Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) baru saja menyelenggarakan Roadshow GoZero% Goes to Bandung pada 18-19 September 2025.
Acara bertajuk “Manage Waste, Manifest Change” ini menjadi wadah bagi karyawan TelkomGroup Regional II untuk menampilkan inovasi dalam pengolahan sampah, sejalan dengan komitmen perusahaan dalam penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).
Sebagai puncak acara, GoZero% Innovation Festival diadakan sebagai kompetisi internal. Festival ini mempertemukan delapan tim karyawan yang menghadirkan ide-ide segar dan solusi nyata untuk masalah sampah.
“Bahwa selama ini, sampah menjadi masalah di berbagai kota besar yang membutuhkan inovasi dan peran serta berbagai pihak untuk menyelesaikannya,” ujar VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto dalam sambutannya, menegaskan urgensi dari inisiatif ini.
Komitmen Telkom terhadap pembangunan berkelanjutan semakin nyata melalui program GoZero% yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.
Inisiatif di Bandung ini berfokus khusus pada upaya pengelolaan lingkungan berkelanjutan, mencerminkan visi jangka panjang perusahaan.
Baca Juga:

Inovasi Unggulan Para Pemenang
Dari delapan tim yang berpartisipasi, tiga inovasi berhasil meraih penghargaan. EcoQuest keluar sebagai Juara Pertama dengan platform pengelolaan sampah berbasis circular economy.
Inovasi mereka menampilkan Smart Bin berteknologi kamera untuk object detection dan face recognition, dilengkapi aplikasi all-in-one yang mencakup awareness, reward point, hingga distribusi sampah.
Posisi Juara Kedua diraih oleh Greenti melalui program green office. Tim ini menggalakkan kampanye pengumpulan sampah, pembuatan biopori, dan vertical garden dari sampah.
Sementara itu, Juara Ketiga diperoleh Forth yang menghadirkan inovasi daur ulang kabel fiber optik bekas menjadi material pembelajaran dan pelatihan.
Ketiga ide pemenang tersebut menunjukkan semangat GoZero% dalam mendorong pemanfaatan berkelutan di lingkungan kantor dan masyarakat.
Seperti yang juga terlihat dalam kompetisi inovasi lainnya di Indonesia, kolaborasi dan kreativitas menjadi kunci utama dalam mencari solusi atas permasalahan lingkungan.
Visi Keberlanjutan Jangka Panjang Telkom
SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza menekankan bahwa inisiatif GoZero% Bandung bukan sekadar program tambahan.
“Inisiatif ini adalah salah satu bukti nyata bagaimana implementasi program ESG Telkom bukan hanya sekedar pelengkap, tapi suatu program berkelanjutan dengan dampak positif yang terukur,” ungkap Reza.
Dengan mindset tumbuh bersama, Telkom berkomitmen untuk turut menjaga kelestarian lingkungan di masa depan untuk generasi mendatang.
Program ini merupakan bagian dari rangkaian keberlanjutan Telkom di berbagai daerah, yang memperkuat posisi ESG sebagai fondasi utama untuk transformasi digital nasional.
Melalui GoZero% Bandung, Telkom menegaskan komitmennya dalam memperkuat implementasi ESG, khususnya di bidang lingkungan.
Dengan semangat kolaborasi, perusahaan berharap program ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk bersama-sama mengurangi sampah, menjaga kelestarian lingkungan, serta menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi Indonesia. (Icha)