Telko.id – Digitalisasi bagi UKM memang tidak bisa dilakukan sendiri. Harus banyak pihak yang membantu untuk menyediakan berbagai solusinya agar menjadi lebih efektif dan proses digitalisasi pun dapat lebih cepat. Untuk membantu UKM, Telkomsel pun melakukan kolaborasi dengan Distribusi Voucher Nusantara (DIVA), anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS).
Kerjasama tersebut adalah untuk memberikan solusi dari TELKOMSEL myBusiness kepada pelanggan di segmen Small Medium Enterprise (SME). Bentuk kerjasama tersebut berupa solusi Kasir Digital, yang disebut T-Kiosk yaitu sebuah layanan aplikasi Electronic Data Capture (EDC) berbasis android yang multi-fungsi.
“Kerjasama dengan DIVA ini memperluas jalinan kemitraan kami sampai dengan tingkat SME akar rumput (grass root). Kerjasama ini sejalan dengan misi kami untuk memperkuat penetrasi Device, Network dan Application (DNA). Dalam mendorong penetrasi DNA tersebut memerlukan langkah nyata dan strategi bersama yang melibatkan berbagai pihak termasuk pelanggan segmen Small Medium Enterprise (SME),” kata Sukardi Silalahi, Direktur Sales Telkomsel.
Saat ini, Telkomsel sudah menyediakan 200 dedicated account manager nasional yang siap melayani pelanggan Small Medium Enterprise dan Large Enterprise. Dan, sudah lebih dari 30.000 account SME di Indonesia yang telah bermitra dengan Telkomsel.
“Dengan dukungan teknologi serta keunggulan layanan seluler Telkomsel membuktikan bahwa Telkomsel merupakan mitra yang tepat dalam mewujudkan produktivitas dan efisiensi segmen SME dalam menjalankan usahanya,” lanjut Sukardi.
Berbeda dengan mesin EDC yang pada umumnya hanya berfungsi sebagai terminal pembayaran, aplikasi T-Kiosk memiliki banyak fungsi antara lain untuk melakukan distribusi produk digital, update produk, laporan penjualan, laporan keuangan, dan lainnya.
Aplikasi T-Kiosk akan dapat digunakan oleh pelanggan segmen SME pada November 2018. Dalam pengoperasiannya, pengguna dapat mendaftar melalui Telkomsel melalui Account Manager atau agen-agen yang telah ditunjuk sebagai penyedia layanan.
Pengguna aplikasi T-Kiosk akan mendapatkan benefit antara lain paket internet 2GB untuk koneksi Diva Smart Outlet ke server aplikasi dan penggunaan Diva Smart Outlet. Pilihan lainnya adalah dengan melakukan registrasi untuk akses ke Diva Intelligent Instant Messaging (instant messaging for business) setiap bulannya selama 12 bulan dan mendapatkan keuntungan yang sama seperti di atas.
Untuk proses pembayaran selain dapat menggunakan digital payment dari Telkomsel yaitu TCASH, T-Kiosk ini juga dilengkapi dengan fasilitas pembayaran non tunai baik untuk Debit Card maupun Credit Card, Contactless Card untuk kartu e-money, QR Payment, serta dapat mengeluarkan struk sebagai bukti pembayaran atas transaksi.
Kelebihan lain yang ditawarkan adalah kemudahan dalam pengoperasiannya. Oleh karena itu, T-Kiosk dapat menjadi solusi penjualan yang lengkap, praktis dan handal bagi pelanggan segmen SME.
“Sebagai digital business converter & accelerator, DIVA menargetkan untuk memodernisasi dan melengkapi SME di Indonesia dengan teknologi dan berbagai produk inovatif baik digital maupun non-digital yang dapat meningkatkan daya saing UMKM,” kata Martin Suharlie, Komisaris Utama DIVA dan Direktur Utama MCAS.
Martin menambahkan bahwa DIVA yakin dapat mendorong pertumbuhan UKM dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mendigitalkan 8 Juta SME di tahun 2020. Dengan aplikasi T-Kiosk, khususnya untuk segmen SME, ini maka UKM pun dapat menjadi perusahaan hi-tech penyedia platform digital dan solusi Artificial Intelligence (AI) untuk memberdayakan dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. (Icha)