spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1389

Honor 9N (9i)

0

Telko.id – Spesifikasi Honor 9N (9i) bertumpu pada Kirin 659, 3/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2018, July ini dibekali sistem operasi Android 8.0 (Oreo), EMUI 8 dan layar berukuran 5.84″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Honor memang belum secara resmi merilis harga Honor 9N (9i). Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honor Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Lavender Purple, Robin Egg Blue, Sapphire Blue, Midnight Black) dan memiliki body berdimensi 149.2 x 71.8 x 7.7 mm (5.87 x 2.83 x 0.30 in) dengan berat 152 g (5.36 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Honor 9N (9i)

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Kirin 659 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.36 GHz Cortex-A53 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU Mali-T830 MP2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB/64GB/128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 3000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.84″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2280 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Honor 9N (9i) sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, .

Kamera Honor 9N (9i)

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Honor 9N (9i) :

  • 13 MP, PDAF
    2 MP, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3″, 1.0µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Honor Play

0

Telko.id – Spesifikasi Honor Play bertumpu pada Kirin 970, 4/6 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 16 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2018, July ini dibekali sistem operasi Android 8.1 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie), EMUI 9.1 dan layar berukuran 6.3″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Honor memang belum secara resmi merilis harga Honor Play. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honor Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Midnight Black, Navy Blue, Violet, Player Edition Red, Player Edition Black) dan memiliki body berdimensi 157.9 x 74.3 x 7.5 mm (6.22 x 2.93 x 0.30 in) dengan berat 176 g (6.21 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, aluminum back, aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Honor Play

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Kirin 970 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU Mali-G72 MP12. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 4/6 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 3750 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.3″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2340 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Honor Play sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (3CA) Cat16 1024/150 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE, EDR, aptX HD). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Honor Play

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Honor Play :

  • 16 MP, f/2.2, PDAF
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 16 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3″, 1.0µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Penggunaan OTT Pelanggan Indosat Naik 85,3% Saat Liburan Lebaran

0

Telko.id – Indosat Ooredoo berhasil mengantisipasi prediksi kenaikan traffic baik itu telepon, SMS, maupun Data pada saat tingginya kebutuhan berkomunikasi pelanggan selama masa libur Lebaran 2018. Sejak H-7 sampai dengan H+7, Indosat Ooredoo mencatatkan kenikan traffic Data sebesar 45% dibanding traffic hari biasa, atau 71% dibandingkan tahun lalu. Tingginya traffic Data didominasi oleh penggunaan aplikasi perpesanan, social media, dan web browsing.

Sebaliknya, traffic layanan suara selama Lebaran 2018 mengalami penurunan sebesar 9% dibanding dengan traffic hari biasa, atau tercatat 169 juta menit. Sementara traffic layanan SMS tercatat 165 juta SMS atau meningkat 2% dibanding traffic hari biasa. Perubahan gaya komunikasi pelanggan yang cenderung menggunakan OTT (over the top) atau layanan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan aplikasi sejenis lainnya, berakibat pada naiknya volume penggunaan sebesar 85,3% dibanding hari biasa.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringan baik untuk telepon, SMS maupun Data untuk memastikan pelanggan tetap lancar dan nyaman berkomunikasi selama masa mudik, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439H, serta libur Lebaran 2018. Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari, kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari, dan kapasitas Data ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte/hari.

Selain menaikkan kapasitas jaringan, Indosat Ooredoo juga telah memperluas cakupan jaringan, serta melakukan perbaikan jaringan lewat optimisasi dan pemusatan jaringannya ke lokasi-lokasi strategis seperti jalur mudik dan tempat tujuan wisata. Command Center melalui Indosat Ooredoo Network Operations Center (INOC) juga turut memantau pergerakan penggunaan traffic Data pelanggan dari satu kota ke kota berikutnya serta melihat traffic Data dari penggunaan beberapa aplikasi yang digunakan pelanggan di tempat wisata.

“Sudah menjadi prioritas kami untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi, apalagi di masa-masa libur panjang Lebaran ini. Berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh tim, kami bersyukur pelanggan dapat menggunakan layanan kami dengan lancar dan nyaman,” ujar Dejan Kastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.

Pada hari-H Lebaran 2018, peningkatan traffic untuk suara yang paling tinggi terjadi di Pulau Madura yang mencatatkan kenaikan 21,5%. Sementara untuk traffic Data peningkatan tertinggi terjadi di Provinsi Bengkulu dengan kenaikan sebesar 88,26%. Kota Cianjur tercatat yang paling tinggi penggunaan layanan teleponnya saat Lebaran sebesar 109 ribu Erlang, dan Kota Magelang yang tercatat paling banyak menggunakan layanan Data sebesar 185 ribu GigaByte. Solo dan Yogyakarta menjadi tujuan utama pelanggan dari daerah lain, terlebih dari Jabotabek, dimana tercatat tingkat kedatangannya sekitar 9% dibanding hari biasanya. (Icha)

Di 2019 Warga Indonesia Timur Bebas Berinternet via Palapa Ring dan Satelit

0

Telko.id – Komitmen Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk memastikan pemerataan pembangunan infrastruktur termasuk telekomunikasi akan segera terwujud untuk kawasan Indonesia Timur.

“Bicara soal komunikasi, sudah puluhan tahun Indonesia merdeka. Namun baru saat ini sarana kita berkomunikasi dibangun, pemerintah melakukan pembangunan secara besar-besaran. Indonesia merdeka dari penjajah sudah mau 73 Tahun tapi kita belum merdeka dari internet. Itu artinya belum semua masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan internet,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam kunjungan kerja di Kec. Rote Tengah, Kab. Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Menteri Kominfo menjelaskan visi Pemerintah untuk memerdekakan dari internet sebagai upaya menghubungkan seluruh Indonesia.

“Saya janji, 2019 harus sudah saling terhubung dengan jalan tol ini, yang tadi kata Bapak/Ibu dibangun pada tahun 2015, menghubungkan Boni Medan dengan Samurai ya. Yang saling berhubungan itu dan membentuk cincin atau ring. Itulah cara pola pikir pemerintah juga visi pak Jokowi dalam memerdekan Indonesia dari internet,” jelasnya.

Tak hanya untuk pemerataan akses, lebih dari itu Menteri Rudiantara memastikan agar masyarakat Indonesia bagian Timur dapat memanfaatkan internet cepat seperti kawasan Indonesia bagian Barat.

“Bukan kecepatan saja yang lama tapi harga yang harus dibayarkan lebih mahal dibandingkan dengan penduduk di jawa. Ini yang menurut Pemerintah Jokowi harus di-upgrade. Bapak Jokowi ini banyak memperhatikan pembangunan, seperti infrastruktur dari mulai jalan tol lalu lalu bandara juga telekomunikasi,” tandasnya.

Menteri Kominfo menyatakan pemerintah dengan kebijakan keberpihakan akan membangun akses internet untuk seluruh warga negara di Indonesia.

“Pemerintah membuat kebijakan keberpihakan yakni di daerah non komersil atau 3T kita bangun yang prioritasnya adalah pendidikan. Sejauh ini ada 2700 titik akses internet khususnya sekolah. Dari total 226 ribu sekolah baik SMP dan SMA ada 80 ribu lebih yang belum terhubung,” jelasnya.

Guna memastikan internet cepat bisa diakses, Menteri Rudiantara menyebut akan menggunakan satelit telekomunikasi dengan teknologi baru.

“Nah, dari kami Kominfo bersama BAKTI menyiapkan satelit terbaru yang diperkirakan selesai akhir tahun (2018) atau awal tahun (2019) selesai dan segera diluncurkan juga dioperasikan. Sehingga nanti pada tahun 2022 semua sekolah harus bisa mengakses dengan satelit yang baru, dan kecepatannya harus lima kali lebih dari yang sekarang,” jelasnya.

Pemilihan sektor pendidikan sebagai pengungkit menurut Menteri Kominfo penting sebagai bagian dari kesiapan menghadapi bonus demografi.

“Adik-adik akan jadi usia produktif nanti sama dengan kekuatan ekonomi seluruh negara ASEAN kebayang tidak? Akan sebesar itu, tapi itu teoritis dan tidak bisa berjalan dengan sendirinya, harus didampingi dengan akses internet yang ada di sekolah salah satunya,” jelasnya.

Pemanfaatan akses internet dengan kecepatan tinggi ditegaskan oleh Menteri Rudiantara untuk memajukan pendidikan Indonesia.  “Indonesia harus mempunyai daya jual dari yang sekarang, kuncinya adalah penguatan sumberdaya manusia yang saat ini sedang bersekolah. Saya harap ke depannya tidak ada perbedaan, apa yang didapat oleh semua pelajar di indonesia sehingga tidak hanya yang bisa mengakses saja yang bisa memiliki kemampuan,” harapnya.

Menteri Kominfo menargetkan pada Tahun 2020, 20 ribu desa yang saat ini belum tersentuh internet akan bisa terhubung dengan internet.

“Jadi nanti kalau mau laporan tidak pakai kertas lagi datang ke kantor, tetapi pakai internet. Ini bukan hanya di Rote Ndao tapi di seluruh Indonesia nanti akan terhubung,” ungkapnya.

Selain melalui satelit high throughput yang kini sudah memiliki slot orbital, Menteri Rudiantara menjelaskan penyediaan koneksi antardesa juga dibantu oleh Palapa Ring. Palapa Ring dibangun dengan jaringan kabel laut sepanjang 250 kilometer dan lebih dari 1000 kilometer kabel darat, termasuk microwave (gelombang mikro).

“Nama Palapa Ring sendiri sesuai janji Gajah Mada, pada Sumpah Palapa-nya. Dengan nama Palapa mengambil ruh semangat untuk mempersatukan Indonesia. Itu selesai tahun 2019 dan harus sudah beroperasi,” imbuhnya.

Ada pula lima menara BTS yang sedang dibangun Kementerian Kominfo untuk memastikan bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Saya persembahkan lima BTS ini untuk masyarakat di Rote Ndao. Pemerintah pusat tidak meminta anggaran dari APBD tapi yang saya minta adalah permudahkan soal perizinan. Silakan APBD dikelola untuk masyarakat. Saya pastikan pembangunan ini tidak akan berhenti,” jelas Menteri Kominfo.

Menteri Rudiantara menjelaskan, pembangunan BTS dilakukan pada titik tertentu yang dianggap strategis tanpa menunggu Palapa Ring jadi. “Khususnya sekolah sampai saat ini dari 2015 ada 2700-an internet yang sudah kami bangun,” jelasnya. (Icha)

 

 

Trafik Data Smartfren Naik 176 Selama Ramadhan dan Lebaran

0

Telko.id – Trend data memang terus meningkat. Demikian juga yang terjadi pada Smartfren. Operator ini mencatat selama bulan Ramadhan dan libur lebaran terjadi kenaikan trafik data hingga 176%. Yang paling tinggi adalah pada H-3 dan H+3 hari Raya Idul fitri.

Dari data tersebut, kenaikan tertinggi terjadi di sepanjang jalur mudik Jawa Tengah, dan juga Jawa Timur. Seperti trend mudik yang biasa terjadi di Indonesia. Di mana, warga Jabodetabek banyak yang pulang kampung. Dan yang tertinggi adalah ke wilayah Jawa Tengah lalu ada yang lanjut ke Jawa Timur.

“Ramadhan tahun ini terjadi perubahan pola kenaikan trafik, jika tahun lalu (2017) kenaikan terjadi ketika hari raya Idul Fitri, maka tahun ini kenaikan justru terjadi sebelum hari raya,” kata Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Special Project Smartfren.

Munir menambahkan, “Perubahan pola ini kami maknai positif, berarti para pelanggan kami menggunakan layanan kami sebagai teman ketika mereka melakukan perjalanan mudik. Hal itu juga diperkuat dari pencatatan internal kami bahwa sebagian besar pelanggan memanfaatkan jaringan kami untuk streaming dan bermain game selama periode tersebut. Selain itu tingginya traffic data ini juga berarti bahwa Smartfren sukses menemani pemudik sepanjang perjalanan mereka dari kota ke kampung halamannya dan sebaliknya tanpa putus”.

Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra menyatakan bahwa kenaikan traffic ini juga didukung dengan adanya layanan baru yang dihadirkan Smartfren tepat ketika hari raya Ramadhan, yaitu produk kuota internet unlimited serta semakin banyaknya handphone 4G yang dapat menggunakan jaringan Smartfren.

“Dari hasil pencatatan team network Smartfren yang positif, menunjukkan bahwa produk yang kami hadirkan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi para pelanggan selama bulan Ramadhan. Adapun data network juga mencatat bahwa pelanggan Smartfren menggunakan layanan 4G LTE untuk streaming Youtube, video call via WhatsApp, bermain game online, serta mengakses situs e-commerce,” ujar Roberto.

Sebagai informasi, untuk bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tahun 2018, Smartfren juga melakukan langkah optimasi Jaringan serta mempersiapkan tim tanggap darurat 7 hari menjelang dan juga 7 hari setelah hari raya Idul Fitri, jika terjadi gangguan sinyal baik di sepanjang jalur mudik maupun pusat keramaian. Selain itu, Smartfren juga terus melakukan pemantauan melalui Network Operation Centre yang berada di Jakarta dan Surabaya.

Sebagai bentuk apresiasi dan menjaga kepercayaan  para pelanggannya Smartfren berkomitmen untuk  meningkatkan kualitas layanan dengan menghadirkan kualitas internet yang seamless serta dukungan bermacam produk berkualitas dengan harga terjangkau. (Icha)

 

Indosat Ooredoo Sediakan Fasilitas Temporary Daycare Buat karyawan

0

Telko.id – libur lebaran, sama dengan pengasuh pulang kampung. Karyawan pun biasa nya bingung karena tidak ada yang mengasuh anak-anaknya. Akhirnya yang terjadi adalah bolos bekerja atau bekerja membawa anak. Tentu hal ini membuat kinerja karyawan pun terganggu.

Indosat Ooredo memahami hal ini dan berempati dengan kondisi tersebut sehingga tercetuslah ide untuk menyediakan fasilitas penitipan anak (daycare) untuk mendukung kenyamanan karyawannya dalam bekerja, tanpa khawatir dengan pengasuhan si buah hati.

“Kami menyadari kondisi yang dihadapi karyawan. Itu sebabnya, kami menyediakan fasilitas penitipan anak atau daycare bagi karyawan,” kata Arnold Wardiyanto, Group Head HR Development Indosat Ooredoo.

Fasilitas daycare yang dibuat di dalam kantor perusahaan ini disediakan selama periode sebelum dan sesudah Lebaran, saat dimana pengasuh anak sudah mudik ataupun belum kembali dari mudik Lebaran.

Lebih jauh, Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo, Irsyad Sahroni menambahkan bahwa “Kami sangat memahami kebutuhan karyawan saat Lebaran, dimana mereka harus tetap melaksanakan tugas yang tidak bisa ditinggalkan, dan pada saat yang sama harus menjaga anak-anak mereka yang ditinggal mudik para pengasuhnya. Untuk itu kami menyediakan fasilitas daycare  ini, sehingga mereka dapat tetap bekerja dengan tenang dan anak-anak dijaga tidak jauh dari orangtua mereka.”

Fasilitas daycare ini disediakan di kantor pusat Indosat Ooredoo dibagi dalam dua batch yakni batch 1 pada tanggal 6–12 Juni 2018, dan batch 2 pada tanggal 20–26 Juni 2018 diperuntukan untuk anak-anak berusia 2-8 tahun. Semua karyawan yang berlokasi di kantor pusat Indosat Ooredoo memiliki kesempatan menggunakan day care yang dibuka pada pukul 08.00–17.00 WIB ini.

Tidak hanya pengasuhan, fasilitas ini menyediakan berbagai aktivitas menyenangkan dan juga edukatif bagi anak, arena bermain (playground), belajar, area berisitirahat/tidur siang (sleeping zone), dan makanan sehat untuk anak (kids meals). Khusus untuk makanan anak, perusahaan menyediakan snack pagi, makan siang & snack sore bagi anak karyawan yang dititipkan di fasilitas daycare.

Aspek edukasi yang diberikan dikemas sangat beragam, seperti bernyanyi, menari, berbagai alat permainan, mendengarkan cerita, membaca buku, sehingga anak-anak tidak hanya bergembira tapi juga bisa belajar banyak hal baru. Anak juga bisa belajar mandiri melalui aktivitas makan, mencuci tangan, ganti baju sebagai salah satu pembelajaran yang bermanfaat. Setiap selesai di akhir hari, orang tua akan mendapatkan laporan harian (daily report) tentang aktivitas dan kondisi selama anak berada di fasilitas daycare.

Penyediaan fasilitas daycare merupakan manifestasi dari salah satu nilai perusahaan, yaitu CARE, dimana karyawan tetap memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan demi memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan, menjelang hari Hari Raya Idul Fitri.

“Kami menyadari pengorbanan yang mungkin dialami keluarga karyawan Indosat Ooredoo dalam tugasnya menangani kebutuhan jaringan yang semakin meningkat dalam masa Ramadhan dan Idul Fitri. Untuk itulah fasilitas daycare ini diwujudkan, hal ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan pada karyawan karena kami percaya, karyawan yang happy dan engage akan memberikan pelayanan dan hasil kerja terbaik untuk pelanggan,” demikian Irsyad Sahroni menutup penjelasannya. (Icha)

 

 

Ini Alasan Kenapa Telstra PHK 8000 Karyawan Dalam 3 Tahun Ke Depan

0

Telko.id – Kondisi yang sulit dalam industri telekomunikasi menjadi salah satu alasan mengapa Telstra akan memutus hubungan kerja dengan 8000 karyawannya. Hal ini disampaikan oleh Andrew Pen, CEO Telstra seperti yang diungkapkan dalam wawancara dengan CNBC ‘Capital Connection’, Rabu (20/06).

