Telko.id – Telkom dan Netflix akhir nya ‘damai’ dengan diumumkannya kemitraan diantara kedua nya. Ke depannya, konsumen pun menikmati layanan hasil kerja sama kedua nya melalui IndiHome dan Telkomsel.
Sebelumnya, Telkom Group sempat memblokir layanan Netlfix sejak tahun 2016 hingga Juli 2020 lalu. Alasannya, konten pada layanan video streaming di Netflix itu tidak memenuhi regulasi di Indonesia, seperti adanya konten berbau pornografi.
Kini, kedua pihak sudah sepakat untuk mengeksplorasi kerja sama jaringan yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman hiburan digital terbaik bagi pelanggan di Indonesia.
“Telkom dan Netflix telah melakukan serangkaian diskusi produktif untuk memahami satu sama lain bahwa pengalaman konsumen merupakan prioritas bersama. Layanan video streaming dapat mendominasi konsumsi bandwidth hingga 70% dari total trafik internet, sehingga Telkom secara kontinyu meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi kenaikan traffic video streaming,” ungkap Dian Rachmawan, Direktur Wholesale & International Service Telkom.
Dian menambahkan bahwa dengan adanya kerja sama ini akan meningkatkan kualitas layanan dibandingkan dengan yang dimiliki saat ini dan akan secara positif berdampak pada optimasi bandwidth domestik. Ke depannya, semua pelanggan Telkom dan Telkomsel di Indonesia akan dapat menikmati layanan berkualitas premium hasil dari kerja sama keduanya.
VP Business Development Netflix, Tony Zameczkowski mengatakan, “Kemitraan kami dengan Telkom akan memudahkan konsumen untuk berlangganan Netflix dan menikmati video streaming berkualitas tinggi di jaringan Telkom, yang merupakan jaringan terbesar di Indonesia. Kami berharap dapat menghibur lebih banyak penikmat hiburan di Indonesia melalui berbagai tayangan berkualitas Netflix, mulai dari serial, dokumenter, stand-up, konten untuk anak-anak, film hingga konten lokal di jaringan Telkom.”
Kolaborasi ini diharapkan akan menghadirkan pengalaman hiburan digital terbaik melalui konten-konten berkualitas. (Icha)