Telko.id – Jaringan Indosat ooredoo aman saat ada beban kenaikan trafik pada perayaan Natal 2020 dan Tahun 2021. Padahal, pada musin liburan kali ini Indosat Ooredoo mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 35% pada 1 Januari 2021, dimana hingga 95% dapat terlayani di jaringan 4G.
“Kami bangga dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada pelanggan kami selama Natal dan Malam Tahun Baru, meskipun terjadi lonjakan trafik sebesar 35%. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim Indosat Ooredoo dan mitra kami di lapangan, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, untuk menjamin ketersediaan layanan bagi pelanggan kami,” ungkap Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.
Medhat menambahkan bahwa perluasan jaringan 4G Indosat Ooredoo, bersamaan dengan implementasi model operasi digital canggih yang telah dilakukannya sejak pertengahan tahun 2020 menjadi faktor pendukung lain yang menjamin pengalaman digital terbaik bagi pelanggan nya selama periode liburan ini.
Pada perayaan Natal dan Malam Tahun Baru, Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada hari ‘H’ masing-masing sebesar 25% (Natal) dan 35% (Tahun Baru) dibandingkan trafik hari normal.
Peningkatan trafik data yang cukup signifikan terlihat di beberapa kota besar di Pulau Jawa seperti Bodetabek, Tasikmalaya, Sukabumi dan Kediri. Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan Youtube masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan selama liburan.
Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Service Operation Center (SOC) memastikan semua pelanggan dapat menikmati layanan digital terbaik selama liburan, di dukung oleh pemantauan jaringan yang intensif melalui AI (artificial inteligence)/ML (machine learning).
Melalui platform operasi digital baru, operasional jaringan telah menunjukkan efisiensi dalam penyelesaian masalah dan menghadirkan pengalaman digital ke level terbaik untuk semua perangkat jaringan secara nasional yang tercermin dari pengurangan keluhan pelanggan hingga 65% dibandingkan tahun sebelumnya.
Sebelum masa liburan, Indosat Ooredoo juga melakukan uji jaringan di beberapa kota regional dan tempat umum seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, tempat rekreasi, tempat istirahat dan terminal untuk memastikan pelanggan dapat menikmati pengalaman digital terbaiknya. (Icha)