Saat ini, diakui juga oleh Pen bahwa perusahaan sedang dalam titik kritis. Bahkan, dengan adanya pengumuman tersebut, saham Telstra pun sempat ‘terjun bebas’ sampai jatuh ke posisi terendah selama 7 tahun ini.

Langkah tidak popular ini dianggap oleh Pen sangat perlu dilakukan karena kondisi industri yang begitu menantang. “Perubahan – yang akan mencakup 8.000 PHK – dibutuhkan karena perusahaan “pada titik kritis. Industri telekomunikasi pun sedang mengalami periode yang sangat menantang dan dinamis saat ini, tetapi pada saat yang sama, permintaan untuk produk dan layanan telekomunikasi belum pernah lebih besar,” kata Penn.

Andrew Penn, CEO Telstra

Setidaknya, dengan adanya pemangkasan karyawan dan kontraktor sebagai bagian dari rencana untuk mengurangi biaya sebesar 2,5 miliar dolar Australia ($ 1,8 miliar) pada 2022. Hal ini juga akan menjual aset untuk mengurangi utang.

Saat ini, perusahaan, yang memiliki 32.000 karyawan, mengatakan satu dari empat pekerjaan eksekutif dan manajemen menengah akan dieliminasi selama tiga tahun ke depan.

Sementara itu terdapat fenomena global, di mana masalah ini sangat akut di Australia karena peluncuran jaringan broadband monopoli milik pemerintah negara itu.

Sebagai bagian dari perubahan berskala besar, perusahaan berencana untuk membuat unit bisnis mandiri, yang disebut Telstra InfraCo, yang akan mencakup infrastruktur jaringan tetap Telstra.

Agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang dihadapkan pada produk dan layanan yang begitu komplek yang berada di pasar membuat Telstra pun harus membuat “keputusan ekonomi sulit” jangka pendek untuk mengamankan masa depannya, tambahnya Pen.

“Kami harus meninggalkan sekitar 500 juta (dolar Australia) senilai perubahan yang sebelumnya kami terima,” kata Penn.

“Tetapi kami percaya itu adalah keputusan yang tepat dan kami juga akan secara radikal menyederhanakan produk dan layanan kami,” ujar Pen optimis.

Berbicara tentang prospek pertumbuhan perusahaan, Penn mengatakan “kenyataan” adalah bahwa Telstra terus mengembangkan basis pelanggannya, tetapi menegaskan kembali pentingnya bagi perusahaan untuk mengubah “sifat” dari produk dan layanannya sambil berinvestasi dalam teknologi masa depan seperti 5G.

“Dalam jangka panjang, cara terbaik untuk mendukung dividen bagi pemegang saham adalah dengan memiliki strategi yang tepat dan mencapai kesuksesan dalam pertumbuhan,” katanya.

Ditanya tentang rencana Telstra untuk memangkas 8.000 pekerjaan selama tiga tahun ke depan dan bagaimana itu bisa berdampak pada perusahaan secara politik, Penn mengatakan itu perlu, tetapi mengakui itu adalah “bagian paling sulit dari pengumuman hari ini.”

“Dampak pada orang-orang kami, dampak pada pekerjaan adalah sesuatu yang jelas sangat menantang dan kami sangat serius,” katanya.

Namun, dia berkata: “Jika Telstra akan sukses di masa depan, jika kita akan berkembang, jika kita akan memberikan semacam pengalaman pelanggan yang kita butuhkan, kita perlu melakukan perubahan ini.”

Untuk mendukung mereka yang terkena dampak perubahan, katanya, perusahaan telah menempatkan dana transisi 50 juta dolar Australia.

Di sisi politik, Penn mengatakan: “Saya telah memastikan bahwa kami telah menjaga kedua sisi politik sepenuhnya mengetahui keputusan kami sehingga mereka memahami alasan dan alasan di baliknya.” (Icha)

Ini Dia ‘Perisai’ Anti Cyber Crime Terbaru Dari Hide My Ass!

0

Telko.id – Penjahat cyber secara terus menerus mengintai. Tak pelak, para perusahaan keamanan digital pun terus mengeluarkan versi terbaru produk nya agar menjamin pengguna nya lebih sulit untuk ditembus.

