spot_img

Kecepatan Bukan Jadi Tolak Ukur 4G Smartfren

Telko.id – Pada ajang Network Drive Test (NDT), yang mengambil rute Garut-Tasikmalaya, Smartfren mengungkapkan bahwa kecepatan bukanlah satu-satu nya cara untuk mengukur kualitas internet 4G mereka.

Hal itu diutarakan oleh Munir SP, selaku VP Special Project Network mereka yang menyebutkan, Tak semua pelanggan butuh hasil uji kecepatan internet.

Seperti diketahui, biasanya saat melakukan uji jaringan internet semua provider telekomunikasi selalu menonjolkan kecepatan download dan upload yang bisa dicapai. Namun, sebetulnya tak terlalu dibutuhkan oleh semua para pelanggan. ” Yang dibutuhkan mayoritas dari pelanggannya adalah kenyamanan saat menggunakan layanan internet” tegas Munir di sela-sela obrolan santai dengan Tim Telko.id di Garut, Jawa Barat (24/2).

Munir juga menambahkan, “Yang dilihat pelanggan itu, lebih ke penggunaan video, lagu, chatting, atau apapun itu yang bersifat sosial, bagaimana hasilnya? Lancar atau tidak, iya kan,”

Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa hasil uji kecepatan lebih diperuntukan bagi pelanggan yang suka lakukan download. Sementara pengguna yang suka melakukan download hanyalah sepersekian dari total pelanggan Smartfren yang memerlukan layanan seperti itu.

Oleh sebab itu, Ia mengajak beberapa media termasuk Telko.id untuk menjajal kenyamanan layanan yang ditawarkan oleh pihaknya dengan melakukan drive test dari Garut sampai Tasikmalaya.

Dalam drive test ini juga Smartfren telah menjadwalkan akan menjajal kehebatan jaringannya untuk melakukan layanan Voice Over LTE (VoLTE) atau panggilan suara berbasis 4G yang baru saja dirilisnya pada pertengahan bulan ini.

Sekedar informasi, VoLTE merupakan layanan suara yang menawarkan kualitas lebih jernih tanpa gangguan dibandingkan dengan layanan panggilan suara konvensional lantaran menggunakan jaringan LTE melalui IP Multimedia System (IMS) yang memiliki jalur khusus.

“Kita ingin mengajak dan memperlihatkan betapa layanan internet itu seperti apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan, kalau hanya speed test saja, itu menurut saya memberikan gambaran yang keliru bagi pelanggan. Karena tidak semua speed itu menyebabkan di layanan memiliki korelasi dengan speed. Speed bener, tapi itu lebih kepada ke teman-teman yang suka download. Nah, saat ini kita akan menunjukan cara baru layanan berkomunikasi melalui VoLTE,” tutup Munir.

IMG_20160225_47113

Pada saat obrolan santai tersebut, Munir juga sempat menunjukan kecanggihan layanan VoLTE mereka dengan berkomunikasi secara realtime melalui fitur video call di VoLTE dengan Merza Fachyz selaku Presiden Direktur PT. Smartfren Tbk.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles