oleh Indonesia agar tidak akan menganggu komunikasi serta jaringan internet di Indonesia,” kata Rini Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) usai melakukan rapat koordinasi terbatas tingkat menteri di Kantor Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Rabu (3/1).

Sejalan dengan rencana pemerintah tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mencari jasa konsultan teknis pendampingan proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha atau KPBU Satelit Multifungsi.

Proses pengadaan akan dilakukan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Nilai dari pengadaan jasa konsultan ini adalah Rp.10 miliar seperti yang tertera di situs LPSE Kominfo.

Pengadaan jasa konsultan ini ditunjukkan kepada Badan Hukum Nasional dan Asing untuk mengikuti prakualifikasi Pengadaan Jasa Konsultan Teknis Pendampingan Jasa Konsultan KPBU Satelit Multifungsi Pemerintah (Jasa Konsultan).

Saat ini lelang memasuki tahapan Prakualifikasi, dengan jadwal pemasukan dokumen prakulifikasi adalah dari tanggal 3 Januari 2018 sampai dengan 17 Januari 2018.

Selain itu, pemerintah juga sedang mencari Jasa Konsultansi Forecast Landscape Industri Telekomunikasi Indonesia 2020-2025. Targetnya adalah memperoleh dokumen forecast landscape industri telekomunikasi tahun 2020-2025 sebagai salah satu acuan dalam penyusunan kebijakan dan regulasi di bidang telekomunikasi. Nilai dari pengadaan jasa konsultan ini sebesar Rp 494, 4 miliar.

Indonesia saat ini masih kekurangan transponder satelit untuk kebutuhan komunikasi dan penyiaran. “Diperkirakan masih terdapat kekurangan lebih dari 100 transponder untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan penyiaran nasional. Akibatnya Indonesia harus menggunakan satelit asing untuk mencukupi kebutuhan transponder, dimana terdapat 34 satelit asing yang beroperasi di Indonesia,” kata Ismail, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika beberapa waktu yang lalu.

Diungkapkannya,  saat ini Indonesia hanya memiliki 7 slot orbit yang dapat digunakan untuk kebutuhan komunikasi dan penyiaran. “Jumlah slot orbit ini tidak bertambah dalam beberapa tahun ini, sementara kebutuhan trasponder semakin meningkat sehingga akibatnya kebutuhan kapasitas trasponder masih belum terpenuhi semuanya oleh satelit nasional,” tambahnya.

Untuk pembiayaan, pemerintah akan menerapkan seperti yang dilakukan proyek Palapa Ring yakni KPBU atau Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. (Icha)

 

 

Libur Pergantian Tahun Trafik 4G LTE XL Axiata Melonjak Hingga 300%

0

Telko.id – Pada pergantian tahun, memang banyak momen indah yang sayang jika tidak dibagikan pada rekan maupun keluarga. Tak heran, trafik layanan data para operator pun melonjak sangat signifikan.

XL Axiata pada liburan pergantian tahun 2017/2018 mengalami peningkatan yang melebihi trafik di hari biasa dan trafik di periode yang sama tahun lalu. Peningkatan trafik data terlihat terjadi di sepanjang 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Selama 5 hari tersebut, trafik data secara rata-rata meningkat dari hari-hari biasa dan puncaknya pada malam pergantian tahun baru hingga tanggal 1 Januari 2018 yang mencapai sekitar 20%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada periode liburan pergantian tahun 2016/2017, kenaikan trafik data mencapai 160% di tanggal 1 Januari 2018, bahkan untuk trafik layanan 4G LTE mencapai 300% di tanggal yang sama.

“Trend kenaikan trafik akses video melalui layanan YouTube  di liburan Natal, berlanjut pada periode pergantian tahun dan mencapai kenaikan 15 kali lipat. Sementara kenaikan trafik berbagai layanan data terjadi di sebagian besar wilayah layanan XL Axiata. Menurutnya, hal ini merupakan hasil dari upaya sepanjang tahun 2017, dimana XL Axiata secara masif telah memperluas jangkauan jaringan internet cepat, baik 3G U900 maupun 4G LTE, di berbagai daerah, termasuk di ratusan kota/kabupaten di luar Jawa,” ungkap Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata dalam keterangan tertulisnya.

Yessie menambahkan, “Selain akses ke layanan data dan video streaming dan social media menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut, kenaikan trafik yang kami raih juga tidak terlepas dengan semakin nyamannya pelanggan menggunakan layanann 4G LTE di berbagai daerah. Hingga akhir Desember 2017, kota/kabupaten yang telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi ini telah mencapai 360 kota, dengan jumlah pelanggan yang tentu juga terus meningkat. Dengan 4G LTE, akses ke konten-konten video dan film menjadi semakin baik dan nyaman untuk dinikmati.”

Pelanggan XL Axiata juga mengisi liburan panjang Natal dan berlanjut Tahun Baru 2018 dengan beraktivitas melalui beragam sosial media. Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15%, di mana di puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60%. Akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70%, bahkan di malam tahun baru naik sampai dengan 1.000% dibandingkan malam biasanya.

Dari beragam media sosial tersebut, pelanggan mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, berbagi video live streaming, bahkan juga melakukan belanja. Sementara itu, kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand antara lain iflix.

Sementara itu terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah Central Java dan West Java  menyumbang kenaikan tertinggi dengan 29% dan 21%. Untuk wilayah kota besar lainnya di luar Jawa seperti Medan naik sekitar 5%, Makassar, 4%, Palembang 21%, Pontianak 22% dan Lampung 22 %. Sementara itu, di daerah tujuan wisata utama Bali, terjadi kenaikan sebesar 24%, Yogyakarta 27%, Bandung 13%.

XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang memadai sehingga akan bisa menampung kenaikan trafik hingga 2 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan teknologi jaringan canggih yang akan bisa mengalihkan kepadatan trafik di suatu tempat ke tempat lain yang lebih longgar. Semua aktivitas jaringan XL Axiata akan bisa terpantau melalui suatu monitoring center yang berada di Jakarta dan beberapa kota lain. Melalui monitoring ini, petugas jaringan XL Axiata bisa langsung mendeteksi jika terjadi suatu kepadatan di suatu lokasi, atau bahkan juga suatu permasalahan. Dengan demikian, tindakan pencegahan atau penanganan lebih lanjut bisa segera dilakukan.

Strategi antisipasi kenaikan trafik oleh XL Axiata juga menyesuaikan dengan pergerakan masyarakat sepanjang liburan. Untuk itu, XL Axiata melakukan antisipasi dengan memperkuat jaringan di daerah-daerah yang diprediksi akan terjadi kenaikan secara signifikan, antara lain daerah tujuan wisata popular, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Selain itu juga menyasar ke lokasi-lokasi tujuan wisata dan pusat keramaian seperti pusat-pusat perbelanjaan.

Tidak lupa, XL Axiata juga menguatkan jaringan di lokasi-lokasi yang berhubungan dengan transportasi publik, seperti terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, dan bandar udara. Penguatan juga dilakukan di sepanjang jalur jalan raya yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di Jawa yang menjadi tujuan wisata popular. Mengingat masa liburan kali ini yang cukup panjang, maka diprediksi akan terjadi peningkatan arus lalu lintas dari Jabodetabek ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. (Icha)

 

 

Berbagi Foto dan Video Jadi Favorit Pelanggan Telkomsel di Natal dan Tahun Baru

0

Telko.id – Memang sudah diprediksikan, bahwa Natal dan Tahun Baru kali ini layanan data akan meningkat. Ternyata, peningkatannya sangat tinggi. Pada jaringan telkomsel, ada kenaikan 42% atau 10,7 petabyte trafik layanan data di Natal dan Tahun Baru kali ini. Padahal, pada hari normal hanya sebesar 7,5 petabyte perhari.

Jika dibandingkan dengan periode tahun lalu pun terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Setidaknya, Telkomsel mencatat terjadi lonjakan tarifk layanan data hingga 151%.

Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dengan peningkatan 56% dibandingkan hari normal, diikuti Jawa Barat (51%) dan Sulawesi (50%).

“Tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang mengunggah foto atau video aktivitas momen sebelum dan setelah pergantian tahun melalui berbagai aplikasi media sosial. Selain itu, penggunaan smartphone dan komputer tablet untuk melakukan video streaming dan komunikasi melalui aplikasi pesan instan juga meningkat pada periode tersebut,” kata Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel dalam keterangan tertulisnya.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari aktivitas di media sosial yang mencapai 35%. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 31%. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 8% terhadap penggunaan layanan data.

Sementara itu, penurunan trafik terjadi untuk layanan suara dan SMS. Dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara menurun 6% menjadi 1,3 miliar menit, sementara trafik layanan SMS menurun 5% menjadi 659 juta SMS.

“Pergeseran perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan sudah kami prediksi sebelumnya, di mana layanan data kini semakin dominan digunakan pelanggan. Meski demikian, pelanggan di beberapa wilayah masih intensif menggunakan layanan suara dan SMS dalam berkomunikasi selama periode Tahun Baru,” ungkap Adita.

Papua dan Maluku menjadi regional yang mengalami kenaikan trafik layanan suara tertinggi dengan peningkatan sekitar 7% dibandingkan hari normal. Sementara itu, wilayah dengan kenaikan trafik layanan SMS tertinggi adalah Kalimantan dengan peningkatan sekitar 22% dibandingkan hari normal.

“Kami bersyukur berbagai persiapan yang kami lakukan selama beberapa bulan terakhir mampu menghasilkan layanan yang prima selama periode pergantian tahun. Bagi kami kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen-momen spesial seperti Tahun Baru amat penting. Kami berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan agar pelanggan semakin nyaman dalam berkomunikasi menggunakan layanan Telkomsel setiap saat,” jelas Adita.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, sejak jauh hari Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia. Optimalisasi jaringan telah dilakukan di 709 titik keramaian utama seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, hotel dan tempat penginapan, serta rumah ibadah, termasuk 14 titik yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan dan 13 pusat perbelanjaan yang membutuhkan kualitas layanan broadband yang handal.

Beberapa aktivitas yang dilakukan Telkomsel di antaranya mengerahkan 103 unit compact mobile base station (Combat) atau Mobile BTS dan menambah kapasitas untuk layanan internet menjadi 1.740 Gbps. Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 359 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 430 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia.

Processed with VSCO with preset

Berikut data performansi layanan Telkomsel pada Periode Tahun Baru 2017/2018:

Trafik Layanan

Layanan Trafik Puncak

Tahun Baru 2017/2018

Perbandingan dengan Trafik Puncak Tahun Baru 2016/2017 Perbandingan dengan Trafik Hari Normal 2017
Data 10,7 petabyte Naik 151 Persen Naik 37 Persen
SMS 659 Juta SMS Turun 28 Persen Turun 5 Persen
Suara 1,3 Miliar Menit Turun 9 Persen Turun 6 Persen

 

(Icha)