Telko.id – Telkom Indonesia sukses menyelenggarakan program Digistar Class 2024, yang dirancang khusus bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan yang diperlukan di dunia kerja.
Sebanyak 500 mahasiswa terpilih dari 12.176 pendaftar mengikuti pembekalan intensif selama dua bulan, dibimbing oleh 100 mentor Top Talent dari TelkomGroup. Program ini memberi bekal hard skill dan soft skill yang sangat dibutuhkan di era digital.
Program Telkom Digistar Class 2024 ini merupakan inisiatif Telkom dalam mempersiapkan generasi talenta digital yang akan mendukung transformasi industri di Indonesia.
Telkom menyadari pentingnya mempersempit gap antara kebutuhan talenta digital dan jumlah tenaga kerja yang tersedia di pasar.
Baca juga : Telkom Gelar Indonesia Digital Learning for Great Teacher, Ini Targetnya!
Melalui program ini, mahasiswa dari 104 perguruan tinggi dalam negeri dan 8 perguruan tinggi luar negeri telah mendapatkan pengalaman berharga untuk meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.
Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid, menyampaikan bahwa teknologi saat ini tidak hanya menciptakan efisiensi tetapi juga inovasi.
“Teknologi digital saat ini menciptakan peluang baru. Bisnis dan produk yang sebelumnya tidak ada, kini bisa diwujudkan berkat inovasi digital,” kata Fajrin.
Fajrin pun menambahkan bahwa dalam membuat bisnis atau startup, kita perlu berbicara dengan customer. Memahami apa yang mereka butuhkan adalah kunci menciptakan produk yang benar-benar berguna.
Selama program Digistar Class, peserta dibagi dalam tiga sesi, yaitu Learn, Grow, dan Contribute. Pada sesi Learn, mahasiswa mendapatkan pelatihan tentang pertumbuhan diri, komunikasi, dan perencanaan karir.
Sesi Grow fokus pada hard skill seperti kemampuan sebagai hustler, hipster, dan hacker. Terakhir, pada sesi Contribute, peserta secara berkelompok mengerjakan proyek inovasi terkait produk digital Telkom, yang kemudian dipresentasikan pada Final Pitching Competition.
Program ini juga memberi kesempatan bagi peserta untuk mengunjungi Telkom Exhibition dan Kantor Witel. Peserta yang berprestasi bahkan bisa mengikuti magang di Telkom, serta bergabung dengan Digistar Club dan menjadi Digistar Icon di kampusnya selama setahun.
Kesuksesan Telkom dalam menyelenggarakan program ini mendapatkan pengakuan internasional. Forbes menempatkan Telkom sebagai salah satu World’s Best Employers 2024, dengan peringkat #262 dari 850 perusahaan global, naik dari peringkat #421 di tahun sebelumnya.
“Digistar adalah wadah yang menginkubasi talenta muda berbakat dengan kemampuan kepemimpinan dan pengalaman nyata. Program ini merupakan langkah penting dalam mencetak generasi talenta masa depan yang akan berkontribusi pada pengembangan masyarakat digital Indonesia,” ungkap Iwan Setiawan, VP Human Capital Culture & Industrial Relation Telkom. (Icha)