Telko.id – IndiHome, penyedia layanan internet bagian dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, menargetkan target pelanggan sepanjang tahun 2023 di angka 10,2 juta pelanggan.
Menurut Vice President Marketing Management Telkom Indonesia E. Kurniawan target tersebut masih sangat masuk akal untuk dicapai.
“Ada kajian yang mengatakan target moderat 600 ribu pelanggan baru tahun ini. Namun sepanjang Desember (2022) hingga Februari ini ada tren peningkatan yang signifikan sehingga bisa melebihi ekspektasi tersebut,” kata E. Kurniawan dalam Tech & Telco Outlook 2023 di CNBC Indonesia, 14 Februari 2023.
Tren positif tersebut, kata Kurniawan, terlihat pada peningkatan jumlah pelanggan baru harian IndiHome.
Jika pada setahun terakhir jumlah penambahan rata-rata pelanggan harian IndiHome berjumlah 3-4 ribu perhari. Dua bulan terakhir ini peningkatan jumlah pelanggan baru IndiHome per hari stabil di angka 4.700.
“Tanda-tandanya tren kebutuhan internet 2023 terus meningkat. Karena itu kami optimistis bisa mencapai target 10,2 juta pelanggan pada akhir tahun,” kata E. Kurniawan.
Saat ini total pelanggan IndiHome telah mencapai 9,2 juta, dan akan terus meningkat seiring tingginya minat pada fixed broadband.
Dia optimistis penambahan lebih dari 1 juta pelanggan bisa tercapai, karena penetrasi internet fixed broadband masih kecil di Indonesia. Edie menyebutkan, berdasarkan survei McKinsey baru 15% pelanggan dari fixed broadband di Indonesia.
“Jadi masih sangat kecil dibandingkan potensinya, masih ada 50 jutaan hingga 70 jutaan pelanggan. Di 2023 hingga 2027 kami masih cukup signifikan untuk bisnis broadband,” kata dia.
Selain peningkatan jumlah pelanggan baru harian, optimisme ini juga diperkuat dengan kajian survey dari McKinsey dan AT Kearney yang memproyeksikan pangsa pasar fixed broadband di Tanah Air baru tergarap 15 persen.
Rujukan tersebut menunjukkan potensi ceruk pasar masih sangat luas. Potensi besar tersebut akan menjadi kesempatan sekaligus menjadi tantangan IndiHome.
Karena itu untuk bisa mencapai target tersebut, IndiHome memastikan akan terus meningkatkan kinerja, pelayanan, hingga penyajian produknya kepada masyarakat.
Penetrasi jangkauan IndiHome yang hingga akhir tahun sudah mencapai 97% nasional misalnya akan terus diperluas hingga bisa mencapai 100 persen menyentuh 415 titik kota/kabupaten.
Dari sisi produk juga akan terus diperbanyak sesuai dengan kebutuhan masyarakat ke depannya. Begitu juga kestabilan koneksi yang akan diperkuat dengan teknologi fixed wireless hingga satelit.
“Tentunya semua layanan tersebut juga akan memikirkan tingkat efisiensi bagi pengguna,” ujar Kurniawan. (Icha)