Telko.id – libur lebaran, sama dengan pengasuh pulang kampung. Karyawan pun biasa nya bingung karena tidak ada yang mengasuh anak-anaknya. Akhirnya yang terjadi adalah bolos bekerja atau bekerja membawa anak. Tentu hal ini membuat kinerja karyawan pun terganggu.
Indosat Ooredo memahami hal ini dan berempati dengan kondisi tersebut sehingga tercetuslah ide untuk menyediakan fasilitas penitipan anak (daycare) untuk mendukung kenyamanan karyawannya dalam bekerja, tanpa khawatir dengan pengasuhan si buah hati.
“Kami menyadari kondisi yang dihadapi karyawan. Itu sebabnya, kami menyediakan fasilitas penitipan anak atau daycare bagi karyawan,” kata Arnold Wardiyanto, Group Head HR Development Indosat Ooredoo.
Fasilitas daycare yang dibuat di dalam kantor perusahaan ini disediakan selama periode sebelum dan sesudah Lebaran, saat dimana pengasuh anak sudah mudik ataupun belum kembali dari mudik Lebaran.
Lebih jauh, Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo, Irsyad Sahroni menambahkan bahwa “Kami sangat memahami kebutuhan karyawan saat Lebaran, dimana mereka harus tetap melaksanakan tugas yang tidak bisa ditinggalkan, dan pada saat yang sama harus menjaga anak-anak mereka yang ditinggal mudik para pengasuhnya. Untuk itu kami menyediakan fasilitas daycare ini, sehingga mereka dapat tetap bekerja dengan tenang dan anak-anak dijaga tidak jauh dari orangtua mereka.”
Fasilitas daycare ini disediakan di kantor pusat Indosat Ooredoo dibagi dalam dua batch yakni batch 1 pada tanggal 6–12 Juni 2018, dan batch 2 pada tanggal 20–26 Juni 2018 diperuntukan untuk anak-anak berusia 2-8 tahun. Semua karyawan yang berlokasi di kantor pusat Indosat Ooredoo memiliki kesempatan menggunakan day care yang dibuka pada pukul 08.00–17.00 WIB ini.
Tidak hanya pengasuhan, fasilitas ini menyediakan berbagai aktivitas menyenangkan dan juga edukatif bagi anak, arena bermain (playground), belajar, area berisitirahat/tidur siang (sleeping zone), dan makanan sehat untuk anak (kids meals). Khusus untuk makanan anak, perusahaan menyediakan snack pagi, makan siang & snack sore bagi anak karyawan yang dititipkan di fasilitas daycare.
Aspek edukasi yang diberikan dikemas sangat beragam, seperti bernyanyi, menari, berbagai alat permainan, mendengarkan cerita, membaca buku, sehingga anak-anak tidak hanya bergembira tapi juga bisa belajar banyak hal baru. Anak juga bisa belajar mandiri melalui aktivitas makan, mencuci tangan, ganti baju sebagai salah satu pembelajaran yang bermanfaat. Setiap selesai di akhir hari, orang tua akan mendapatkan laporan harian (daily report) tentang aktivitas dan kondisi selama anak berada di fasilitas daycare.
Penyediaan fasilitas daycare merupakan manifestasi dari salah satu nilai perusahaan, yaitu CARE, dimana karyawan tetap memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan demi memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan, menjelang hari Hari Raya Idul Fitri.
“Kami menyadari pengorbanan yang mungkin dialami keluarga karyawan Indosat Ooredoo dalam tugasnya menangani kebutuhan jaringan yang semakin meningkat dalam masa Ramadhan dan Idul Fitri. Untuk itulah fasilitas daycare ini diwujudkan, hal ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan pada karyawan karena kami percaya, karyawan yang happy dan engage akan memberikan pelayanan dan hasil kerja terbaik untuk pelanggan,” demikian Irsyad Sahroni menutup penjelasannya. (Icha)