spot_img

Nelpon Pakai Smartfren Volte, Tarifnya 1 MB/menit?

Jakarta – Saat ini banyak pengguna yang melakukan panggilan Voice dengan memanfaatkan akses data menggunakan beberapa aplikasi seperti Whatsapp, Line hingga Blackberry Messenger. Namun, sejatinya di jaringan 4G LTE kita tidak perlu menggunakan OTT tadi untuk melakukan panggilan Voice.

Sebuah layanan panggilan voice yang dikhususkan untuk pengguna 4G yakni Volte, akan segera kita nikmati dalam beberapa bulan kedepan atau setidaknya kuartal pertama di tahun depan.

Volte sendiri merupakan kependekan dari Voic Over LTE, yang mana para pengguna nantinya bisa mengunakan pangilan keluar melalui jaringan data 4G mereka, namun ini tentunya berbeda dengan beberapa aplikasi seperti Whatsapp. Sebagai Informasi, Whatsapp Call sendiri berbasis Voip atau Voice Over IP.

Perbedaan antara Volte dan Voip sendiri terjadi pada setup, volte lebih cepat melakukan setup calling bila dibandingkan dengan Voip. Volte sama seperti telepon biasa karena si pengguna yang hanya di bebankan tarif telepon sementara si penerima tidak dibebankan biaya. Jika menggunakan tarif interkoneksi tentunya akan lebih murah bila melakukan panggilan ke operator lainnya.

Smartfren sebagai salah satu operator yang mengelar jaringan 4G dan LTE- Advance telah memperisapkan layanan Volte mereka untuk para penggunanya.

Christian Daigneault, Selaku CTO Smartfren mengungkapkan, “Kami sudah sangat siap dengan teknologi volte dan saat ini hanya tinggal tahap final test saja dan hanya tinggal menunggu waktu untuk segera diperkenalkan ke publik,” tuturnya pada saat tim Telko.id mengunjungi Pusat Jaringan di kawasan BSD.

Sejatinya layanan Volte mereka sudah siap dan sempat dilakukan ujicoba dengan para awak media yang hadir di BSD kemarin (11/11), dari hasil ujicoba tersebut tim Telko.id menilai kualitas Volte cukup memuaskan.

1

Pihak Smartfren juga mengatakan, bahwa teknologi Volte mendukung pangilan ke jaringan di bawah mereka seperti 3G ataupun 2G. namun tentunya akan mengurangi kualitas suara yang dihasilkan. Mereka juga menyebut, perbedaan antara Volte dan Voip yang paling terlihat adalah tidak adanya “delay” ketika panggilan berlangssung, selama si penelpon dan si penerima sama-sama menggunakan jaringan 4G.

Berbicara mengenai tarif, sejatinya belum ada satuan tarif yang baku dari Smartfren, namun mereka mengungkapkan tarif telepon Volte dilihat dari jumlah menit panggilan berlangsung dan sesuai dengan harga tarif nelpon smartfren per menitnya, hanya saja nantinya angka tersebut akan dikonversi menjadi data dan yang akan dipotong adalah kuota data sesuai dengan angka tersebut.

Semisal, pengguna melakukan panggilan sekitar 1 menit dan tarif satu menit panggilan Smartfren adalah Rp.1000,- serta Rp.1000,- sama dengan 1 MB. Maka kuota data pengguna akan di potong sekitar 1 Mega Byte.

Sementara itu, untuk device sendiri, sejatinya seluruh device Andromax 4G bisa menggunakan layanan Volte ini, hanya tinggal menunggu update firmware. Pihak Smarrtfren juga mengungkapkan, setidaknya ada kuartal pertama di tahun depan semua perangkat Andromax 4G sudah bisa menggunakan layanan Volte. (AK/HZ)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles