Telko.id – Telkom Indonesia telah memilih Haud untuk mengelola Application to Person atau A2P SMS dan Signalling System 7 atau SS7. Hal ini dilakukan agar Telkom tidak kehilangan sumber pendapatan. Bahkan menciptakan sumber baru dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Perjanjian manage service dengan Haud ini memastikan bahwa Telkom Indonesia tidak akan kehilangan setiap pendapatan A2P. Di sisi lain, pelanggan tetap dapat dilindungi dari spam maupun SMS penipuan. Melalui pendekatan Revenue-as-a-Service, Haud akan mengelola seluruh proses monetisasi A2P. Mulai dari identifikasi lalu lintas dan pemblokiran, untuk pengalihan lalu lintas ke monetisable saluran, tanpa memerlukan investasi awal dari mobile network operator.
Dengan lebih dari 157 juta pelanggan, Telkom Indonesia adalah mobile network operator terbesar ketujuh di dunia. Perjanjian tersebut merupakan kelanjutan dari uji coba yang pernah dilakukan Haud yang memberikan solusi firewall selama 24 jam selama 7 hari seminggu. Di mana, uji coba tersebut dilakukan lebih mendalam dengan memontioring lalu lintas SMS yang jumlahnya jutaan.
Solusi firewall milik Haud berupa modular dengan perlindungan 360 derajat terhadap SS7 yang rentan dalam keamanan, penipuan dan spam SMS. Dengan demikian, pesan berbahaya dapat dihindari dan akan meningkatkan pengalaman pelanggan. Dari sisi operator, tidak akan kehilangan pendapatan.
“Revenue-as-a-Service adalah pendekatan baru untuk membantu operator untuk membuat sebagian besar dari semua aliran pendapatan yang mungkin tersedia. Terutama dari pasar A2P SMS global bernilai miliaran. Sayang, tidak banyak operator yang melengkapi jaringannya dengan baik sehingga secara rutin kehilangan pendapatan dalam jumlah besar,” ujar Marten Björkman, Senior Vice President Asia Pacific HAUD menjelaskan.
Marten juga menambahkan bahwa “Bekerjasama dengan salah satu mobile network operator besar di dunia seperti Telkom Indonesia ini membuat Haud semakin percaya diri. Pengetahuan dan pengalaman global A2P dan penipuan yang dimiliki oleh Haud akan mampu mengendalikan jaringan Telkom dengan meminimalisir pengeluaran.
“Perjanjian dengan Haud sangat menarik. Bayangkan, solusi yang ditawarkan oleh Haud ini mampu memberikan hasil yang begitu cepat. Di mana, pendapatan kami dapat dimaksimalkan dan pemanfaatan jaringan pun meningkat. Dengan demikian, kami dapat lebih fokus lagi memberikan layanan yang lebih berkualitas dan modern sesuai dengan permintaan pelanggan,” ujar Michael Adiguna, Associate Vice President Sales Strategy Telkom Indonesia menjelaskan.
Michael juga menambahkan bahwa “Setiap hari, ada ratusan juga pesan yang dikirim melalui seluruh jaringan kami. Dan, kami mampu memastikan spam dan pesan SMS penipuan dapat diblokir, tentu hal ini menjadi sangat penting. Apalagi, Haud menjamin bahwa pesan dari maupun untuk pelanggan kami akan diterima asli, dan dari sumber yang dapat dipercaya”. (Icha)