Telko.id – Telkomsel secara resmi mengumumkan tiga pemenang Kompetisi Riset Nasional 2025 yang diselenggarakan melalui platform survei digital tSurvey dan brand serba digital by.U.
Pengumuman pemenang pada 6 Oktober 2025 ini menandai puncak dari kompetisi yang berhasil menjaring 495 pendaftar mahasiswa S1 dari seluruh Indonesia.
Vice President Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang, menyampaikan apresiasi atas dedikasi peserta. “Kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang yang telah menunjukkan dedikasi dan kualitas riset yang luar biasa. Kompetisi ini menegaskan komitmen Telkomsel lewat tSurvey untuk mendukung mahasiswa menghasilkan riset berbasis data yang akurat dan berdampak,” ujarnya dalam keterangan resmi.
Kompetisi yang mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) ini dirancang untuk mendukung penguatan kapasitas riset akademik yang kredibel.
Program ini juga bertujuan membudayakan praktik riset yang baik melalui pelatihan dan pemanfaatan tSurvey sebagai platform pendukung riset akademik.
Proses seleksi berlangsung ketat dan berjenjang sejak kompetisi dibuka pada Mei 2025. Dari ratusan pendaftar, terpilih 100 peserta terbaik yang mengikuti pelatihan eksklusif “Riset Kuantitatif dengan Online Survey”.
Seleksi kemudian menyaring 10 finalis yang mempresentasikan hasil riset di hadapan dewan juri profesional.

Baca Juga:
Dewan juri terdiri dari Marvin Mahadarma (Head of tSurvey), Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, serta Reza Felix Citra (Litbang Kompas).
Mereka menilai berdasarkan kedalaman analisis, kejelasan metodologi, orisinalitas, dan potensi dampak bagi masyarakat.
Tim dari Institut Teknologi Bandung yang terdiri dari Lukman Al Rasyid, Robincar Tua Tambunan, dan Dzikri Tsabit Imani meraih juara pertama dengan penelitian berjudul “Implementasi Model Persamaan Struktur untuk Mengetahui Pengaruh Iklan Layanan Publik Berbasis Artificial Intelligence (AI) oleh Institusi Pemerintah terhadap Persepsi Masyarakat Indonesia.” Mereka mendapatkan uang tunai Rp20 juta dan e-sertifikat.
Juara kedua diraih oleh Anisa Eka Febrianti, Aveny Raisa Maarif, dan Jihan Afifah Rizki Nabila dari Universitas Airlangga dengan penelitian “Pengaruh Persepsi Risiko Generative AI dan Upaya Adaptabilitas terhadap Kepuasan Finansial Pekerja Gig Digital Artist.” Mereka memperoleh uang tunai Rp15 juta dan e-sertifikat.
Muhammad Feryansyah dari Universitas Asahan meraih juara ketiga dengan penelitian “Beli Sekarang Bayar Nanti Vs Menabung Sekarang Beli Nanti; Dampak Perilaku Konsumtif pada Gen Z.” Ia mendapatkan uang tunai Rp10 juta dan e-sertifikat.
Selain hadiah utama, ketiga pemenang juga memperoleh kesempatan magang di Telkomsel, voucher by.U, dan poin tSurvey.
Tujuh finalis lainnya masing-masing mendapatkan uang tunai Rp500 ribu, e-sertifikat, dan voucher by.U senilai Rp240 ribu.
Perwakilan juara pertama, Lukman Al Rasyid, mengungkapkan manfaat mengikuti kompetisi ini. “Kompetisi ini tidak hanya mempermudah kami dalam mengumpulkan data yang akurat dan sesuai kebutuhan, tetapi juga memperluas wawasan kami mengenai pentingnya riset berbasis data,” ujarnya.
Sebanyak 100 peserta terpilih juga memperoleh tSurvey Points senilai Rp7,5 juta dan akses Kompas.id Digital Premium selama 1 bulan. Program ini merupakan bagian dari komitmen Telkomsel dalam menghadirkan solusi riset yang komprehensif bagi berbagai kalangan.
Keberhasilan kompetisi ini menegaskan posisi tSurvey sebagai solusi Beyond Telco dari Telkomsel yang memberikan nilai tambah bagi dunia pendidikan.
Program ini juga menjadi wujud nyata kontribusi Telkomsel dalam membangun talenta digital dan ekosistem riset Indonesia yang lebih matang dan berdampak.
Platform tSurvey sendiri merupakan bagian dari inisiatif Telkomsel dalam mendukung ekosistem digital Indonesia.
Platform ini memiliki kapabilitas untuk menentukan target responden agar lebih tepat sasaran dengan pemanfaatan telco data insights. Selain untuk segmen akademik, tSurvey dapat mendukung riset yang dilakukan oleh korporasi ataupun pemerintahan.
Informasi lebih lanjut tentang solusi tSurvey untuk kebutuhan riset akademik dapat diakses di tsurvey.id. Kompetisi Riset Nasional 2025 ini menunjukkan antusiasme tinggi generasi muda terhadap riset berbasis data sekaligus memperkuat daya saing bangsa menuju Indonesia Emas 2045. (Icha)