Telko.id – Selama libur Natal dan Tahun baru, trafik layanan data biasanya akan meningkat. Demikian juga tahun ini. Itu sebabnya, Indosat Ooredoo pun menyiapkan jaringannya demi kenyamanan pelanggannya. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.
Sedangkan untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari) dan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari. Semua ini disiapkan dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik telekomunikasi yang biasa terjadi pada saat perayaan Natal dan libur Tahun Baru setiap tahunnya.
“Kesiapan jaringan telekomunikasi untuk mengantisipasi setiap lonjakan trafik di masa-masa liburan dan hari raya, menjadi bagian dari strategi penerapan strategi pengembangan jaringan yang kami lakukan setiap tahunnya. Kami berkomitmen untuk menghadirkan jaringan berkualitas video yang kompetitif bagi pelanggan di era komunikasi data saat ini, termasuk memberikan user experience yang tetap prima pada saat peningkatan trafik,” ujar Dejan Kastelic, Chief Technology & Information Officer Indosat Ooredoo.
Dejan juga menambahkan, “Lebih dari itu, kesiapan jaringan ini juga untuk mendukung pelanggan dapat menikmati paket terbaru yang sangat mendukung aktivitas liburan mereka, yaitu Paket Unlimited Instagram. Paket ini memungkinkan pelanggan bisa internetan lebih seru dan liburan akhir tahun semakin menyenangkan dimanapun didukung dengan paket internet terbaik serta jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo yang semakin luas”.
Masing-masing kapasitas tersebut disiapkan beberapa kali lipat dari prediksi kenaikan trafik yang kemungkinan terjadi dan cukup untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut. Semua kenaikan kapasitas tersebut juga didukung oleh 11.636 BTS secara nasional, sehingga diharapkan mampu melayani 64,1 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.
Untuk memastikan semua layanan Indosat Ooredoo dapat melayani masyarakat dan pelanggan dengan baik, kegiatan monitoring jaringan akan dilakukan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk semua layanan Indosat Ooredoo.
i-NOC juga berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.
Layanan pelanggan Indosat Ooredoo juga siap memberikan dukungan bila ada keluhan ataupun kendala yang dialami pelanggan dengan mengakses saluran pelanggan seperti email di cs@indosatooredoo.com, twitter di @IndosatCare, serta aplikasi MyIM3. (Icha)