spot_img
Latest Phone

Strava Integrasikan Kacamata Oakley Meta Vanguard AI untuk Aktivitas

Telko.id - Strava, aplikasi pendukung gaya hidup aktif dengan...

Garmin Run Indonesia 2025 Sukses, 7.000 Peserta Dukung Keberlanjutan

Telko.id - Garmin Run Indonesia 2025 sukses digelar di...

Deretan Wearables Terbaru Apple, iPhone 17 Bukan Satu-Satunya

Telko.id – Selain iPhone 17 Series, pada perhelatan Apple...

Apple Rilis iPhone 17 Series, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya

Telko.id – Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone 17 Series...

Garmin fēnix 8 Pro Resmi Hadirkan Teknologi MicroLED dan inReach

Telko.id - Garmin resmi meluncurkan seri fēnix 8 Pro,...

ARTIKEL TERKAIT

Indosat Gelar Indonesia AI Day untuk Percepat Transformasi Ritel

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison melalui Indosat Business, bekerja sama dengan HIPPINDO (Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia), secara resmi menggelar Indonesia AI Day for Retail Industry.

Acara yang berlangsung pada 8 Oktober 2025 di MX Center & Auditorium Lantai 4, KPPTI Jakarta ini dihadiri lebih dari 150 undangan pelanggan B2B dari berbagai perusahaan ritel terkemuka.

Acara ini menegaskan komitmen berkelanjutan Indosat Business dalam memberdayakan ekosistem ritel Indonesia. Fokusnya adalah percepatan adopsi AI dan transformasi digital di seluruh rantai nilai, mulai dari analisis ritel hingga implementasi di tingkat toko.

Tema yang diusung adalah “From Retail Business Insights to Storefront Impact – Harnessing AI to Power Indonesia’s Retail Future.”

Danny Buldansyah dari Indosat Ooredoo Hutchison dalam sambutannya menegaskan, “Ini adalah wujud nyata komitmen Indosat untuk mengaktifkan AI Ritel dalam skala besar.”

Melalui tema ini, Indosat Business menegaskan peran Indosat Retail Solutions dalam menggabungkan kekuatan Telco dan inovasi TechCo.

Tujuannya menghadirkan konektivitas cerdas, operasional yang lebih gesit, serta keterlibatan pelanggan berbasis data guna mendorong pertumbuhan ritel nasional.

Inisiatif ini sejalan dengan upaya kolektif industri telekomunikasi dalam mendukung sinergi lintas industri sebagai kunci digitalisasi dan ekonomi Indonesia.

Acara ini dirancang untuk memberdayakan inovasi ritel lokal melalui AI, analitik data, dan keterlibatan omnichannel. Selain itu, juga meningkatkan keunggulan operasional dengan mengintegrasikan konektivitas yang aman dan terukur untuk operasional multi-cabang.

Dukungan terhadap ekonomi digital Indonesia menuju Indonesia Emas 2045 diwujudkan melalui kolaborasi ekosistem dan orkestrasi teknologi.

Acara ini juga membangun sinergi industri di antara peritel, asosiasi, dan mitra teknologi untuk mencapai Return on Investment (ROI) yang terukur bersama keberlanjutan bisnis. Hal ini mencerminkan transformasi besar yang juga dilakukan oleh pemain lain seperti Axiata dalam memperkuat layanannya.

Content image for article: Indosat Gelar Indonesia AI Day untuk Percepat Transformasi Ritel

Rangkaian acara dimulai dengan CXO Power Breakfast dari pukul 07:30 hingga 09:00, yang mempertemukan 10 Pemimpin Ritel (CXO), eksekutif Indosat Business, dan Mitra Teknologi dalam forum tertutup.

Diskusi berfokus pada strategi implementasi AI, peningkatan kesiapan digital, serta peluang kolaborasi untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan di sektor ritel.

Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum HIPPINDO, dalam keynote speech-nya membahas “Retail Reset: Navigating Indonesia’s Retail Recovery and Future Growth”.

Beliau memaparkan transformasi dan tantangan terkini yang dihadapi industri ritel Indonesia di tengah gelombang digitalisasi dan perubahan perilaku konsumen.

Ganda Pradita, SVP Enterprise Solutions Indosat Business, kemudian memaparkan “Tech Playbook: From Macro Trends to Indosat Retail Solution”.

Ia menjelaskan bagaimana Indosat Business membawa tren digital dan AI global menjadi solusi yang terukur dan dapat langsung diterapkan untuk kebutuhan pasar ritel di Indonesia.

Pendekatan ini mirip dengan inovasi yang ditawarkan oleh Rakuten Cloud dan Alita dalam mendorong transformasi digital Indonesia lewat Edge AI dan cloud-native infrastructure.

Executive Talkshow bertajuk “Smart Retail in Action – Real Use Cases across Omnichannel, Loyalty, Ops & Fraud Prevention” menghadirkan panelis dari berbagai pemain kunci.

Teresa Wibowo (CEO Ruparupa), Chandra Hermawan (CIO Alfagift), Rudy A. Dalimunthe (SVP Managing Digital Goods Business, Tokopedia & TikTok Shop), dan Edo Karensa (YCP Group) berbagi pengalaman praktis. Sesi ini dimoderatori oleh Muhammad Rafiq dari Indosat Business.

Feature session menampilkan Aldo Rambie, Head of Industry Meta, yang membawakan insight “Unlocking Retail Growth: Digital Transformation & AI Insights from Meta.”

Dilanjutkan dengan special insight dari Melvin Jeffrey Chan, SVP Head of B2B IoT Indosat Business, tentang “Ramadan Retail Pulse 2026: AI-Driven Insights from Indosat Data Analytics.”

Luky Kurniawan, Head of Security Product Factory Indosat Business, memberikan perspektif keamanan dalam “Cybersecurity First: Safeguarding Retail Data & Customer Trust in the PDP Era.”

Solusi kemudian diperagakan langsung dalam Solution Showcase oleh Product and TechCo Team, menampilkan berbagai inovasi ritel end-to-end yang didukung AI, IoT, cloud, dan konektivitas canggih.

Indosat Retail Solutions dirancang untuk menjawab setiap tahap dalam perjalanan ritel. Zona “Peningkatan Awareness & Engagement” menawarkan Smart Data Advertising dan Market Intelligence Dashboard.

Zona “Pertimbangan” menghadirkan WhatsApp Business API dan AI Chatbot. Sementara untuk “Akuisisi”, tersedia IoT Connectivity dan Android POS. Zona “Layanan” menitikberatkan pada Vision AI dan Cybersecurity Monitoring, sedangkan “Loyalitas” difokuskan pada WiFi Analytics dan Smart Internet. Command Center mengintegrasikan semuanya melalui Cloud Retail Dashboard dan RPA Automation.

Melalui Indonesia AI Day for Retail Industry, Indosat Business menegaskan kembali komitmennya untuk Memberdayakan Indonesia dengan mendorong sektor ritel menggunakan solusi Telco-TechCo berbasis AI.

Indosat Retail Solutions hadir untuk membantu para peritel mencapai pertumbuhan maksimal, memperkuat kepercayaan pelanggan, dan membangun masa depan ritel Indonesia yang lebih cerdas dan berkelanjutan. (Icha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU