Telko.id – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) telah menyelesaikan persiapan jaringan terintegrasi pasca merger untuk menghadapi potensi lonjakan trafik signifikan selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2026.
Operator telekomunikasi ini mempersiapkan kapasitas jaringan 2-3 kali lipat lebih besar dari hari normal guna mengantisipasi peningkatan trafik hingga 20%-30%.
Direktur & Chief Technology Officer XLSMART, Shurish Subbramaniam, mengatakan persiapan dilakukan menyeluruh melihat antusiasme masyarakat.
“Kami memastikan jaringan XLSMART siap sepenuhnya. Persiapan tidak hanya mencakup layanan pelanggan 24 jam, namun juga jaringan dengan kapasitas lebih besar dari hari biasa untuk memastikan kenyamanan meskipun terjadi lonjakan trafik signifikan,” ujar Shurish.
Lonjakan trafik diprediksi terjadi akibat meningkatnya perjalanan mudik, liburan, dan penggunaan layanan digital berkapasitas besar seperti streaming, gim, serta berbagi momen melalui media sosial dan peta digital.
Peningkatan juga diproyeksikan terjadi pada layanan internet rumah XL SATU, seiring banyaknya masyarakat yang mengakses dari rumah selama liburan.
Untuk penyiapan jaringan, fokus utama ditempatkan pada area pusat pergerakan masyarakat. Lonjakan trafik diperkirakan terkonsentrasi di jalur mudik di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.
XLSMART melakukan peningkatan kualitas jaringan di 138 rute utama Nataru, yang mencakup 71 ruas jalan tol, 49 jalan utama, 16 jalur kereta api, dan 2 pelabuhan penyeberangan.
Secara total, peningkatan kapasitas dan optimasi jaringan dilakukan setidaknya di 515 area. Cakupannya meliputi 212 destinasi wisata, 102 ruang publik, 105 gerbang tol dan rest area, serta 96 lokasi transportasi publik. Lebih dari 13.000 km rute perjalanan utama dipastikan berada dalam cakupan jaringan XLSMART yang prima.
Pengerahan 101 Mobile BTS dan Penguatan Infrastruktur Tol
Sebagai langkah antisipasi kepadatan trafik di lokasi padat aktivitas, XLSMART menyiapkan rencana rekayasa jaringan dengan mengerahkan sekitar 101 unit Mobile BTS (MBTS). Unit-unit ini ditempatkan di sepanjang jalan tol, pusat keramaian pergantian tahun, tempat wisata, dan ruang publik lainnya.
“Pengerahan Mobile BTS merupakan upaya keseriusan XLSMART dalam mempersiapkan kenyamanan pelanggan. Hal ini untuk memastikan kualitas layanan tetap terjaga di titik-titik dengan lonjakan trafik mendadak,” tambah Shurish.
Penempatan 101 MBTS tersebut tersebar di Sumatera bagian utara (6 unit), Sumatera bagian selatan (18 unit), Jabodetabek dan Sukabumi (14 unit), Jawa Barat (16 unit), Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (12 unit), Jawa Timur (23 unit), Bali dan Nusa Tenggara (5 unit).
Serta Kalimantan dan Sulawesi (7 unit). Kota tujuan liburan seperti Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok, serta area dengan komunitas Nasrani seperti Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur, akan mendapatkan jangkauan lebih baik.
XLSMART juga terus memperkuat infrastruktur jaringan di sepanjang jalur tol baru, termasuk yang menghubungkan Yogyakarta dengan sejumlah kota di Jawa Tengah seperti Klaten, Boyolali, Sukoharjo, hingga Solo Raya. Jalur ini didukung lebih dari 100 BTS 4G dengan kualitas jaringan yang dijamin sangat baik.
Group Head Central Region XLSMART, Arif Farhan Budiyanto, menegaskan komitmen perusahaan. “Peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur tol Yogyakarta-Solo merupakan komitmen XLSMART untuk mendukung kenyamanan komunikasi dan menghadirkan pengalaman digital terbaik,” kata Arif.
Di area yang dilintasi jalur tol ini, XLSMART telah mengoperasikan lebih dari 2.000 BTS. Dari jumlah tersebut, lebih dari 200 BTS berdiri di sepanjang jalur tol utama.
Penguatan jaringan juga diprioritaskan di destinasi wisata populer seperti kawasan Malioboro, Candi Prambanan, Tebing Breksi, Keraton Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, hingga Kampung Batik Laweyan.
Baca Juga:
Layanan Pelanggan 24 Jam dan Penawaran Spesial Nataru
Untuk mendukung kenyamanan pelanggan, XLSMART menyiagakan tim layanan pelanggan 24 jam. Tim Teknis akan bersiaga di lapangan memastikan back-up genset, link redundansi, dan pemantauan terus menerus melalui Customer Experience & Service Operation Center (CE&SOC) di BSD, Tangerang.
Sebanyak 500 petugas layanan pelanggan disiagakan melalui call center dan digital care yang beroperasi 24/7. Pelanggan dapat mengakses layanan melalui XL Center Online, Call Center, Digital Care Maya di aplikasi myXL dan AXISnet, serta Virtual Assistant Sarah di aplikasi mySmartfren dan web Smartfren.
Kanal digital lain seperti e-mail, Facebook, dan Instagram dengan fitur Live Chat juga tetap aktif.
Pelayanan offline tersedia di 94 XL Center dan 51 Galeri Smartfren di berbagai kota. Secara nasional, XLSMART didukung lebih dari 209 ribu BTS dengan mayoritas jaringan 4G dan jaringan fiber optic yang luas.
Upaya pemulihan dan penguatan jaringan pasca bencana di beberapa wilayah, seperti yang dilakukan XLSMART untuk penguatan energi dan pemulihan jaringan di Sumatera, menjadi bagian dari fondasi kesiapan ini. K
omitmen serupa juga terlihat dalam program pemulihan jaringan dan penyaluran bantuan di Sumatera, serta ekspansi seperti penambahan 305 BTS di Bengkulu pascamerger.
Melengkapi penguatan jaringan, XLSMART menawarkan program spesial dari brand SMARTFREN dan AXIS. SMARTFREN meningkatkan manfaat paket Unlimited Nonstop dan meluncurkan Kuota Besar Anti Hangus 150GB, serta program penukaran SmartPoin.
Sementara AXIS menghadirkan A Lifetime Loyalty Program, promo e-wallet, dan bundled OTT streaming seperti VIU, WeTV, CATCHPLAY+, dan KlikFilm dengan skema Buy 1 Get More.
XL Prepaid menawarkan Paket Data Kuota Nataru 11GB dengan harga terjangkau dan Paket Roaming kuota besar 40GB untuk 3 hari ke Malaysia dan Singapura.
XL PRIORITAS menghadirkan paket dengan kuota lebih besar, solusi roaming fleksibel PRIO Pass, serta Paket Umroh Plus yang terjangkau. Dengan persiapan menyeluruh ini, XLSMART berkomitmen memastikan konektivitas digital tetap stabil dan andal bagi seluruh masyarakat selama periode Nataru 2026. (Icha)


