Telko.id – Ekosistem 4G yang terdiri dari Device, Network dan Application, saat ini masih belum terbentuk sempurna. Dari sisi networks, operator sudah cukup banyak mengeluarkan biaya untuk membangun jaringan 4G. Sayang, untuk mengisi ‘jalur cepat’ 4G tersebut kurang didorong oleh keberadaan smartphone yang terjangkau untuk masyarakat. Akibatnya, pertumbuhan 4G, baik dari trafik maupun pengguna masih tergolong lemah. Itu sebabnya, XL menggandeng Bhinneka.com untuk coba dorong pertumbuhan tersebut.
Keduanya sepakat berkerja sama untuk memaksimalkan pertumbuhan dalam penjualan dan melalui kerja sama ini juga dapat mendukung efisiensi operasional XL dan Bhinneka.com. Selanjutnya, kedua pihak akan bersama-sama menjalankan sejumlah program yang mencakup aktivitas penjualan dan marketing. Di antaranya adalah akuisisi pelanggan untuk layanan pasca bayar, meningkatkan penetrasi pengguna 4G, serta penjualan paket bundling smartphone 4G dengn layan XL.
Dasar dari kerja sama ini adalah untuk merespon pertumbuhan penjualan XL di pasar digital, khususnya e-Commerce. Selain itu, kerja sama ini merupakan bagian dari program transformasi XL untuk memaksimalkan penjualan melalui modern channel. Satu hal yang menjadi perhatian XL dalam mengembangkan layanan 4G LTE adalah meningkatkan penetrasi penggunaan smartphone 4G di kalangan pelanggan dan masyarakat pada umumnya.
“Oleh karena itu, kami terus berusaha memberikan jalan dan solusi untuk mempermudah pelanggan agar bisa semakin mudah dalam mendapatkan smartphone 4G. Antara lain untuk keperluan itulah kami berkolaborasi dengan Bhinneka.com,” Titus Dondi, Chief Commercial Officer XL menjelaskan.
Titus menambahkan, Bhinneka.com merupakan mitra yang tepat untuk kerjasama ini, karena pelanggan Bhinneka.com juga tersebar di seluruh Indonesia, yang di antaranya adalah juga pelanggan XL. Selain itu, Bhinneka.com memiliki kemampuan dalam menyediakan berbagai merek dan tipe smartphone 4G, memiliki bucket size terbesar di antara e-Commerce lainya, sekaligus akses kerja sama dengan berbagai bank. Kerja sama ini akan berlangsung hingga 31 Desember 2016 dan sangat mungkin untuk diperpanjang.
Melalui kerja sama ini akan dibuat program-program yang akan memberikan manfaat lebih bagi pelanggan XL saat berbelanja di Bhinneka.com. Misalnya, potongan harga khusus untuk pembelian Paket Data hingga smartphone, termasuk saat peluncuran suatu smartphone model baru. Untuk memudahkan pelanggan dan masyarakat menemukan produk-produk layanan XL, Bhinneka.com juga akan menyediakan halaman website khusus.
Sementara itu, agar pelanggan dan masyarakat luas lebih tertarik membeli produk XL melalui Bhinneka.com, XL akan memberikan penawaran khusus bagi pembelian produk XL di situs belanja online ini. XL juga akan membuat paket-paket bundling smartphone dengan layanan 4G khusus di Bhinneka.com. XL juga akan merekomendasikan Bhinneka.com kepada pelanggan XL sebagai salah satu official partner XL di dunia e-Commerce agar pelanggan dapat merasa lebih nyaman berbelanja online. Tidak ketinggalan, Bhinneka.com akan dapat memanfaatkan fasilitas XL mobile advertising untuk meningkatkan penjualannya.
Sebagai tindak lanjut atas kesepakatan kerja sama yang sudah dibuat ini, kedua pihak akan segera mengimplementasikannya dalam program-program marketing. Dengan demikian, pelanggan dan masyarakat akan segera bisa mendapatkan manfaat dari kerja sama kedua belah pihak. XL sendiri berharap, kerja sama ini bisa membuat pelanggan XL mendapatkan prioritas utama saat membeli produk di Bhinneka.com, terlebih lagi salah satu pelopor e-Commerce ini telah menjadi partner resmi XL. (Icha)