spot_img
Latest Phone

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...

Garmin Venu 4 Resmi Dirilis, Bawa Wellness Adaptif ke Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Venu 4 di...

Strava Integrasikan Kacamata Oakley Meta Vanguard AI untuk Aktivitas

Telko.id - Strava, aplikasi pendukung gaya hidup aktif dengan...

Garmin Run Indonesia 2025 Sukses, 7.000 Peserta Dukung Keberlanjutan

Telko.id - Garmin Run Indonesia 2025 sukses digelar di...

ARTIKEL TERKAIT

Axioo Targetkan Pertumbuhan Penjualan 20% dan Ekspor dalam 2 Tahun

Telko.id – Axioo menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 20% pada tahun ini, didorong oleh respons positif terhadap produk Hype R series dan strategi ekspansi jaringan after sales.

Vice President of Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa Tbk, Timmy Theopelus, mengungkapkan perusahaan sedang mempersiapkan dua hingga tiga produk baru yang akan diluncurkan akhir tahun ini atau awal tahun depan.

“Untuk target tahun ini secara angka kami belum bisa disclose saat ini, tapi yang jelas angkanya ini kurang lebih nggak beda jauh dengan Hype R versi 1, mungkin nambah sekitar 20%an,” ujar Timmy usai peluncuran laptop Axioo Hype R X8 OLED, Jakarta Rabu (22/10/2025).

Produk ini merupakan kelanjutan dari laptop premium Axioo Hype R versi 1 sendiri yang diklaim mendapatkan respons sangat luar biasa dari pasar.

Axioo juga mengonfirmasi sedang melakukan penjajakan untuk kembali melakukan ekspor ke luar negeri dalam waktu kurang dari dua tahun ke depan.

“Kami sudah mulai penjajakan ke arah sana. Less than 2 years lah ya, kurang dari 2 tahun ini,” tambah Timmy, meski belum bisa mengungkapkan negara tujuan ekspor secara spesifik.

Strategi Pertumbuhan dan Segmentasi Produk

Pertumbuhan 20% yang ditargetkan Axioo didukung oleh penguatan jaringan penjualan dan after sales service. Saat ini perusahaan telah memiliki 183 service center dan baru saja menjalin kemitraan dengan Indomaret untuk memperluas jangkauan.

Kerja sama dengan perusahaan asuransi dan lembaga keuangan juga terus dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas produk.

Content image for article: Axioo Targetkan Pertumbuhan Penjualan 20% dan Ekspor dalam 2 Tahun

Dalam hal segmentasi produk, Axioo fokus pada dua segmen utama: profesional dengan laptop tipis performa tinggi melalui seri Hype R, dan segmen gaming melalui seri Pongo. “Axioo itu starting price-nya mulai dari level 2 jutaan sampai 60 jutaan juga ada,” jelas Timmy.

Mayoritas penjualan saat ini masih didominasi oleh laptop dengan rentang harga Rp 3-8 juta. Namun, segmen premium yang mencakup produk seperti Hyper-R dengan layar OLED di harga Rp 10 juta berkontribusi sekitar 20% dari total penjualan.

Inovasi Produk dan Rencana Ke Depan

Axioo mengedepankan produk inovatif yet affordable sebagai nilai utama. Hyper-R menjadi contoh dengan menawarkan laptop layar OLED di harga Rp 10 juta, yang biasanya hanya tersedia di laptop berharga belasan hingga Rp 20 juta ke atas.

Untuk segmen gaming, Pongo menunjukkan performa kuat dengan berkontribusi sekitar 10-15% terhadap total penjualan.

“Market untuk gaming ini ternyata cukup bertumbuh hari ini,” ujar Timmy. Perusahaan menargetkan peningkatan 10-15% untuk penjualan Pongo tahun depan.

Produk Pongo Monster dengan harga hingga Rp 60 juta memang ditujukan untuk niche market, terutama content creator.

“Itu adalah laptop dengan layar 18 atau 20 inci, lebih berat daripada laptop gaming biasa, tapi sudah se-powerful desktop PC,” jelas Timmy.

Untuk teknologi AI, Axioo sudah mempersiapkan sampel produk Hype Air AI yang diprediksi akan diluncurkan tahun depan.

“Tahun depan mungkin kalau market Indonesia sudah siap untuk menggunakan local AI secara hardware base dan local base, mungkin kita juga akan masuk ke arah sana,” kata Timmy.

Seperti yang dilakukan Lenovo dengan perangkat AI terbarunya, Axioo juga berfokus pada inovasi yang sesuai kebutuhan pasar.

Keunggulan Kompetitif dan Ekosistem Lokal

Keunggulan utama Axioo terletak pada jaringan R&D lokal di Indonesia dan China, serta komitmen terhadap after sales service.

“Kami satu-satunya produk Indonesia yang punya jaringan tim R&D di Indonesia dan juga di China,” tegas Timmy.

Melalui program Axioo Plus, perusahaan bekerja sama dengan sekitar 1.300 lembaga pendidikan vokasi di seluruh Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Program ini bukan sekadar pengadaan produk, tetapi pembangunan SDM melalui transfer teknologi dari tim R&D, service center, hingga sales Axioo.

“Setiap tahunnya kami melatih kurang lebih 8-16 ribu siswa SMK dan juga dosen,” ungkap Timmy. Program ini juga membantu penyaluran tenaga kerja ke berbagai perusahaan mitra.

Dana untuk program CSR ini berasal dari hasil penjualan produk Axioo, dengan nilai melebihi ketentuan pemerintah yang mensyaratkan 4-5%.

“Inilah perbedaan dan keunggulan utama. Kalau pakai produk Axioo, keuntungannya ya dipakenya buat kita semua disini, orang Indonesia,” tegasnya.

Dengan berbagai strategi tersebut, Axioo bertekad untuk terus meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand lokal dalam memenuhi kebutuhan teknologi mereka. Target masuk tiga besar di industri laptop Indonesia menjadi tujuan yang ingin dicapai tahun depan. (Icha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU