Telko.id – Telkomsel terus mengembangkan layanan uang elektronik TCASH dan ekosistem pendukungnya untuk menciptakan gaya hidup baru dalam bertransaksi non tunai. Untuk mempermudah penetrasi secara nasional, Telkomsel menggandeng KFC. Salah satu jaringan restoran cepat saji dengan basis pelanggan terbesar di Indonesia, untuk memberikan pengalaman bertransaksi baru yang lebih mudah bagi konsumen KFC.
“Kerjasama dengan KFC akan mempercepat adopsi TCASH sebagai metode pembayaran baru secara lebih masif dan memperkuat ekosistem jaringan merchant TCASH dengan teknologi Near Field Communication terbesar yang didukung lebih dari 6.000 gerai merchant. Inilah salah satu upaya kami dalam menyediakan solusi layanan terdepan sesuai digital lifestyle pelanggan sekaligus mendukung Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah,” ujar Edward Ying, Direktur Planning and Transformation Telkomsel menjelaskan.
Untuk menandai kerjasama strategis ini, Telkomsel menggelar program “3 Hari Ditraktir TCASH” yang dipersembahkan bagi pelanggan yang menggunakan TCASH Tap di seluruh gerai KFC se-Indonesia.
Dalam program ini, pelanggan ditraktir untuk menikmati menu gratis yang berbeda setiap harinya; Oriental Bento (11 November 2016), Crispy Strips (12 November 2016), dan Chicken (13 November 2016). Promo ini berlaku bagi pelanggan yang memiliki saldo TCASH minimal Rp 20.000, di mana pelanggan hanya bisa menikmati satu kali menu gratis setiap harinya. Untuk memperoleh menu gratis dalam promo ini, caranya sangat mudah. Pengguna TCASH hanya perlu melakukan tap (mendekatkan ponsel dengan mesin EDC) di kasir gerai KFC dan tidak dikenakan biaya.
“Kolaborasi layanan TCASH dengan Telkomsel sebagai operator seluler dengan jumlah pelanggan terbanyak dan jaringan terluas di Indonesia tentunya membuat konsumen kami semakin nyaman dalam melakukan transaksi pembayaran di 540 gerai KFC yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Justinus Dalimin Juwono, Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk, selaku pemilik gerai KFC.
Telkomsel secara konsisten mengembangkan ekosistem layanan keuangan digital dengan menggandeng puluhan merchant ternama yang terdiri dari kategori makanan dan minuman, hiburan, belanja online, serta mitra pembayaran. Untuk melakukan pembayaran di merchant-merchant tersebut, pelanggan cukup mengaktifkan dan menempelkan sticker NFC TCASH ke ponsel, lalu melakukan tap di kasir gerai merchant. Transaksi TCASH pun sangat aman karena menggunakan PIN. Saat ini lebih dari satu juta pelanggan Telkomsel aktif menggunakan TCASH Tap sebagai metode pembayaran secara nontunai.
Sampai saat ini transaksi TCash setiap bulannya mencapai 400 ribu. Masih belum besar. Hal itu disebabkan karena TCash ini baru bisa digunakan di wilayah Jabodetabek saja. “Tapi mulai hari ini sudah bisa secara nasional, terutama di KFC,” ujar Rudi Hamdani, VP MFS Operations Telkomsel menjelaskan.
Rudi juga menambahkan bahwa ke depan akan merangkul UMKM lokal di daerah-daerah dan promosi yang sesuai untuk meningkatkan jumlah transaksi.
Ke depan, kerjasamanya pada semester pertama 2017, akan ada pengembangkan sebagai solusi mahalnya EDC sebagai alat pembayaran di merchant. Sebagai next geration digital payment, smartphone akan menjadi solusi ‘EDC’ yang lebih murah. Namun, edukasi ke karyawan merchant juga menjadi penting karena akan memberikan kenyamanan pada pelanggan TCash.
Sampai saat ini, rencana tersebut masih dalam pengembangan dan pengkajian lebih lanjut untuk model bisnisnya dengan para merchant. Apakah smartphonenya akan dipinjamkan atau diberikan dengan pagu transaksi yang telah ditentukan pada awal perjanjian. (Icha)