Telko.id – Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah RI untuk beraktifitas dari rumah, Telkomsel pun mencatat lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband tertinggi mencapai 16%.
Lonjakan tertinggi adalah penggunaan aplikasi belajar berbasis daring atau edutech atau sering disebut juga dengan e-learning. Pertumbuhannya mencapai lebih dari 5040%. Aplikasi yang digunakan seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, lalu situs e-learning Kampus dan Google Classroom.
“Hal tersebut juga didorong dari bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB yang dihadirkan Telkomsel seperti aplikasi RuangGuru dan aplikasi Paket Ilmupedia (Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus),” ungkap Setyanto Hantoro – Direktur Utama Telkomsel.
Selain edutech, peningkatan juga terjadi pada pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja/meeting conference secara daring seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443%.
Sebelumnya, sebagai bentuk dukungan untuk segmen pelanggan korporasi yang ingin terus produktif dalam menjalankan pekerjaan dari rumah, Telkomsel telah menghadirkan kemudahan proses bekerja secara daring melalui paket bebas kuota data hingga 60GB untuk akses aplikasi CloudX Telkomsel yang merupakan solusi bisnis korporasi dalam bentuk layanan komunikasi berbasis cloud untuk chatting dan meeting yang dapat diakses melalui tablet, handphone dan desktop.
Baca juga : Ekosistem Digital Telkomsel Dikerahkan Demi #DiRumahTerusMaju
Sejak diluncurkan pertama kali pada bulan Januari 2020, jumlah perusahaan yang menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel tumbuh sebesar 2100%.
Telkomsel mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. Namun untuk trafik layanan komunikasi pesan instan (melalui Whatsapp, Line, dan Telegram) tumbuh sebesar 40%, dan Games Online meningkat sebesar 34%.
Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif game portal & media platform milik Telkomsel, Dunia Games sebesar 56% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.
Untuk layanan hiburan seperti streaming video seperti melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17%. Lonjakan tersebut juga didukung dengan tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18% dibandingkan bulan sebelumnya.
Untuk mengantisipasi tingginya minat pelanggan dalam mengakses layanan MAXstream, Telkomsel telah menyediakan paket MAXstream Gala Plus, yang memungkinkan pelanggan dalam menikmati kuota besar untuk menonton berbagai konten di MAXstream.
Dalam memastikan kualitas jaringan yang prima di wilayah residensial, Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Sakit Darurat COVID-19, Telkomsel juga telah melakukan antisipasi dengan mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz, yang sudah tersedia di seluruh BTS yang menjangkau kawasan tersebut.
“Sebagai komitmen hadir berdampingan dengan Pemerintah RI, Telkomsel bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Satuan Gugus Tugas COVID-19, turut membantu dengan penyediaan layanan broadcast SMS untuk penyebaran informasi terkini yang berkaitan dengan himbauan serta edukasi guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaraan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia,” ungkap Setyanto, menambahkan.
Setyanto menambahkan bahwa “Seluruh upaya tersebut merupakan bentuk nyata komitmen Telkomsel untuk bergotong royong bersama seluruh pemangku kepentingan dan mitra strategis lainnya dalam memberikan layanan terdepan untuk masyarakat Indonesia”.
Kolaborasi tersebut juga diperkuat melalui gerakan program #DiRumahTerusMaju yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat khususnya pelanggan setia Telkomsel dalam menghadapi masa penuh tantangan ini. Telkomsel percaya, bersama kita akan lebih kuat dalam menjaga Indonesia. (Icha)