Saat Resesi Global, Katering Online Ini Malah Dapat Dana Rp.175 Miliar!

Katering Online

Telko.id – Saat ini, boleh dibilang sedang resesi global. Tapi, katering online atau Cloud Kitchen Yummy Corp malah mendapatkan pendanaan series B senilai Rp. 175 miliar. Apa resep nya?

Salah satu unit bisnis Yummy Corp adalah Yummykitchen, satu-satunya Katering Online atau cloud kitchen di Indonesia yang memposisikan diri sebagai operator penuh, dimana Yummykitchen tidak hanya menyewakan dapur bersama namun juga mengerjakan operasional dari berbagai brand sehingga dapat melakukan ekspansi lebih cepat dan menjangkau konsumen lebih luas.

Namun, Yummykitchen mengalami pertumbuhan positif. Selama semester awal 2020 ini saja, terjadi kenaikan transaksi hingga 320%. Tentunya ini meyakinkan investor akan potensi bisnis ke depannya. Padahal, tahun ini menjadi tahun yang cukup sulit bagi banyak industri di Indonesia.

Berbagai regulasi untuk menekan kasus pandemi berimbas banyak pada berbagai sektor termasuk consumer goods seperti F&B. Namun bagi beberapa bisnis F&B, terutama mereka yang telah fokus membangun aset digital sebagai saluran penjualan justru menunjukkan kenaikan yang signifikan.

Untung, Yummy Corp sejak awal beroperasi telah bersertifikasi HACCP (Hazard Analysis dan Critical Control Point yaitu sistem jaminan mutu proses penanganan makanan tertinggi,sehingga menegaskan pentingnya keamanan produksi makanan dan menjawab isu masalah yang seringkali muncul terkait food delivery mulai dari masalah kebersihan dapur maupun kedisiplinan pekerja terutama di masa pandemi ini.

Jadi, Katering Online ini menjamin pelaksanaan operasional sehari-hari untuk selalu mengutamakan keamanan dan kebersihan serta menerapkan berbagai protokol tambahan hingga makanan diterima oleh pelanggan untuk mendukung upaya Pemerintah menekan penyebaran virus.

Katering Online

Mario Suntanu, CEO Yummy Corp menyatakan, “Kami sangat bersemangat menyambut hadirnya investor-investor global yang bergabung bersama Yummy Corp, hari ini menjadi sebuah milestone penting bagi kami terutama di kala semua industri berjuang di tengah resesi global karena pandemic”.

“Dengan pendanaan ini, kami terus fokus untuk mengambil peranan aktif dalam membantu pemain-pemain industri F&B untuk mengembangkan bisnisnya melalui channel delivery sebagai solusi menghadapi segala keterbatasan di kala pandemi. Kami mengundang semua pemilik usaha F&B, baik brand besar maupun UMKM untuk bekerjasama dan berkembang bersama kami.” tambah Mario.

Rencananya, pendanaan series B kali ini sebagian besar juga akan digunakan untuk ekspansi Katering Online ini ke berbagai kota besar lainnya di Indonesia.

Pendanaan series B sebesar US$ 12 Juta atau senilai Rp 175 Miliar yang diperoleh Yummy Corp ini berasal dari berbagai venture capital global yang dipimpin oleh SoftBank Ventures Asia Korea Selatan dengan partisipasi dari Vectr Ventures Hongkong, Appworks Ventures Taiwan, Quest Ventures Singapura, Coca Cola Amatil X Australia serta Palm Drive Capital Amerika Serikat diikuti dengan investor yang telah berpartisipasi di pendanaan sebelumnya, Intudo Ventures dan Sovereign’s Capital.

Investor-investor global baru tersebut akan bergabung dengan investor yang sejak awal sudah berinvestasi di Yummy Corp seperti Sinarmas Digital Ventures (SMDV), East Ventures, Agaeti Ventures, Prasetia Dwidharma, dan Selera Kapital by Sour Sally Group. Pendanaan lanjutan ini melanjutkan momentum positif dari pendanaan series A sebesar U$ 7.75 juta yang diperoleh Yummy Corp pada Oktober 2019 lalu.

Harris Yang dari SoftBank Ventures Asia menyatakan “Didukung oleh pasar food delivery yang berkembang pesat di Indonesia, Yummy Corp kini menjadi pelaku cloud kitchen terbesar di Indonesia. Disertai keahlian perusahaan yang kuat dalam industri F&B serta keunikan proposisi nilai pada brand mereka, kami yakin Yummy Corp akan terus menjadi pemimpin di industri ini. Kami sangat senang untuk mendukung dan membantu mereka meningkatkan bisnis di sektor yang sedang berkembang ini.”

Sebagai informasi, Yummykitchen sejak diluncurkan pertengahan 2019 lalu,  telah mengoperasikan 70 cloud kitchen/ dapur bersama yang tersebar di Jakarta, Bandung dan Medan. Saat ini lebih dari 50 brandfood and beverage(F&B) telah bergabung bersama Yummykitchen diantaranya brand yang telah beroperasi cukup lama dengan skala besar seperti Ismaya Group, Sour Sally Group hingga brand yang baru muncul dengan pertumbuhan tinggi seperti Padang Merdeka, Hong Tang maupun Dailybox. (Icha)

Artikel SebelumnyaJangan Beli Kendaraan Sekarang, Tunggu Pameran Virtual 3D Ini Dulu!
Artikel SelanjutnyaAda 18 Solusi IoT Tercipta Oleh Mahasiswa XL Future Leaders

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini