Telko.id – XL Axiata mudik virtual 2020 merupakan program yang mengajak para mitra penjual pulsa yang berada di wilayah Jabodetabek dengan keluarga mereka di kampung halaman untuk melakukan komunikasi secara online. Hal ini dilakukan karena masa pandemic Covid-19 di Indonesia yang belum usai.
Program XL Axiata Mudik Virtual 2020 ini memberikan lebih dari 1400 paket data yang berisikan paket XTRA Combo 5GB+5GB, 30 hari dan Unlimited Turbo. Para peserta program ini bisa memanfaatkan paket data tersebut untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan rekan di kampung secara virtual.
“Mengikuti himbauan pemerintah untuk tidak mudik tahun ini, maka kami menyesuaikan penyelenggaraan mudik bersama dengan cara virtual. Sehingga program tahunan yang merupakan bentuk apresiasi kami terhadap para retailer yang selama ini sudah membantu kami dalam aktifitas penjualan layanan-layanan XL Axiata tetap dapat berjalan. Karena masih dalam situasi pandemi wabah Covid-19, kami memfasilitasinya dengan memberikan paket data khusus untuk membantu rekan-rekan retailer untuk bisa terhubung dan melepas kangen dengan keluarga dan kerabat mereka di kampung meski tahun ini mereka tidak dapat pulang ke kampung dulu,” ungkap David Arcelus Oses Direktur Commerce XL Axiata.
Baca juga : Trafik Layanan Data XL Axiata Melonjak 95% Saat Mudik Lebaran
David menambahkan, program XL Axiata mudik virtual ini diharapkan bisa mendukung dan membantu pemerintah untuk menghimbau warga masyarakat agar tidak mudik, sehingga mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia.
Pada tahun-tahun sebelumnya setiap menjelang Lebaran, melalui program Mudik Bareng, XL Axiata rutin memfasilitasi para mitra penjual pulsa dan produk XL Axiata di wilayah Jabodetabek untuk pulang ke kampung halaman. Tahun lalu, program ini diikuti sebanyak 1300 peserta dengan mengerahkan sebanyak 25 unit bus besar, 10 unit Innova, dan 10 unit mobil Alphard.
Berbagai penyesuaian telah XL Axiata lakukan terkait pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia yang mendorong dicegahnya rutinitas pulang kampung masyarakat menjelang Lebaran. Penyesuaian tersebut antara lain terkait kesiapan jaringan. Penguatan jaringannnya dilakukan di area-area sekitar pemukiman penduduk, agar ketika hari Lebaran masyarakat tetap bisa lancar untuk berkomunikasi dengan keluarga di kampung halaman.
Kapasitas jaringan juga tetap ditingkatkan untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat dan pelanggan menggunakan layanan data yang lebih besar, seperti antara lain video call guna bersilaturahmi, juga mengunduh atau mengirimkan konten-konten video.
Sejak awal berjangkitnya Covid-19 di Indonesia, XL Axiata telah melaksanakan program yang bersifat sosial. Antara lain berupa peluncurkan program gratis akses data 2GB/hari untuk mengakses aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah, website kesehatan pemerintah, e-Learning, saluran daring universitas untuk membantu pelanggan tetap produktif.
Selain itu juga telah diserahkan donasi berupa tunai maupun non-tunai seperti alat pelindung diri (APD), layanan komunikasi gratis untuk petugas mitigasi Covid-19, serta memperkuat jaringan di area sekitar rumah sakit rujukan Covid-19. Total nilai bantuan yang telah diberikan baik tunai maupun non-tunai adalah lebih dari Rp 100 miliar untuk semua program pencegahan Covid-19, termasuk memberikan gratis akses data. (Icha)