Telko.id – Menyambut momen Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (NARU), Telkomsel menguatkan komitmen #MelayaniSepenuhHati dengan menyiapkan jaringan andal, layanan pelanggan mudah diakses, serta ragam produk dan penawaran spesial untuk mendukung pengalaman digital terbaik masyarakat Indonesia.
Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, menyatakan, “Di momen penuh arti seperti Natal dan Tahun Baru, kami ingin setiap pelanggan merasakan bahwa jaringan Telkomsel selalu siap dan dapat diandalkan. Dengan penguatan jaringan dan teknologi terdepan, kami berkomitmen untuk menjaga kualitas konektivitas agar setiap momen kebersamaan dapat dinikmati dengan lancar.”
Telkomsel memprediksi lonjakan trafik data selama periode NARU, terutama untuk layanan video streaming, social media, dan online gaming.
Untuk mengantisipasi kenaikan data payload tersebut, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan 4G dan 5G di 437 titik keramaian seperti pusat perbelanjaan, jalur mudik, bandara, pelabuhan, area residensial, dan rumah ibadah.
Jaringan 5G Telkomsel tetap tersedia di kota-kota prioritas, didukung dengan total lebih dari 5.000 BTS 5G pada akhir 2025, dan diperkuat dengan teknologi AI Autonomous Network.
Teknologi ini memungkinkan deteksi dini, diagnosis-analisis, identifikasi, notifikasi, hingga penyelesaian gangguan secara otomatis dengan AI di semua Points of Interest (POI).

Distribusi kategori titik keramaian yang menjadi fokus optimalisasi jaringan meliputi Area Khusus (mall, alun-alun) sebanyak 291 titik, Transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun) 58 titik, Rute Mudik (jalur mudik, rest area, SPBU) 20 titik, serta Residensial dan Tempat Ibadah 68 titik. Pemantauan jaringan dilakukan melalui 15 Posko Siaga Network yang tersebar di berbagai lokasi.
Baca Juga:
Proyeksi rerata trafik layanan NARU menunjukkan peningkatan signifikan dibanding rerata hari biasa. Data traffic diprediksi naik 17,9%, SMS traffic meningkat 13,2%, sementara voice traffic mengalami penurunan 0,7%. Peak payload diperkirakan mencapai 76,49 PB.
Untuk layanan digital spesifik, video streaming diproyeksikan mengalami kenaikan tertinggi menjadi 29,7 PB (+28,3%), disusul social media 21,8 PB (+38,1%), communication 11,6 PB (+26,9%), e-commerce 1,9 PB (+43,9%), dan online gaming 1,9 PB (+23,2%).
Agar pelanggan tetap nyaman menikmati konektivitas di rumah, Telkomsel juga berupaya menjaga kualitas layanan internet rumah melalui modernisasi perangkat dan perbaikan proaktif. Modernisasi bertahap modem/ONT dilakukan hingga 50 ribu pengguna kriteria khusus.
Direktur Sales Telkomsel, Stanislaus Susatyo, mengatakan, “Kami berupaya memastikan pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan Telkomsel selama momen spesial Natal dan Tahun Baru mendatang, baik di Posko, GraPARI, digital, ataupun berbagai titik layanan. Semua tim kami siaga untuk melayani sepenuh hati, memberikan pengalaman yang nyaman dan bersahabat untuk semua kalangan.”
Telkomsel menyiapkan layanan selama periode NARU melalui 17 Posko Utama, 13 Posko Reguler, dan 1 Posko Digital di TikTok. Layanan juga tersedia di 437 titik keramaian yang jaringannya telah dioptimalkan.
Periode operasional posko berlangsung dari 1 Desember 2025 hingga 16 Januari 2026 dengan variasi waktu antar posko.
Beberapa posko utama tersebar di berbagai lokasi strategis, termasuk Bandara KNO Deli Serdang, Mikie Funland Brastagi, Jam Gadang Bukittinggi, Bandara SMB II Palembang, Taman Mini Indonesia Indah, Pantai Carita, Summarecon Mall Bekasi, Floating Market Bandung Barat, Malioboro Jogja, Royal Plaza Surabaya, Pantai Kuta, Manado Town Square, Art Center Rantepao, Q Mall Banjarbaru, Duta Mall Palangkaraya, Paragon Mall Sorong, dan Maluku City Mall Ambon.
Aktivitas di Posko Utama dan Posko Reguler meliputi penyediaan produk mobile (SIMPATI, Halo, by.U, eSIM), household (Indihome, EZnet, Orbit), digital lifestyle (music, video, games), layanan pelanggan, penukaran Telkomsel Poin, migrasi kartu SIM/eSIM, bantuan MyTelkomsel, serta berbagai aktivitas digital seperti 5G Experience, Indihome Showcase, dan Digital Lifestyle Activation.
Pelanggan juga tetap dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, website telkomsel.com, GraPARI, Call Center 188, media sosial @Telkomsel, dan puluhan ribu mitra Outlet Siaga. Seperti yang dilakukan Xiaomi dalam memperkuat layanan purna jual, Telkomsel juga berkomitmen memberikan layanan terbaik.
Instalasi strategis GraPARI Express (ATM Self-Service MyGraPARI) dilakukan di sejumlah ruang publik seperti M Bloc Space SIMPATI 5G, Stasiun MRT Blok M BCA, Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, dan Stasiun MRT Bundaran HI.
Layanan ini mempercepat pelayanan mandiri untuk pendaftaran baru, pembelian perdana, bayar tagihan, isi pulsa, ganti dan migrasi kartu SIM, cek pemakaian pascabayar, perbaikan data pelanggan, pengambilan kartu SIM dari GraPARI Online, dan registrasi IMEI.
Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, menyampaikan, “Melalui kampanye Melayani Sepenuh Hati, kami ingin memperkaya momen Natal dan Tahun Baru pelanggan dengan pengalaman digital yang bermanfaat dan relevan. Ini adalah wujud komitmen Telkomsel untuk selalu hadir dan memberikan nilai tambah melalui konektivitas, solusi, dan layanan yang kami sediakan.”
Untuk pelanggan prabayar dan pascabayar (SIMPATI, Halo, by.U), Telkomsel menghadirkan rekomendasi Digital Lifestyle Benefit #TerbaikUntukMu termasuk SIMPATI Nonton dengan akses ke ratusan film/serial favorit di Prime Video, WeTV, Viu, atau Disney+ Hotstar, termasuk kuota hingga 13 GB.
Tersedia juga device bundling iPhone Halo+, penukaran Poin/uCoin ke merchandise, program undian berhadiah dari transaksi paket WeTV, VIU, dan Kuotamasya, serta 5G Experience dan Surprise Deal 5G di GraPARI, posko, dan titik keramaian tertentu.
Layanan internet rumah (IndiHome, EZnet, Orbit) menawarkan Dealsember IndiHome dengan promo diskon turun harga 3 bulan untuk paket tertentu, cashback Rp150.000 untuk pelanggan baru paket Internet + TV, voucher belanja Rp25.000 untuk pendaftaran IndiHome baru di Posko, diskon 50% pasang EZnet Wireless, dan diskon Rp50.000 pembelian Orbit di GraPARI, Posko, dan e-commerce.
Persiapan infrastruktur jaringan yang komprehensif ini mengikuti tren industri telekomunikasi Indonesia, sebagaimana upaya Link Net dalam menjamin kehandalan layanan dan persiapan Telkom menghadapi lonjakan trafik Nataru.
Dengan seluruh persiapan tersebut, Telkomsel berharap dapat melayani sepenuh hati untuk menemani setiap perjalanan dan kebersamaan masyarakat Indonesia di penghujung tahun. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui laman www.telkomsel.com/siaga. (Icha)


