Telko.id – Musim mudik dan balik usai Hari Raya Idul Fitri boleh dibilang telah usai. Indosat Ooredoo pun mengklaim bahwa telah sukses mengawal para pemudik ke kampung halaman sampai balik lagi ke tempat asalnya. Dari data yang ada, trafik layanan data dari operator ini naik hingga 68,53%.
Angka tersebut, merupakan angka tertinggi yakni pada H-3 sebelum lebaran dan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 lalu.
Sedangkan jika dibandingkan dengan trafik data reguler pada hari biasa, terjadi peningkatan sebesar 40,88% atau sekitar 8.997 Terabyte.
”Peningkatan Traffic data terutama disebabkan tingginya penggunaan aplikasi sosial media seperti Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram dan mobile gaming seperti Mobile Legend dan Free Fire,” ungkap Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.
Sedangkan wilayah yang penggunaan traffic data yang tertinggi terjadi di area Jawa Tengah.
Seiring dengan tren digital, traffic voice selama masa Lebaran mengalami penurunan sekitar 13%, namun traffic SMS mengalami peningkatan sekitar 5% selama H-7 sampai H+5 Lebaran 2019 dibandingkan dengan Traffic reguler pada hari biasa.
Tingkat keberhasilan pengiriman SMS baik itu sesama pelanggan Indosat Ooredoo maupun antar operator mencapai lebih dari 91% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator.
Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk dapat mengantisipasi kenaikan Traffic telekomunikasi yang selalu meningkat di masa-masa mudik dan perayaan Lebaran 2019.
Selain itu, Indosat Ooredoo juga melakukan pemantauan intensif kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), pemantauan kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), serta mengaktifkan Command Center Lebaran yang beroperasi 24 jam. (Icha)