spot_img
Latest Phone

Xiaomi Smart Display Max 100, Layar Pintar Ultra Besar Pertama di Indonesia

Telko.id - Xiaomi Indonesia meluncurkan Xiaomi Smart Display Max...

Garmin Connect, Bisa Rancang Rute Lebih Personal dan Menyenangkan

Telko.id - Dalam aplikasi Garmin Connect terdapat fitur khusus...

Oppo Campus Ambassador, Siapkan Talenta Muda di Bidang Teknologi dan Digital

Telko.id – Oppo Indonesia memperkenalkan program terbaru Oppo Campus...

Huawei Watch D2, Bisa Pantau Tekanan Darah 24 Jam

Telko.id - Huawei resmi menghadirkan Huawei Watch D2 di...

Yuk Bikin Galaxy Z Flip6 Jadi Stand Out dengan Flipsuit Case

Telko.id - Huawei resmi memperkenalkan Huawei MatePad Pro 12.2-inch,...

ARTIKEL TERKAIT

Telkomsel DCE ke-4, Ajak UKM Naik Kelas

Telko.id – Telkomsel kembali menggelar program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) ke-4 dengan tema “Advancing Locals”.

Tujuannya untuk mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia melalui peningkatan keterampilan digital hingga otomatisasi bisnis berbasis AI.

Hal ini selaras dengan komitmen penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di Telkomsel dalam mendorong pemberdayaan UKM, tahun ini DCE menargetkan empat track utama: FashionF&BPersonal Care, dan Craft.

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 8% pada periode 2025-2029, di mana UKM memainkan peran sentral. Dengan lebih dari 62 juta UKM berpotensi menciptakan nilai ekonomi digital hingga Rp 4.531 triliun, program Impact SME Accelerator DCE berupaya mempercepat transformasi UKM lokal agar berdaya saing tinggi dan berpeluang menggerakkan kemajuan.

Baca juga : PosAja! Kini Hadir di MyTelkomsel Super App, Permudah Pelanggan Kirim-kirim

“Pemanfaatan teknologi terkini dan inovasi bisnis telah menjadi kunci bagi UKM beradaptasi dan tumbuh di ekosistem digital yang semakin kompetitif. Melalui program DCE, Telkomsel mendukung peningkatan daya saing dan kapabilitas digital UKM,” kata Saki Hamsat Bramono, Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel menjelaskan.

Menurut Saki dengan membekali UKM dengan literasi dan keterampilan digital yang relevan maka pelaku usaha lokal bisa semakin mengoptimalkan peluang pasar, baik di tingkat nasional maupun global, sekaligus mendorong terciptanya dampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Program DCE ke-4 sendiri menghadirkan sejumlah inovasi baru, seperti Kurikulum otomasi bisnis berbasis AI. Dimana para UKM akan diberikan bekal tentang strategi implementasi teknologi otomatisasi dalam operasional bisnis, penjualan, dan supply chain.

Kemudian juga kan diberikan terkait Kolaborasi Ekosistem Digital, cara memaksimalkan potensi UKM melalui integrasi layanan digital unggulan Telkomsel.

Lalu ada Local Brand Benchmarking, dimana para UKM akan visit inspiratif ke brand lokal sukses sebagai studi kasus pengembangan bisnis.

Selanjutnya akan ada Bootcamp Interaktif: Lokakarya dan praktik langsung untuk menjawab tantangan bisnis mempercepat pertumbuhan UKM.

Dan Speed Consulting dengan Pakar: Konsultasi langsung bersama pakar industri untuk solusi permasalahan bisnis secara spesifik.

Tahapan Program DCE ke-4:

  1. Onboarding: Pengenalan ekosistem digital kepada 400 peserta terpilih.
  2. Pitching Tracks: Penilaian business plan untuk memilih 32 peserta terbaik.
  3. DCE Academy: Peningkatan keterampilan strategis dan kreatif untuk 12 peserta terpilih.
  4. Final Pitching & Awarding: Penentuan peserta terbaik di masing-masing track.

Pendaftaran DCE ke-4 dibuka sampai dengan 21 Februari 2025, dengan Kick-Off di Bandung (19 Desember 2024), dan dilanjutkan dengan Roadshow di Malang (16 Januari 2025), Medan (23 Januari 2025), Makassar (6 Februari 2025).

Sejak 2021, program DCE telah melibatkan 4.608 UKM di Indonesia, mendukung perkembangan 650 alumni, dan mencetak 14 UKM terbaik yang kini terus berkarya di tingkat nasional maupun global. (Icha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU