spot_img
Latest Phone

Huawei Watch D2, Bisa Pantau Tekanan Darah 24 Jam

Telko.id - Huawei resmi menghadirkan Huawei Watch D2 di...

Yuk Bikin Galaxy Z Flip6 Jadi Stand Out dengan Flipsuit Case

Telko.id - Huawei resmi memperkenalkan Huawei MatePad Pro 12.2-inch,...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20C

Tecno Spark Go 2024

ARTIKEL TERKAIT

Trafik Data XL Naik 24% di Hari Pencoblosan Pemilu 2019

Telko.id, Jakarta –  Trafik layanan data XL Axiata mengalami kenaikan saat momen Pemilu 2019. Kenaikan tertinggi terjadi pada periode antara tanggal 16 – 18 April 2019, yakni sebesar 24%, dibandingkan trafik hari normal.

Selain trafik layanan data yang mengalami kenaikan, lonjakan trafik juga terjadi pada layanan voice sebesar 4%.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, bahwa kenaikan trafik data terutama didorong oleh penggunaan akses ke berbagai saluran berita yang meningkat sebesar 190% dibanding hari normal.

“Akses ke medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter naik 6%, instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya juga meningkat hingga 30%,” kata Tri Wahyuningsih dalam keterangannya, Jumat (19/4/2019).

{Baca juga: Jangkau Area Terluar, XL akan Gunakan Palapa Ring}

Yang menarik, lanjutnya, akses ke games online juga naik signifikan, yaitu sampai 175%. “Sepertinya banyak pelanggan yang memanfaatkan hari libur Pilpres untuk bersantai juga dengan main games,” ujar wanita yang akrab disapa Ayu itu.

Sepanjang periode sehari sebelum dan setelah Pemilu 2019, masyarakat juga sangat antusias mengunggah foto dan video terkait pesta demokrasi yang berlangsung. Ini terlihat dari naiknya data berupa foto dan video yang diunggah melalui berbagai saluran digital naik hingga 7%.

Data menarik lainnya, karena hari Pemilihan Presiden 2019 adalah hari libur dan berdekatan dengan hari libur Paskah dan libur akhir pekan, maka banyak warga yang memilih pulang kampung atau juga berlibur sambil sambil mengikuti pencoblosan.

{Baca juga: Dua Tahun Lagi, XL akan Matikan Jaringan 2G}

Hal ini terlihat dari berpindahnya lokasi pelanggan dari area lokasi awal ke area lain. Khusus pelanggan di area Jabodetabek, paling banyak berpindah ke Jawa Barat.

Tasikmalaya menjadi area tujuan tertinggi pelanggan asal Jabodetabek dengan 17%, Garut 14%, Kuningan dan Indramayu sekitar 10%. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU