Telko.id – Indihome dan Telkomsel kolaborasi dengan Netflix. Kerjasama ini diharapkan bisa menambah pertumbuhan pelanggan Telkom Group melalui Telkomsel dan Indihome.
Kedua anak perusahaan dari Telkom Group tersebut diketahui meresmikan kerjasama dua pihak dengan menyediakan beragam bundling paket menonton Netflix, Senin (18/4).
Dengan kerjasama ini, pelanggan IndiHome dan Telkomsel pun bisa mengakses Netflix melalui berbagai perangkat mulai dari TV, laptop, smartphone, dan tablet.
Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana menambahkan dengan adanya Telkomsel kolaborasi dengan Netflix ini diharapkan setidaknya ada tambahan 5 juta pelanggan lain untuk menggunakan Telkomsel.
“Sekarang ada 7 juta pengguna, paling tidak ada 5 juta lain yang mungkin berharap ada paket ini [bundling Telkomsel x Netflix]. Yang sekarang kita coba berdayakan 5 juta ini,” ucapnya, dalam konferensi pers, Senin (18/4).
Ia juga memastikan tidak ada tumpang tindih keberadaan Netflix dengan produk serupa lain yang juga berkolaborasi dengan Telkomsel.
“Tidak ada terjadi tumpang tindih dengan partner kami yang lain karena semua tergantung dengan pilihan konsumen. Dan kami menyediakan apa yang dibutuhkan konsumen,” kata Nirwan.
Diketahui, Telkomsel sudah lebih dulu menggandeng layanan video streaming kompetitor Netflix, Disney+, dan menyediakan langganan di aplikasinya.
Telkomsel kolaborasi dengan Netflix ini ada yang baru. Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, mengatakan, pelanggan Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo, baik itu pelanggan baru maupun eksisting bisa berlangganan Netflix dengan pulsa.
“Pelanggan Telkomsel bisa berlangganan Netflix tiap bulan tanpa perlu menggunakan kartu kredit. Cukup mengaktifkan paket bundling langganan Netflix yang juga menyediakan kuota data Telkomsel,” kata Derrick dalam pengumuman kerja sama TelkomGroup dan Netflix yang digelar daring, Senin (18/4/2022).
Derrick mengatakan, langganan Netflix melalui paket Telkomsel hanya perlu dilakukan dengan mengaktifkan paket bundling yang juga menyediakan kuota data Telkomsel.
Telkomsel sendiri menyediakan berbagai varian paket bundling kuota data dan berlangganan bulanan usai kerja sama dengan Netflix. Harga terendah adalah Rp62 ribu yang dipotong dari pulsa, dan mendapatkan tambahan paket kuota data MAXstream sebesar 6GB. Paket ini hanya untuk ponsel dan tablet.
Kedua, paket Basic sebesar Rp 137.500. Dengan paket ini pelanggan juga mendapat kuota Maxstream 6GB yang bisa dipakai akses Netflix di satu layar (smartphone/tablet dan TV) dengan kualitas SD. Pada bulan pertama, pelanggan juga mendapat tambahan kuota Netflix 10GB.
Ada pula paket Standard sebesar Rp 175.000 yang memungkinkan dua layar mengakses Netflix bersamaan, dengan kualitas HD. Paket ini menawarkan kuota Maxstream 6GB per bulan, ditambah kuota Netflix 15GB untuk bulan pertama.
Terakhir paket Premium dengan harga Rp 213.000. Dengan paket ini empat layar bisa mengakses Netflix secara bersamaan dengan kualitas HD. Pelanggan juga mendapatkan kuota Maxstream 6GB per bulan serta tambahan 20GB kuota Netflix untuk bulan pertama.
Paket berlangganan Netflix ini bisa didapatkan dengan pembelian paket menggunakan pulsa dan mengaktifkannya melalui layanan MyTelkomsel.
“Keunggulan paket bundling bersama Netflix ini akan semakin diperkuat dengan komitmen Telkomsel dalam mengoptimalkan kapabilitas jaringan broadband terdepan untuk memastikan kenyamanan aktivitas digital pelanggan,” kata Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng.
Untuk Indihome, saat ini tersedia dua paket langganan bundling Netflix. Pertama paket 50 Mbps seharga Rp 615 ribu per bulan. Kedua ada paket 100Mbps dengan harga Rp 965 ribu per bulan. Paket ini juga berlaku untuk pelanggan lama IndiHome yang ingin melakukan penggantian ke paket baru.
Sementara untuk pelanggan lama, Indihome riwayat dan profil Netflix-nya akan dihubungkan dengan paket IndiHome. Caranya pelanggan wajib memasukkan detail login akun Netflix agar dapat menikmati tayangannya.
“Kolaborasi dengan Netflix menjadi salah satu konsep IndiHome dalam mewujudkan Window of Entertainment bagi para pelanggan”, ujar Direktur Consumer Service Telkom, Venusiana.
Di sisi lain, Vice President Business Development APAC, Netflix, Tony Zameczkowski mengungkapkan kerja sama dengan Telkomsel dan Indihome merupakan pencapaian baru bagi Netflix dan TelkomGroup di Indonesia.
“Kami memiliki komitmen untuk selalu meningkatkan pengalaman menonton para pelanggan kami dan kemitraan ini akan menjadi pilihan baru bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati tayangan terbaik kami,” jelas Tony.
Kerjasama ini juga membuka peluang pelanggan Netflix dapat menyaksikan karya Indonesia seperti Ali & Ratu Ratu Queens atau Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Ada pula drama Korea seperti Twenty Five Twenty One dan Our Blues, maupun tayangan Hollywood seperti Bridgerton dan Stranger Things. (Icha)