Telko.id – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) telah mengintegrasikan dua Network Operation Center (NOC) miliknya menjadi satu pusat operasional dan monitoring kualitas layanan terpadu, yang disebut Customer Experience & Service Operation Center (CE & SOC).
Pusat komando baru ini berlokasi di Gedung XLSMART Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, dan mulai beroperasi secara terintegrasi sejak Juli 2025.
Langkah ini menjadi tonggak penting dalam fase pasca-merger perusahaan, dengan fokus utama pada menjaga stabilitas jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Direktur & Chief Integration Officer XLSMART, Sanjay Vaghasia, menegaskan bahwa prioritas utama sejak merger adalah menjaga kenyamanan pelanggan di tengah proses integrasi yang intensif.
“Dengan adanya pembaruan dan integrasi dua NOC di dua tempat yang berbeda menjadi satu lokasi ini, mempermudah XLSMART melakukan monitoring dan memastikan jaringan tetap prima, sehingga para pelanggan tidak merasakan dampak negatif dari proses transisi,” ujar Vaghasia.
Integrasi kedua NOC ini berhasil diselesaikan dalam waktu tiga bulan, yang disebut sebagai salah satu integrasi tercepat pasca-merger di industri telekomunikasi Indonesia.
Pusat operasi baru ini mengkonsolidasi semua fungsi pemantauan jaringan, termasuk layanan mobile internet, panggilan suara, SMS, Value Added Service, IoT, corporate services, internet kabel, hingga aplikasi layanan mandiri dan OTT.
Desain CE & SOC yang lebih modern dan terintegrasi dilengkapi dengan fasilitas war room yang memungkinkan koordinasi cepat antar tim fungsional untuk memberikan respon terbaik saat terjadi gangguan jaringan.
Pendekatan ini sejalan dengan tren industri dimana konten cerdas yang prioritas pengalaman pelanggan bakal marak.
CE & SOC juga telah mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) secara signifikan melalui Unified Intelligent Monitoring System.
Sistem ini mengintegrasikan multi vendors system dan tools untuk memonitor pengalaman pelanggan secara real-time.
Fitur-fitur canggih seperti auto demarcation, auto healing, auto rerouting, dan auto balancing memungkinkan penyelesaian masalah jaringan secara otomatis dan lebih cepat, terutama dalam menghadapi insiden skala besar.

Baca Juga:
Direktur & Chief Technology Officer XLSMART, Shurish Subbramaniam, menjelaskan pentingnya pusat komando terpadu ini mengingat basis pelanggan XLSMART yang mencapai lebih dari 82 juta pelanggan tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
“Melalui integrasi di CE & SOC, operasional monitoring menjadi jauh lebih efisien dan mudah dilakukan. Hal ini sangat penting karena kenyamanan pelanggan adalah fokus utama kami,” kata Subbramaniam.
Dengan pusat monitoring ini, setiap potensi gangguan jaringan dapat diantisipasi lebih cepat untuk menjaga dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Pemilihan lokasi BSD sebagai CE & SOC didasarkan pada pertimbangan strategis, infrastruktur setara data center yang krusial untuk kestabilan monitoring, dan akses yang mudah.
Komitmen XLSMART dalam meningkatkan pengalaman pelanggan juga tercermin dari berbagai inisiatif sebelumnya, termasuk program khusus pada Hari Pelanggan Nasional 2025.
Keberhasilan integrasi CE & SOC ini memperkuat posisi XLSMART dalam memberikan layanan telekomunikasi yang andal.
Seperti yang dilakukan operator lain dalam meningkatkan layanan, Telstra juga mengalokasikan dana signifikan untuk pengalaman pelanggan.
XLSMART saat ini melayani lebih dari 82,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia dan berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman digital yang andal serta bernilai tambah bagi masyarakat.

Inisiatif pengalaman pelanggan yang terintegrasi ini semakin menunjukkan pentingnya fokus pada kualitas layanan, sebagaimana tercermin dalam penghargaan yang diterima IOH sebagai Operator of The Year.
XLSMART menegaskan komitmennya untuk mendukung pencapaian visi perusahaan menjadi operator paling dicentai pelanggan dan operator paling efisien di Indonesia, sekaligus menghubungkan masyarakat Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik melalui jaringan yang semakin luas dan modern. (Icha)


