Telko.id – Siapa bilang cuma kompetisi sebesar American Idol atau X Factor saja yang bisa membawa peserta meraih uang jutaan dolar. Sebuah startup asal Sillicon Valley, Tulwe Inc, baru saja mengumumkan peluncuran Tulwe Global Music Contest di Indonesia dan beberapa negara berkembang lainnya. Mirip American Idol dan X Factor, kontes ini mengandalkan votig penonton untuk menentukan pemenang.
Bedanya, Tulwe Global Music Contest digalang secara global dan bisa diikuti oleh siapa pun dan di mana pun mereka berada. Itu artinya, musisi Indonesia yang berada di daerah pelosok di seluruh 17.000 pulau Nusantara juga bisa berkesempatan menjadi selebriti internasional.
Pemenang kontes akan menandatangani kontrak rekaman seharga 1 juta dollar dengan Tulwe, sementara beberapa tawaran rekaman lainnya terbuka bagi seluruh kontestan yang berhasil mendapatkan voting dalam jumlah yang banyak.
Tulwe Global Music Contest sendiri merupakan ajang kompetisi internasional yang digelar lewat sebuah aplikasi smartphone yang bernama Tulwe. Aplikasi ini berinovasi dengan menjadi sebuah media dimana siapapun dengan koneksi internet dapat merekam dan mengunggah lagu yang mereka nyanyikan, tanpa mempedulikan lokasinya. Setiap rekaman akan dinilai oleh seluruh pengguna dengan cara melakukan voting.
Penemu dan CEO dari Tulwe Inc, Dr. Anthony Karim Adam, percaya bahwa setiap orang dari negara manapun berhak memiliki kesempatan untuk menunjukkan bakat menyanyi mereka dalam panggung internasional. Menurutnya, berbagai kompetisi di AS dan Eropa saat ini masih sulit sekali – atau bahkan tidak mungkin – diikuti oleh individu-individu di negara berkembang seperti Indonesia, meskipun mereka mempunyai bakat yang luar biasa.
“Disinilah Tulwe menjembatani halangan tersebut,” kata Dr. Anthony dalam keterangan resmi.
Antarmuka yang sederhana diakuinya memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengunggah hasil karya mereka secara nyaman dari rumah — dimanapun itu — dan dinilai oleh pendengar dalam skala internasional. “Ini mungkin adalah cara tercepat bagi mereka untuk dikenal dan untuk membangun karir di bidang musik tanpa harus berada di tempat dan waktu yang tepat. Tulwe Global Music Contest berpotensi mengubah cara industri musik beroperasi dalam segala aspek,” tambahnya.
Walaupun berbagai negara memiliki kontes musiknya masing-masing, audisi tetap dilaksanakan di kota-kota besar saja. Hal ini jelas memberikan kesulitan bagi penyanyi-penyanyi berbakat di tempat terpencil yang mungkin tidak mempunyai kesempatan untuk mendatangi dan berpartisipasi di kontes-kontes ini.
Tulwe Global Music Contest diharapkan dapat menarik perhatian penonton secara mendunia, khususnya mereka yang berada di jangkauan usia 18 sampai dengan 35 tahun, meskipun banyak penonton dari kontes musik biasa yang berada di luar jangkauan usia ini.
Perusahaan mengantisipasi sekitar 5 juta pengguna global aktif akan memberikan vote. Angka itu pun bisa dibilang masih konservatif bila dibandingkan dengan tren TV saat ini, seperti X Factor Inggris yang memiliki setidaknya 10 juta pendukung yang terdiri hanya dari penduduk Inggris. Selain itu, jumlah pemberi vote aktif juga dapat meningkat dua kali lipat menjadi 10 juta pendukung pada masa siaran langsung dimana semi finalis dibawa ke sebuah lokasi yang indah untuk berlatih serta berinteraksi dengan penggemar sampai akhirnya mereka tampil.
Tulwe sendiri rencananya akan diluncurkan secara resmi pada November mendatang di Kapal Pesiar Desert Rose di Dubai dengan penampilan musik spektakuler dari artis multi-platinum Akon.