Solusi Smartfren dan Cisco ini Anti Kebocoran Data

Kebocoran Data
Beautiful young woman wearing eyeglasses sitting on bed, working on notebook, holding a smart phone, making a phone call, home office.

Telko.id – Kerja jarak jauh, potensi kebocoran data tetap ada dan mengancam. Terlebih ketika back end dari perusahaan tidak kuat. Itu sebabnya, Smartfren Business berkolaborasi dengan Cisco System Inc meluncurkan solusi BizCloud Remote Working disela-sela webinar dengan tajuk “Strategi Work from Home (WFH) Efektif dan Produktif Selama Pandemi”. Solusi ini menjanjikan Anti Kebocoran Data.

“Smartfren Bizcloud Remote Working adalah solusi lengkap untuk memastikan kinerja bisnis Anda dapat berlanjut tanpa gangguan ketika menerapkan kerja dari jarak jauh. Solusi bundling ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia dan bisa digunakan dari perangkat apa pun. Kami yakin bahwa Smartfren Bizcloud merupakan solusi terbaik untuk digunakan perusahaan di berbagai era remote working saat ini,” ungkap Ranga Kalyanasundaram, CEO Smartfren Business.

Apalagi, di tengah kenormalan baru ini memang terjadi peningkatan permintaan untuk teknologi pendukung aktivitas kerja jarak jauh. Terutama yang dapat membantu karyawan terhubung, berkolaborasi, dan tetap aman bekerja dari mana saja. Persoalan keamanan juga menjadi perhatian penting, karena saat perusahaan menerapkan proses kerja yang lebih fleksibel, maka karyawan akan mengakses pekerjaan dari berbagai tempat.

Tentu saja setiap tempat, baik di rumah maupun tempat umum lain, tidak selalu memiliki protokol keamanan yang sama dengan di perusahaan. Di sinilah peran Smartfren Bizcloud Remote Working, yakni memberikan solusi Cisco 3-in-1 yang mencakup koneksi, fitur serta pengamanan akses berbasis VPN.

Ditambah lagi, saat ini serangan cyber sudah jauh lebih canggih, sehingga persoalan perlindungan infrastuktur dan data perusahaan memiliki tantangan yang lebih besar. “Degan menggunakan Smartfren Bizcloud, perusahaan akan sanggup mengatasi tantangan tersebut,” imbuh Enterprise Cybersecurity of CISCO Sysytems Indonesia, Milton Siahaan.

Hal senada juga disampaikan oleh Soegiharto Santoso, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS). “Koneksi internet 4G, video conference, dan VPN level perusahaan, seperti yang disediakan oleh Smartfren bersama Cisco, akan sangat berguna dalam mendukung kelancaran operasional bisnis di masa pandemi. APTIKNAS yang tersebar di 29 DPD mulai dari Aceh hingga Papua dengan ribuan anggotanya siap membantu banyak perusahaan menggunakan solusi ini”.

Pada kesempatan ini juga diperkenalkan berbagai fitur Smartfren Bizcloud Remote Working. Dua di antaranya adalah fitur multi factor authentication (MFA) dan kemampuan mengenali phishing dalam email. Kedua nya dapat mencegah adanya kebocoran data di perusahaan.

MFA misalnya, menjadi sangat penting untuk mencegah akses ilegal yang biasanya terjadi dengan meniru atau mencuri identitas karyawan. Ketika fitur ini aktif, maka setiap akses akan memerlukan otentifikasi bahwa pengaksesnya menggunakan jaringan atau perangkat milik perusahaan dan otomatis menolak akses ilegal.

Sedangkan pengenalan phishing yang dimaksud memiliki kemampuan untuk mengenali email berbahasa Indonesia, sehingga lebih efektif mencegah masuknya email tipuan yang bermaksud menjebak karyawan atau perusahaan.

Berdasarkan data dari APTIKNAS, 92% malware itu dikirim melalui email. Lalu 56% pengambil keputusan IT menyebutkan kalau yang disasar oleh penyerangan phishing ini adalah sistem keamanan utama perusahaan.  Nah, repotnya, ketika perusahaan terkena serangan cyber itu, setidak nya baru 119 hari ketahuan. Tentu ini sangat merugikan perusahaan. Terlebih jika yang disasar adalah data konsumen. Dampak nya pasti akan besar sekali.

Dengan memakai Bizcloud Remote Working hasil kerja sama Smartfren dengan Cisco System Inc., perusahaan atau karyawan akan mendapatkan dua fitur tersebut sehingga memiliki perlindungan ekstra saat bekerja dari luar kantor. Selain itu, solusi ini juga telah didukung dengan koneksi Smartfren yang 100 % 4G, tambahan teknologi VPN (jaringan pribadi virtual)sebagai pengaman akses internet, dan fitur konferensi video untuk perusahaan. (Icha)

Berita sebelumyaXiaomi Poco X3
Berita berikutnyaHaii Warga Jakarta, Sekarang Bayar PBB Bisa Lewat GoPay Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.