Telko.id – Telkomsel kembali menggelar rangkaian aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR)-nya, yakni Program Internet BAIK. Program ini bertujuan mendorong pemanfaatan internet dan media sosial secara Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif (BAIK).
Program ini juga untuk meningkatkan literasi digital ini mengajak kalangan guru dan tenaga pendidik, orang tua, pelajar setingkat SMP dan SMA, hingga masyarakat umum.
Dengan mendorong tema ‘Inspire, Be Creative, Be Positive’, Program Internet BAIK Series 7 akan menggelar kegiatan edukasi di empat lokasi, yaitu Karawang (14/2), Bandar Lampung (28/2), Makassar (7/3), dan Yogyakarta (20/5).
Program ini juga menjadi salah satu upaya Telkomsel dalam mendukung gerakan nasional SiBerkreasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia untuk meminimalisir penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying, dan online radicalism.
Berdasarkan laporan hasil pengukuran indeks literasi digital Indonesia tahun 2022 oleh Kemenkominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), tingkat literasi digital Indonesia berada di 3,54 poin dari skala 1-5, yang berarti ‘sedang’.
Angka ini adalah suatu indikasi bahwa ada potensi peningkatan, khususnya pada beberapa aspek yang pemerintah gariskan, mulai dari digital skills, digital ethics, digital safety, sampai dengan digital culture.
“Program Internet BAIK secara khusus Telkomsel hadirkan untuk mendukung tercapainya peningkatan tersebut, mulai dari mikrosistem pelajar, teman sebaya, guru, dan orang tua yang dapat saling menginspirasi dan mempengaruhi secara positif,” kata Saki H. Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel.
Dalam pelaksanaan tahun ketujuhnya, para peserta program ini akan diajak untuk menciptakan konten yang positif secara efektif.
Sebagai upaya pembentukan karakter generasi muda yang kreatif dan inspiratif dalam berinternet dan bermedia sosial, program ini akan melangsungkan serangkaian kegiatan edukasi berupa seminar, online training, online competition, dan awarding.
Untuk seminar akan berlangsung di Karawang pada 14 Februari 2023 dan akan berlanjut di Bandar Lampung pada 28 Februari 2023, Makassar pada 7 Maret 2023, dan Yogyakarta pada 20 Mei 2023 dengan bahasan seputar digital parenting, digital literacy, dan content creation.
Selanjutnya, peserta seminar akan mengikuti Online Training dengan metode synchronous & asynchronous learning, project-based learning, dan online assistance terkait fundamental penggunaan internet secara kreatif dan inspiratif.
Adapun berbagai Kelas Online Training ini telah disesuaikan dengan kebutuhan tiap segmen peserta, seperti Kelas Creative Educator untuk segmen peserta guru, pengajar, dan tenaga pendidik; Kelas Creative Parent untuk segmen orang tua, wali, dan komunitas; serta Kelas Creative Student untuk segmen siswa setingkat SMP dan SMA.
Para peserta nantinya juga berkesempatan untuk memperebutkan beragam hadiah total senilai Rp 22.500.000 melalui Online Competition.
Dalam kompetisi tersebut, para peserta dapat membuat konten video dan film pendek pada Kategori Creative Educator Heroes, Creative Family Heroes, Creative Junior Student Heroes, dan Creative High Student Heroes.
Bertepatan dengan hari seminar terakhir di Yogyakarta, akan mengumumkan pemenang online competition pada sebuah awarding session.
Pendaftaran
Untuk mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan dan berkompetisi dalam program ini, para peserta perlu mendaftarkan diri pada Forum Jagoan Internet BAIK yang menjadi pusat rangkaian aktivitas dan sumber materi pembelajaran digital para peserta.
Pendaftaran dapat diakses melalui laman situs internetBAIK.id dan segera melalui Aplikasi Internet BAIK, hingga satu hari menjelang pelaksanaan seminar Internet BAIK di tiap lokasi.
Sepanjang pelaksanaannya, program ini telah menjangkau hingga 27 kota/kabupaten, 84 sekolah, lebih dari 5.800 orang tua dan guru, lebih dari 6.700 pelajar, dan mencetak lebih dari 1.600 duta Internet BAIK.
“Telkomsel menyadari bahwa tingkat penetrasi internet Indonesia yang semakin tinggi hingga 77,02 persen pada 2022 perlu diimbangi dengan kekuatan pondasi karakter pengguna digital yang kokoh,” ungkap Saki.
Melalui Program ini, Telkomsel berupaya mewujudkan generasi muda kreatif dan inspiratif yang dapat berkarya dan menciptakan konten positif secara efektif. (Icha)