spot_img

Siap Luncurkan VoLTE, Smartfren Hadirkan Handset terbaru

Telko.id – Smartfren sebagai operator layanan 4G dengan cakupan terluas mengaku telah siap dalam meluncurkan layanan Voice over LTE (VoLTE) pada minggu ini. Seperti diketahui, VoLTE atau Voice over LTE merupakan sebuah layanan voice berbasis data dan berjalan di jaringan 4G LTE.

Walaupun berbasis data, pengguna VoLTE milik Smartfren juga tidak perlu khawatir karena kuota data mereka akan habis terpakai, pasalnya layanan VoLTE ini nantinya akan memotong pulsa para pengguna seperti halnya layanan voice konvensional di 3G ataupun 2G.

Namun, hadirnya layanan VoLTE juga memerlukan sebuah perangkat 4G yang juga mendukung layanan ini. Untuk mengatasi hal tersebut, Smartfren mengambil langkah kongkret dengan menghadirkan dua handset 4G terbaru yang akan dirilis pada Jumat pekan ini.

Lalu, bagaimana dengan pengguna Smartfren di Handset selain Andromax seperti Lenovo A6010 dan Samsung generasi J? Mengenai hal tersebut, Sukaca Purwokardjono, Selaku Division Head Smartphone Business Smartfren menyatakan telah melakukan pembicaraan dengan pihak Samsung dan Lenovo terkait update firmware pada handset tersebut.

Khusus untuk Lenovo A6010, Sukaca menjelaskan bahwa pihaknya sedang melakukan uji coba untuk layanan VoLTE pada handset tersebut.

IMG_20160217_3963

Nantinya, layanan VoLTE milik Smartfren akan memiiki beberapa fitur seperti kualitas HD, Video Call Conference, Video Call dan memiliki Call swipe yang mudah dari voice ke voice call. Kecepatan internet minimum untuk menggunakan layanan ini adalah 2Mbps. Smartfren pun memberikan garansi bahwa selama mendapatkan jaringan 4G mereka, pengguna masih bisa menggunakan layanan VoLTE.

IMG_20160217_29192

Seperti diketahui, Hadirnya layanan VoLte akan memberikan Smartren sebuah efisiensi. Hadirnya layanan ini juga sekaligus mampu menjadi subtitusi dari layanan voice lawas milik Smarftren. Mengenai hal ini, Roberto Saputra selaku Direktur Smartfren mengaku bahwa saat ini mereka belum akan melakukan subtitusi terhadap teknologi EVDO yang mereka miliki. Pasalnya, masih banyak revenue Smartfren yang berasal dari jaringan EVDO mereka.

Disinggung mengenai kenaikan ARPU, Roberto juga menjelaskan bahwa hadirnya layanan VoLTE milik Smartfren diharapkan dapat meningkatkan jumlah pemasukan layanan voice mereka. Namun, Ia mengungkapkan saat ini masih terlalu dini untuk membicarakan mengenai kenaikan ARPU Mereka. Smartfren pun saat ini masih berfokus pada penyebaran dari layanan VoLTE miliknya sambil memperkaya ekosistem di layanan tersebut.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles