Telko.id – PT LG Electronics Indonesia merayakan 35 tahun keberadaannya di Indonesia dengan menekankan pentingnya kolaborasi dan integrasi internal sebagai kunci pertumbuhan berkelanjutan.
Perayaan ini diwujudkan melalui serangkaian acara kebersamaan yang melibatkan seluruh karyawan dari lima unit bisnis utama perusahaan.
Ha Sang-chul, President of LG Electronics Indonesia, menegaskan bahwa kolaborasi dan integrasi telah membawa perusahaan bertumbuh selama lebih dari tiga dekade.
“Kedua hal inilah yang membawa LG terus bertumbuh selama lebih dari tiga dekade di Indonesia dan kami yakini menjadi kunci bagi pertumbuhan berkelanjutan LG di Indonesia pada masa mendatang,” ujarnya dalam sambutan di acara kebersamaan karyawan di Jakarta, Jumat (22/11/2025).
Menurut Ha Sang-chul, transformasi LG di Indonesia tidak lepas dari terjaganya kolaborasi dan integrasi dalam keberagaman antar karyawan lintas divisi.
Perusahaan telah berevolusi dari penjualan produk hingga memiliki pusat produksi lokal, dan kini tercatat sebagai perusahaan elektronik dengan operasi integrasi penuh pada rantai suplai dengan dukungan kelengkapan infrastruktur seluruhnya di Indonesia.
Infrastruktur LG yang lengkap mencakup fasilitas produksi di Cibitung, Jawa Barat dan Tangerang, Banten, serta satu pusat produksi baru bagi AC yang beroperasi berdasarkan kemitraan strategis.
Perusahaan juga telah memiliki pusat riset dan pengembangan (R&D), kantor pusat pemasaran, hingga jaringan layanan purna jual yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
“Perkembangan ini tentunya sejalan dengan kepercayaan masyarakat Indonesia yang semakin tinggi. Namun disisi lain, tak lepas dari upaya besar bersama seluruh karyawan dalam menciptakan lingkungan kerja inklusif dan saling mendukung,” tambah Ha Sang-chul.
Perayaan 35 tahun ini dirancang khusus sebagai bentuk apresiasi atas peran dan kegigihan seluruh karyawan. Acara kebersamaan melibatkan seluruh karyawan dari lima unit bisnis besar LG, yaitu pabrik Tangerang, pabrik Cibitung, LG R&D, LG Service Center, serta tim Marketing & Sales.
Keistimewaan perayaan ini semakin lengkap dengan keikutsertaan keluarga karyawan sebagai peserta. “Menjadikannya sebagai bentuk apresiasi kami atas dukungan keluarga dari masing-masing karyawan yang selalu menjadi bagian penting dalam perjalanan perusahaan,” jelas Ha Sang-chul.
Dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 6.000 orang, kegiatan kebersamaan ini tidak dipusatkan pada satu lokasi namun dilakukan hampir berbarengan.
Karyawan LG Pabrik Tangerang merayakannya di Taman Safari Indonesia pada 8 November, disusul LG R&D pada 22 November. Marketing & Sales bersama LG Service merayakannya di Jakarta Bird Land Ancol pada hari yang sama, sedangkan LG Pabrik Cibitung akan merayakannya di Dunia Fantasi Ancol pada 29 November.
Baca Juga:
Dalam sambutannya, Ha Sang-chul juga menyoroti keberhasilan transformasi LG selama 35 tahun di Indonesia yang tidak hanya menjadikan perusahaan sebagai entitas dengan operasi terintegrasi penuh, tetapi juga mampu mengambil peran lebih besar dalam pertumbuhan masyarakat Indonesia.
“Dengan semakin bertumbuhnya LG, semakin membuat perusahaan memiliki daya untuk berkontribusi lebih pada prioritas nasional seperti Making Indonesia 4.0 dan Industrial Service Roadmap 2025–2045,” ujarnya.
Perayaan kebersamaan karyawan ini dikemas dengan nuansa keceriaan yang sejalan dengan filosofi Life’s Good, yaitu merayakan keberagaman, menumbuhkan semangat positif, serta menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan saling mendukung.
Melalui momen ini, Ha Sang-chul berharap semakin banyak individu yang dapat berkembang dan mencapai potensi terbaiknya dalam lingkungan yang kolaboratif dan semakin terintegrasi.
Kolaborasi dan integrasi menjadi tema sentral dalam perjalanan LG di Indonesia, sebagaimana tercermin dalam berbagai inisiatif perusahaan.
Seperti yang terlihat dalam peluncuran inovasi information display terbaru LG, pendekatan kolaboratif terus menjadi fondasi pengembangan produk.
“Dengan tim yang terus semakin besar, kolaborasi dan integrasi telah menjadi bukti nyata yang membawa keberhasilan LG di Indonesia. Berpadu dengan filosofi Life’s Good yang menjiwai arah gerak perusahaan, bertepatan dengan momen perayaan ini, kami bertekad memberikan kontribusi nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia melalui produk dan layanan terbaik LG,” pungkas Ha Sang-chul.
Pentingnya integrasi dalam operasional perusahaan semakin relevan di era digital saat ini, sebagaimana terlihat dalam perkembangan integrasi teknologi AI di berbagai platform.
LG sendiri telah membuktikan bahwa pendekatan terintegrasi mampu menciptakan value chain yang komprehensif.
Semangat kolaborasi yang diusung LG sejalan dengan tren industri teknologi global yang mengedepankan kerja sama strategis.
Seperti yang ditunjukkan dalam pengembangan solusi teknologi pendidikan, kolaborasi menjadi kunci dalam menciptakan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat. (Icha)


