Telko.id – SMARTFREN, sebagai bagian dari PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART), memperluas cakupan jaringannya ke berbagai wilayah baru di Indonesia.
Perluasan ini mencakup area yang sebelumnya belum terjangkau, seperti Bengkulu, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sumbawa, dan Nusa Tenggara Timur.
Langkah ini merupakan bagian dari strategi pascamerger untuk memberikan layanan worry-free yang terjangkau dan andal bagi masyarakat.
Chief Marketing Officer SMARTFREN XLSMART, Sukaca Purwokardjono, mengatakan, “SMARTFREN hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan layanan worry-free yang terjangkau.
Dengan perluasan jaringan dan integrasi teknologi, kami menargetkan pertumbuhan pelanggan baru setelah merger, sekaligus memastikan setiap pelanggan merasakan konektivitas yang lebih baik dan stabil di lebih banyak kota di Indonesia.”
Integrasi infrastruktur antara XL dan SMARTFREN telah menghasilkan konektivitas yang lebih luas, stabil, dan handal.
Hal ini memberikan pilihan baru bagi jutaan masyarakat di daerah yang sebelumnya kurang terlayani. XLSMART saat ini melayani lebih dari 82,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia, dengan total BTS mencapai lebih dari 209 ribu pada akhir kuartal kedua 2025, meningkat 28% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Dalam perluasan wilayah ini, SMARTFREN menawarkan produk unggulan UNLIMITED dengan tema Worry-Free. Produk ini memungkinkan pengguna internet tanpa khawatir kuota habis, menjadikannya favorit di kalangan pelanggan.
Selain itu, tersedia paket Nonstop dan beragam pilihan paket kuota. Semua paket layanan yang aktif juga mendapatkan bonus gratis nelpon ke semua nomor SMARTFREN, XL, dan AXIS, memudahkan pelanggan tetap terhubung.

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, SMARTFREN menghadirkan pengalaman baru melalui teknologi digital SARAH, chatbot berbasis AI yang siap membantu pelanggan 24 jam.
Aplikasi mySF juga terus dikembangkan dengan fitur pembayaran instan, konten digital, poin reward, dan promosi eksklusif, dirancang agar pelanggan merasa lebih mudah, nyaman, dan dekat dengan layanan.
SMARTFREN tidak hanya fokus pada produk dan layanan, tetapi juga membangun kedekatan emosional dengan pelanggan. Program seperti SMARTFREN Fun Run yang akan hadir di 35 kota hingga akhir 2025, serta konser Malam 100 Cinta yang menampilkan pagelaran seni budaya karya anak bangsa, menjadi ruang pertemuan antara SMARTFREN dan pelanggan. Aktivitas ini selaras dengan tagline SMARTFREN “100% Untuk Indonesia”.
Secara keseluruhan, XLSMART terus berkomitmen meningkatkan kualitas jaringan dan pengalaman pelanggan. Fondasi infrastruktur yang kuat menjadi kunci untuk menghadirkan layanan yang merata, berkualitas, dan berdaya saing tinggi, mendukung transformasi digital Indonesia. (Icha)