Salah satunya adalah Hide My Ass!. Perusahaan keamanan digital yang baru diakuisisi oleh Avast ini memperbaharui produknya agar dapat menjadi privasi para pengguna nya. Versi terbaru (4.0) dari HideMyAss! atau HAM versi 4.0 VPN ini memiliki fitur Location Mode baru, IP Shuffle, dan fitur Kill Switch yang membuat anda lebih mudah dalam mengatur keamanan dan terlihat anonym pada saat online.

Selain itu, diklaim lebih berenergi DAN cepat. Server baru di pusat data inti telah meningkatkan puncak kinerja hingga 200% dalam 25% sesi VPN.

Dengan tambahan baru pada produk ini akan memudahkan dalam mengatur setiap kegiatan VPN dan menyulitkan pihak ketiga untuk mengawasi lokasi dan aktivitas berinternet penggunanya. Kini, penyedia jasa internet, penjahat cyber dan agensi pemerintah yang ingin melacak anda akan membutuhkan waktu yang lama dan sulit untuk melakukannya.

Salah satu fitur khusus yang ada dalam versi terbaru ini adalah IP Shuffle. Di mana, fitur ini mampu melakukan pengacakan alamat IP secara berkala. Dengan demikian, akan lebih sulit untuk terlacak. Setidaknya, HAM mampu melakukan perpindahan atau loncat dari satu lokasi ke lokasi berikutnya ke lebih dari 890 server di 280 lokasi yang terletak di 190 negara yang dimilikinya.

IP Shuffle ini juga terintegrasi secara baik dengan pembaruan fitur penting lainnya yaitu Kill Switch yang tersedia untuk Windows dan Mac. Fitur ini mampu secara cepat menghentikan koneksi internet jika server VPN berhenti. Ini merupakan mekanisme gagal-aman yang dimiliki oleh produk ini.

HAM juga mengklaim sudah menyelesaikan design ulang pada Location Mode. Hal ini memudahkan para pengguna nya untuk memilih dan memfavoritkan lokasi server terbaik di seluruh dunia untuk kegiatan VPN yang diinginkan seperti streaming atau P2P.

Jika masih belum cukup, versi 4.0 hadir dengan aturan koneksi baru yang kami sebut Trusted Networks. Hal ini mengkomodir kegiatan yang tidak memerlukan koneksi VPN. Misalnya ketika terhubung dengan koneksi rumah. Dengan menggunakan fitur ini maka ada option untuk memilih jaringan yang tidak ingin terhubung dengan VPN.

”Teknologi telah memungkinkan pengawasan dan kejahatan masal dapat terjadi pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada sisi lain, konsumen yang memerlukan privasi dan keamanan online yang lebih baik untuk melindungi diri mereka dapat memanfaatkan teknologi yang baik seperti VPN. Perundang-undangan terbaru seperti Investigatory Powers Act dan GDPR telah meningkatkan kebingungan, kepanikan dan kemarahan. Namun dalam menyikapi hal tersebut, mereka telah membantu untuk meningkatkan kesadaran mengenai hak azasi manusia ketika melakukan aktivitas online,” ujar Juru Bicara HideMyAss! Brad Poole berkomentar.

Poole menambahkan bahwa “Di sisi lain, privasi dan keamanan online masih dirusak oleh organisasi yang membagikan dan menyimpan informasi pribadi dan aktivitas internet, terkadang tanpa sepengetahuan orang tersebut. Pembaruan pada versi 4.0 menambahkan lapisan ekstra pada privasi dan keamanan untuk membantu memproteksi kita dari pengintai dan penjahat cyber.”

HAM juga mengklaim bahwa versi terbaru nya ini sudah didukung oleh server yang telah sepenuhnya dienkripsi dengan fitur bernama Full Desk Encryption. Secara teknis, ini bukan bagian dari HideMyAss! Versi 4, namun ini hal yang penting.

Fitur ini menawarkan perlindungan terhadap pencuri fisik dari drive server VPN dan penyalahgunaan data sensitif. Drive milik HAM ini sudah terenkripsi sehingga para pengguna nya dapat terhindar dari ancaman potensial seperti duplikasi mencurigakan dari pihak ketiga, instalasi penyadapan dan modifikasi data oleh peretas.

