Telko.id – Di awal tahun ini, IDC memprediksi bahwa Transformasi Digital akan mencapai skala ekonomi makro dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan, di mana itu akan mengubah cara perusahaan beroperasi dan membentuk kembali ekonomi global yang kemudian disebut dengan munculnya Ekonomi DX.
Hal ini terlihat dari bagaimana beberapa perusahaan besar di Indonesia sendiri, sudah mulai bebenah diri dan memasuki dunia digital, dari sisi customer-facing sampai back-office. Berbagai layanan teknologi mulai dilirik dan digunakan, termasuk juga Cloud.
Salah satu perusahaan yang juga melakukan transformasi digital adalah Bukaka Teknik Utama yang merupakan perusahaan konstruksi dan infrastruktur. Untuk memuluskannya, perusahaan memilih Oracle sebagai partner dalam melakukan transformasi digital, yakni dengan menerapkan solusi ERP Cloud, HCM Cloud, dan CX Cloud.
Digitalisasi industri konstruksi telah mendorong perusahaan untuk memiliki platform yang aman dan menyatu guna memanfaatkan data, yang akan membentuk evolusi model bisnis serta menjaga daya saing. Oracle Cloud Applications memungkinkan perusahaan, baik besar, menengah, ataupun kecil, dari berbagai industri untuk meningkatkan kelincahan bisnis, mengurangi kerumitan dan biaya, dan berhasil di dunia digital yang semakin canggih.
Oracle ERP Cloud misalnya, dapat mengganti lingkungan ERP yang sudah ada di Bukaka dengan sistem manajemen keuangan berbasis cloud yang terintegrasi dan dapat ditingkatkan. Keunggulan adalah visibilitas yang real-time ke dalam operasional keuangan di seluruh lini bisnis perusahaan.
Tentu hal ini sangat membantu Bukaka lebih efisiensi dalam proses keuangan bisnisnya. Apalagi, dengan tersedianya informasi keuangan yang akurat, perusahaan pun dapat fokus melakukan perluasan bisnis. Kemampuan social, mobile, dan analitik yang built-in tersebut akan memungkinkan pegawai untuk saling terhubung dan bekerja dengan efektif.
Bukaka juga membutuhkan perangkat global yang dapat mengakomodasi keperluan pegawai serta mengidentifikasi pekerja potensial untuk memajukan perusahaan. Sistem yang sudah ada masih berkutat pada dokumen dan proses manual, serta tidak bisa ditingkatkan. Dengan Oracle HCM Cloud, perusahaan ini juga dapat fokus pada elemen strategis dan pembangunan di bagian SDM-nya, yang akan membantu perusahaan untuk berhasil.
Terlebih dengan Platform tunggal dan menyatu akan mengurangi waktu bagian SDM untuk melakukan proses manual, dan memberikan cukup banyak waktu untuk mendorong produktivitas bisnis, dengan meningkatkan interaksi pegawai serta mendapatkan pekerja potensial.
Sebagai perusahaan konstruksi infrastruktur terdepan di Indonesia, BUKAKA memiliki beragam pelanggan yang tersebar di banyak negara. Tujuannya adalah untuk menyatukan informasi penjualan dan layanan ke dalam satu aplikasi tunggal guna memberikan pengalaman yang terpersonalisai ke pelanggannya di seluruh channel. Oracle CX Cloud Suite membantu perusahaan untuk memastikan pengalaman pelanggan yang Bukaka tersebut dapat meningkatkan inovasi dan hasil bisnis.
“Kami ingin memodernisasi sistem dengan bermigrasi ke Cloud, tapi kami juga menginginkan solusi tunggal dan menyatu yang mencakup area bisnis kami secara komprehensif, tentunya dengan ruang untuk berkembang,” kata Irsal Kamarudin, President Director Bukaka.
Irsal menambahkan bahwa “Dengan dukungan solusi Oracle Cloud, kini kami memiliki alat modern yang memungkinkan kami untuk mengatur operasional bisnis, melayani tenaga kerja, dan lebih penting lagi, memberikan pengalaman yang terbaik untuk pelanggan dan partner.”
“Kami senang menjadi bagian dari perjalanan Bukaka dalam memodernisasi bisnis. Mereka ingin mengintegrasi praktik terbaik yang modern ke dalam bisnis mereka. Dalam kata lain, mengadopsi solusi yang dapat membantu mereka memenuhi persyaratan bisnis dan memberikan Return on Investment yang cepat. Hal ini sejalan dengan visi Bukaka untuk memanfaatkan teknologi Cloud sebagai faktor utama untuk mendorong kesuksesan bisnis,” kata Erwin Sukiato, Managing Director, Oracle Indonesia. (Icha)