Telko.id – PT. XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) melalui brand SMARTFREN secara resmi memperluas jangkauan layanan 4G LTE dan VoLTE hingga tiga kali lebih luas di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Ekspansi jaringan ini menjangkau hingga Kabupaten Bima, menghadirkan internet cepat, stabil, dan andal untuk mendukung komunikasi warga, pembelajaran daring, layanan publik, pengembangan UMKM, serta promosi pariwisata.
Chief Marketing Officer SMARTFREN XLSMART, Sukaca Purwokardjono, menyatakan perluasan jaringan di NTB merupakan bagian dari komitmen perusahaan menghadirkan pengalaman digital terbaik.
“Dengan jaringan yang lebih luas dan kuat, XLSMART dengan brand SMARTFREN ingin mempercepat akselerasi ekonomi daerah mulai dari UMKM, perdagangan, pendidikan hingga pariwisata agar semakin terkoneksi dan kompetitif,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (10/11/2025).
Peningkatan kapasitas dan cakupan dilakukan secara bertahap. Di Pulau Lombok, penguatan jaringan berfokus pada kawasan Mataram, Cakranegara, Praya, Selong, Tanjung, dan Pemenang.
Sementara di Pulau Sumbawa, pengembangan mencakup Sumbawa Besar, Taliwang, Alas, dan Dompu, termasuk kecamatan-kecamatan di wilayah Bima seperti Woha, Monta, Bolo, Sape, Wera, Belo, Palibelo, dan Lambu.
Peningkatan kapasitas tersebut dibarengi dengan penguatan transmisi atau backhaul untuk menjaga kestabilan layanan di kawasan padat aktivitas.
Ke depan, optimalisasi akan berlanjut ke kecamatan lain dan wilayah sekitar hingga Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Langkah ini sejalan dengan upaya XLSMART mengaktifkan jaringan terintegrasi di Nusa Tenggara yang telah dimulai sebelumnya.
Dari sisi pemanfaatan, perluasan jaringan NTB diprioritaskan pada koridor ekonomi dan destinasi wisata meliputi Kota/Kabupaten Bima, Dompu, Sumbawa, Sumbawa Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, hingga Kota Mataram.
XLSMART menyiapkan coverage andal di jalur logistik, pelabuhan, bandara, kawasan industri, dan sentra UMKM agar transaksi digital, live selling, content creation, hingga layanan publik berbasis aplikasi berjalan mulus.
Baca Juga:
Kolaborasi dengan pemerintah daerah, komunitas, dan pelaku pariwisata turut ditempuh untuk memperluas titik layanan serta memastikan keberlanjutan operasional jaringan di wilayah kepulauan dan perdesaan.
Strategi ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam mendorong transformasi digital yang inklusif, sebagaimana tercermin dalam gerakan #1JutaSisterDigital yang diluncurkan Sisternet Festival 2025.
Pelanggan di NTB kini dapat menikmati paket data Unlimited maupun Kuota, layanan VoLTE dengan kualitas suara jernih yang dapat digunakan bersamaan dengan data, serta panggilan gratis ke semua nomor XL dan AXIS selama paket aktif.
Inovasi ini ditujukan untuk memudahkan pelajar, pekerja, pelaku UMKM, kreator digital, dan keluarga dalam beraktivitas online sehari-hari.
Division Head Brand Communication SMARTFREN XLSMART, Edtine Pamilien Gensana, menambahkan pihaknya juga memperkenalkan Unlimited Suka-Suka, paket internet fleksibel bagi pekerja, pelajar, pelaku UMKM, dan kreator digital agar penggunaan data dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
“Kegiatan Fun Run menjadi ruang kolaborasi sekaligus apresiasi bagi komunitas yang telah menerima kehadiran SMARTFREN,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat, SMARTFREN Fun Run 2025 akan hadir di Kabupaten Bima dengan rute lari 5K, bazar UMKM, panggung hiburan, dan doorprize menarik bersama mitra nasional dan lokal.
Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Chief Marketing Officer SMARTFREN XLSMART, Sukaca Purwokardjono, Division Head Product & ARPU Management SMARTFREN XLSMART, Astiyanto Tri Muktiwibowo, dan Division Head Brand Communication SMARTFREN XLSMART, Edtine Pamilien Gensana.
Saat ini, di seluruh wilayah NTB, jaringan XLSMART didukung lebih dari 5.700 BTS, mayoritas merupakan BTS 4G. XLSMART berkomitmen menghadirkan layanan data dan suara yang cepat, stabil, dan andal melalui penguatan jaringan 4G LTE dan VoLTE, serta kolaborasi dengan berbagai mitra untuk mendorong transformasi digital masyarakat Indonesia.
Perluasan ini menjadi bagian dari strategi perluasan jaringan 4G yang konsisten dari entitas perusahaan.
XLSMART juga telah menyediakan layanan pelanggan di NTB melalui berbagai kanal, antara lain Call Center, Live Chat melalui Website & Aplikasi MySmartfren, MyXL, AXISNET, dan XL Center serta Galeri Smartfren Terdekat.
Dengan tagline “Bersama, Melaju Tanpa Batas”, XLSMART berkomitmen untuk mendorong inklusi digital, mempercepat kemajuan nasional, dan menciptakan nilai jangka panjang bagi Indonesia.