Versi 4.0 HMA! kini tersedia dalam 27 bahasa pada platform tertentu, seperti Window, MacOS, iOS, dan Android. Produk ini diberi harga US$ 6,99 per bulan dengan paket 12 bulan dan memungkinkan koneksi hingga 5 perangkat secara bersamaan. (Icha)

 

 

 

 

Indosat Ooredoo Catatkan 73% Kenaikan Traffic Data Saat lebaran

0

Telko.id – Indosat Ooredoo, seperti juga operator lain mampu mengamankan jaringannya selama masa mudik dan libur lebaran. Selama momen tersebut, operator ini mengantisipasi kenaikan traffic dengan menaikkan kapasitas jaringan, melakukan pemantauan intensif kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), pemantauan kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), serta mengaktifkan Command Center Lebaran yang beroperasi 24 jam.

“Performansi jaringan Indosat Ooredoo yang sukses dalam melayani kebutuhan telekomunikasi 96,2 juta pelanggan kami selama masa mudik dan libur Lebaran tahun ini merupakan wujud dari upaya yang dilakukan bersama lewat peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui INOC, pemantauan kualitas layanan melalui ISOC,  serta mengaktifkan Command Center Lebaran,” kata Umar Hadi, Group Head Network Operations Indosat Ooredoo yang sekaligus menjadi Ketua Festive Lebaran 2018.

Berdasarkan catatan Indosat Ooredoo, peningkatan traffic tertinggi untuk penggunaan Data adalah pada puncak arus mudik atau bertepatan dengan H-3 Lebaran sebesar 5.338,47 Terabyte/hari, atau naik 49,70% dibandingkan traffic Data reguler pada hari biasa.

Sementara itu, penggunaan Data pada hari raya Idul Fitri 1439H sebesar 4,867.58 Terabyte/hari atau meningkat 73.03% dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut sejalan dengan tren penggunaan social media yang semakin meningkat, baik sebagai hiburan saat menemani perjalanan mudik maupun untuk berkomunikasi dengan kerabat.

Berbeda dengan layanan Data, traffic layanan suara dan SMS cenderung turun selama Lebaran 2018. Bila dibandingkan dengan traffic reguler harian biasa, traffic Voice pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 153,91 Juta menit, atau turun sekitar 17,37% dan traffic SMS di hari Lebaran menurun menjadi sekitar 137,18 Juta SMS, atau turun 15,11%.

Keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 94,83%  dan 95,32% untuk tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat Ooredoo maupun antar operator walau terjadi  kepadatan jalur pengiriman.

Indosat Ooredoo juga memastikan melayani dengan baik melalui pemantauan jaringan yang dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre. Command Center beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Pemantauan juga dilakukan oleh fasilitas Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang memantau kualitas layanan aplikasi yang biasa digunakan pelanggan seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, Facebook, Spotify, Iflix, dan lain sebagainya. Melalui fasilitas ini, Indosat Ooredoo memastikan bahwa tidak hanya kestablian jaringan namun juga kualitas dari masing-masing aplikasi berada dalam kondisi yang baik untuk mendukung aktivitas mudik dan Lebaran pelanggan. (Icha)

 

 

 

Trafik Layanan Data XL Axiata Melonjak 95% Saat Mudik Lebaran

0

Telko.id – Setiap momen mudik lebaran menjadi waktu yang krusial bagi operator. ‘Pantang jaringan drop’ dan pelanggan nyaman, itu yang menjadi target setiap tahun nya. Maklum saja, trafik akan bergeser ke jalur mudik dan wilayah wisata. Apalagi, tahun ini libur lebaran cukup lama. Kerja operator pun bertambah panjang.

“Puluhan juta pelanggan kami mengharapkan bisa menggunakan layanan XL Axiata secara maksimal. Prioritas utama kami adalah memastikan kenyamanan pelanggan, tidak hanya di jalur mudik saja tapi juga tempat keberangkatan seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta, stasiun bus, dan rest-area. Dan juga dengan lamanya periode liburan, tempat-tempat wisata juga dipastikan jaringannya, seperti pantai, taman wisata, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Jika itu bisa penuhi, maka dengan sendirinya trafik akan meningkat dan ini bagus secara bisnis. Kami bersyukur bisa memberikan layanan secara maksimal selama Lebaran ini, tanpa hambatan yang berarti,” kata Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata.

Setidaknya, dalam rentang waktu 10 hari masa libur lebaran, trafik penggunaan layanan data XL Axiata mengalami lonjakan yang signifikan dibandingkan hari-hari biasa dan dibandingkan Lebaran tahun lalu. Tercatat, terjadi lonjakan trafik data hingga sekitar 30% dibanding hari biasa, dan 95% dibandingkan tahun lalu. Khusus untuk trafik layanan 4G, naik hingga 45%. Kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data XL Axiata menjadi salah satu faktor pendorong lonjakan trafik tersebut.

Menurut Yessie, kenaikan trafik data di Lebaran kali ini merupakan kelanjutan dari trend kenaikan data dalam beberapa tahun terakhir di momen yang sama. Masyarakat dan pelanggan semakin nyaman menggunakan layanan data untuk mendukung berbagai aktivitas mereka selama libur Lebaran, termasuk saat bersilaturahmi, perjalanan mudik dan kembali lagi ke kota asal, serta berbagai kabar melalu media sosial. Selain itu, kenaikan trafik juga tidak terlepas dari terus bertambahnya pengguna layanan data.

Trafik data tertinggi selama periode 10 hari tersebut didominasi antara lain oleh trafik data  streaming (video dan musik) mencapai 47%. Seiring dengan semakin meningkatnya kualitas dan perluasan jaringan data berkualitas seperti 4G LTE, pelanggan semakin nyaman mengakses layanan streaming. Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16%, Instant Messaging 13% dan media sosial (medsos) 12%

Sementara itu, untuk layanan VoIP naik 20%. Bersama instant messaging, VoIP saat ini menjadi pilihan masyarakat pada umumnya sebagai pengganti layanan SMS dan voice/telepon. Kedua layanan ini menjadi pilihan mengirimkan ucapan Ramadan dan Lebaran.

Penggunaan aplikasi Facebook Messenger meningkat hingga 55%, GoogleDuo 20%, Hangout 16%, dan Whatsapp 15%.

Selain itu, kenaikan trafik yang sangat signifikan juga terjadi pada akses ke layanan penunjuk rute jalan seperti Waze dan Google Map, yaitu masing-masing 55% dan 135%. Semakin banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan pulang kampung mendorong pemanfaatan peta jalan darat digital yang kini semakin mudah diakses melalui smartphone.

Dari sisi lokasi, kenaikan trafik data tertinggi terjadi di area Tasikmalaya sebesar 115%, Kuningan 110%. Selanjutnya Sampang – Madura dan Balikpapan masing-masing 95%, Garut 90%, Banyuwangi 77% dan Sumenep – Madura 75%.

Sementara itu, jika ditilik dari sisi perpindahan pelanggan saat Lebaran, pola perpindahan pelanggan saat lebaran identik dengan pergerakan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan liburan. Data per tanggal 15 Juni 2018 atau Lebaran hari pertama menunjukkan jumlah pelanggan di Jabodetabek yang berpindah ke wilayah lain mencapai sekitar 25%, terbanyak dibandingkan wilayah lain.

Sebaliknya, wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjadi tujuan utama pelanggan dari wilayah lain, tercatat kedatangan pelanggan dari wilayah lain mencapai sekitar 25%. Pelanggan yang datang ke wilayah Jawa Barat sekitar 10%, ke Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan Kalimantan masing-masing sekitar 8%.

Keberhasilan XL Axiata melayani pelanggan dan masyarakat sepanjang libur  Lebaran tersebut tidak terlepas dari matangnya persiapan yang dilakukan sebelumnya. XL Axiata sempat meluncurkan kampanye “Ramadan #JadiLebihBaik – Silaturahmi Tanpa Batas” yang mencakup penyiapan jaringan yang prima untuk mengatasi potensi lonjakan trafik data, selain juga menawarkan sejumlah program menarik bagi pelanggan XL PRIORITAS, XL, dan AXIS.

Dari sisi jaringan, XL Axiata antara lain telah melakukan penambahan 8.500 BTS 3G/4G baru sebelum Lebaran 2018. Selain itu, kapasitas transmisi dengan meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1000 Gbps atau 3x lipat dibandingkan kapasitas pada lebaran 2017.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan kapasitas pada transmisi backbone antarpulau sebesar 460G. Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata, hingga mencapai total 344 titik lokasi.

Selain itu, XL Axiata memberikan perhatian khusus di sebagian besar jalur mudik utama. Di sepanjang Pulau Jawa, lebih dari 96% jalur mudik utama telah terlayani oleh jaringan 4G LTE untuk jalan raya, sedangkan untuk jalur kereta api Jakarta – Surabaya, jaringan 4G LTE telah mencapai lebih dari 90%. Sementara itu di luar Jawa, lebih dari 94% jalur mudik utama di Sumatera dan 66% di Kalimantan telah tercover oleh jaringan 4G LTE.

Tahun ini, lebih dari 97% area pada sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya, sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE. Sementara itu untuk jalan raya non tol pantai utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Begitu juga untuk jalur Kereta Api Jakarta – Surabaya 90% terlayani 4G LTE. (Icha)