spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...

ARTIKEL TERKAIT

PaDi UMKM Gelar PBFS 2025, Cetak Transaksi Rp993 Miliar

Telko.id – Platform digital PaDi UMKM dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menggelar ajang kolaborasi bisnis tahunan, PaDi Business Forum & Showcase (PBFS) 2025.

Acara yang berlangsung pada 10 Desember 2025 di The Gade Tower, Jakarta Pusat, berhasil mencatatkan nilai transaksi mencapai Rp993,03 miliar.

Gelaran ketiga ini mengusung tema “Inspire, Connect, Empower” dan dihadiri oleh 70 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta 25 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Direktur IT Digital Telkom, Faizal Rochmad Djoemadi, dalam sambutannya menyoroti perkembangan PaDi UMKM yang kini telah bertransformasi dari sekadar marketplace menjadi ekosistem digital yang lengkap.

“Selama 5 Tahun PaDi UMKM terus berkembang, berawal dari marketplace kini sudah menjadi sebuah ekosistem digital yang lengkap. Kedepannya kami berkomitmen untuk terus berinovasi menciptakan fitur yang tidak hanya mempermudah proses pengadaan, namun juga tetap selaras dengan Tata Kelola Perusahaan yang baik,” ujarnya.

Faizal menambahkan, dengan dukungan Danantara dan BP BUMN, PaDi UMKM bertujuan menjadi ekosistem digital yang berpihak kepada UMKM dan produk lokal melalui sistem yang transparan dan efisien.

Senior Director Chief Marketing Officer Danantara, Dendi T. Danianto, menekankan pentingnya transformasi budaya layanan.

“Melalui penerapan #MelayaniSepenuhHati, PaDi UMKM tidak lagi sekadar marketplace, tetapi bergerak menuju ekosistem layanan yang menghadirkan pengalaman bisnis yang lebih mudah, andal, dan responsif bagi UMKM,” kata Dendi.

Ia menegaskan bahwa PaDi UMKM harus siap menjadi National B2B Catalyst yang mencerminkan semangat ‘Layanan Bangsa’ dengan memperbaiki pain points dan memperkuat koneksi emosional antar pelaku ekonomi.

Rangkaian Kegiatan dan Kolaborasi Strategis

PBFS 2025 menghadirkan beragam kegiatan yang dirancang untuk memfasilitasi transaksi dan pertukaran ide. Salah satunya adalah sesi Speed Business Dating, yang mempertemukan penjual dan pembeli secara satu lawan satu untuk mempercepat proses negosiasi.

Selain itu, diselenggarakan juga talkshow bertajuk “Penguatan Tata Kelola Pengadaan melalui Jaminan Pelaksanaan” yang menghadirkan pembicara seperti Chief Economist Bank Rakyat Indonesia Anton Hendranata, Kepala Divisi Pengadaan & Logistik Pegadaian Ismanto, dan Branch Manager Jakarta Cikini Asuransi Kredit Indonesia M Abdul Iwan Siswandono.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah tamu undangan penting, di antaranya Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM BP BUMN Loto Srinaita Ginting, Senior Executive Vice President General Affairs Pegadaian Zulfan Adam, VP GSPS Telkom Arfianto Ramadhian, dan Senior Principal Expert Government and Danantara Digitalization Telkom Sandhy Widyasthana. Kehadiran mereka menguatkan komitmen multisektor dalam mendukung digitalisasi pengadaan.

Showcase Produk dan Sesi Tawaria yang Interaktif

Selama acara berlangsung, area showcase dipadati oleh pelaku usaha dari berbagai kategori, seperti alat tulis kantor (ATK), makanan & minuman, elektronik, dan fashion.

Beberapa peserta yang terlibat antara lain Diva Sinergi Adipradana, The British Institute (TBI), PT Inti Kesles Nusantara, Mejikuhibiniu, Rendang Mamaden, PT Aseli Dagadu Djokdja, dan Liberty Society. Keberagaman produk ini menunjukkan luasnya cakupan ekosistem PaDi UMKM.

Sesi spesial bernama Tawaria juga menjadi highlight. Sesi lelang dengan mekanisme transparan dan interaktif ini tidak hanya meningkatkan peluang transaksi retail, tetapi juga mendorong terwujudnya kolaborasi yang saling menguntungkan serta memperkuat kepercayaan antar pelaku bisnis.

Inovasi semacam ini sejalan dengan upaya PaDi UMKM dalam menyediakan solusi lengkap, termasuk melalui fitur Invoice Financing untuk mengatasi kendala cash flow.

Apresiasi untuk BUMN dengan Transaksi Tertinggi

Sebagai bentuk apresiasi, PaDi UMKM memberikan penghargaan kepada BUMN dengan volume transaksi tertinggi selama periode 1 November hingga 10 Desember 2025.

Penghargaan ini dibagi dalam tiga tipe berdasarkan klasifikasi tertentu. Untuk Tipe A, peringkat pertama diraih oleh Pertamina dengan transaksi Rp328 miliar, disusul Telkom (Rp90,8 miliar), dan Mandiri (Rp85,8 miliar).

Pada kategori Tipe B, Semen Indonesia Group (SIG) berada di posisi teratas dengan nilai Rp73,3 miliar, diikuti Pelindo (Rp62,9 miliar), dan Pegadaian (Rp37,6 miliar).

Sementara untuk Tipe C, AirNav Indonesia memimpin dengan transaksi Rp27,5 miliar, lalu Pelni (Rp16,9 miliar), dan ASDP (Rp9,3 miliar). Pemberian penghargaan ini menegaskan peran aktif BUMN dalam mendorong pertumbuhan transaksi dan memperkuat ekosistem UMKM digital.

Gelaran PBFS 2025 menjadi bukti nyata komitmen berkelanjutan PaDi UMKM dalam menciptakan ruang sinergi yang memperkuat pasar UMKM dan mendorong transformasi pengadaan BUMN.

Platform ini terus berupaya menghadirkan solusi menyeluruh, termasuk memfasilitasi UMKM dalam memperoleh sertifikat TKDN secara gratis, untuk mendukung peningkatan daya saing dan perluasan pasar. (Icha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU