Telko.id – Menyambut bulan suci Ramadhan, berbagai perusahaan eCommerce lokal maupun asing berlomba-lomba untuk melakukan promosi untuk menarik pelanggan. Dihadapkan dengan ratusan pilihan, pelanggan e-commerce haruslah memilih tempat berbelanja yang tepat agar tidak hanya mendapatkan harga terbaik, tapi juga memperoleh manfaat terbanyak.
Mataharimall.com sebagai salah satu e-commerce yang menghadirkan berbagai diskon di bulan suci Ramadhan ini membagikan beberapa tips agar pelanggan dapat berbelanja secara aman dan nyaman:
1. Selidiki Situs Belanja Online
Luangkan sedikit waktu untuk mencari tahu lebih banyak mengenai kredibilitas situs belanja online pilihan. Riset berdasarkan Alexa.com menunjukkan bahwa beberapa situs belanja online ternama, yakni MatahariMall, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli termasuk dalam 50 situs belanja online yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
2. Cek Koleksi dan Bandingkan Harga
Bagi pelanggan yang gemar belanja, ada baiknya mencari situs dengan koleksi yang beragam dengan harga yang pas di kantong. Tanpa disadari, pilihan yang beragam akan memudahkan customer untuk menemukan produk yang tepat. Anda juga dapat membandingkan harga produk serupa dalam beberapa situs belanja online sekaligus untuk mendapatkan harga terbaik.
3. Pilihan Alternatif Untuk Metode Pembayaran
Kini, situs-situs belanja online semakin menyaingi ritel offline dalam konteks penyediaan metode pembayaran. Sebuah situs berbelanja online yang bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia, akan menyediakan potongan harga atau bunga cicilan yang rendah, sebut saja cicilan 0% di MatahariMall.com. Kuncinya adalah memerhatikan situs-situs belanja online yang memberikan diskon sesuai dengan kartu yang dimiliki.
Bila tidak memiliki kartu kredit namun perlu mencicil, pilihlah situs belanja online yang menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit, seperti penyedia program Super Cintaku (Super Cicilan Tanpa Kartu).
Bila merasa ragu akan kualitas barang ketika berbelanja online, pilihlah situs belanja online yang menerapkan sistem COD (Cash On Delivery), salah satunya MatahariMall.com yang merupakan pelopor fitur O2O (Online-to-Offline) yang memungkinkan customer untuk mengambil, membayar, dan mengembalikan produk di seluruh cabang Matahari Department Store maupun eLocker yang tersebar di PT Pos Indonesia, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, apartemen, dan universitas.
4. Metode Pengiriman Barang
Ketika berbelanja online, seorang pelanggan harus cermat dalam memilih metode pengiriman barang yang diterapkan situs belanja online. Sekalipun harga barang di sebuah situs terlihat murah, belum tentu biaya yang dikeluarkan akan tetap lebih murah ketika ditambahkan dengan biaya kirim. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan harga akhir yang tertera merupakan harga terbaik.
5. Memperhitungkan diskon dan promosi
Di bulan Ramadhan, ini banyak situs online yang menawarkan berbagai macam diskon dan promosi khusus. Customer harus cermat memilih situs berbelanja yang mampu memberikan harga terbaik, sebut saja gadget yang dijual seharga 1,6 juta pada sebuah situs, dijual seharga 1,8 juta di situs lainnya dengan menyediakan diskon khusus, dan harganya menjadi 1,4 juta saja. Karena metode pencarian diskon ini memerlukan upaya lebih, pelanggan sering kali mengabaikan keberadaannya.
“Secara berkala, MatahariMall menghadirkan diskon dan promosi. Kami mengharapkan agar pelanggan dapat teliti dalam mencari diskon yang disediakan oleh eCommerce lainnya juga, misalnya dengan memperhatikan banner website, newsletter, membuka laman kategori produk pilihan, dan lain-lain. Tentunya pelanggan tidak ingin melewatkan kesempatan memeroleh barang lebih murah dengan diskon dan promosi khusus,” jelas Regan Dwinanda, Head of Communication and Partnership MatahariMall.com, pada keterangan rilis yang diterima Tim Telko.id
6. Berlangganan newsletter dan mengikuti akun media sosial eCommerce favorit
Pengunjung situs berbelanja online seringkali dihadapkan dengan pilihan untuk memasukkan alamat email dan penawaran berlangganannewsletter.
Sejatinya, bagi pelanggan yang gemar berbelanja online, newsletter dapat menjadi fitur yang praktis. Melalui newsletter, pelanggan dapat selalu mengetahui koleksi, promo, dan penawaran menarik dari situs-situs tersebut. Fitur ini juga mempermudah customerdalam membandingkan harga antara eCommerce satu dengan yang lainnya.