Jakarta – Popularitas BlackBerry Messenger (BBM) sebagai salah satu platform perpesanan tampaknya belum memudar. Pun meski platform sejenis telah begitu banyak bertebarab di luar sana. Buktinya, adalah keberhasilan BBM dalam meraih penghargaan di ajang Mobile Marketing Association (MMA) ‘Smartie’ award Indonesia baru-baru ini, yang menobatkan BBM sebagai Publisher/Media Company of the Year in Mobile.
Matthew Talbot, SVP, BBM, BlackBerry, mengatakan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/10), penghargaan ini sangat penting untuk BBM karena merupakan apresiasi yang diberikan oleh komunitas mobile marketing dan pengiklan yang mengakui bahwa BBM telah sukses melakukan transisi dengan melakukan perubahan dari platform aplikasi chatting menjadi suatu ekosistem yang menyatukan sosial, iklan, konten dan juga kegiatan jual-beli.
“Kami adalah pemain baru di area media dan iklan – namun sejak awal kami mulai memasang Native Ad di Juli tahun lalu dan iklan video di September tahun ini, saat ini kami telah mendapatkan lebih dari 1milliar permintaan iklan dalam sehari. Kami memberikan apresiasi terhadap penghargaan yang diberikan MMA, dan kami juga senang untuk terus mengembangkan layanan kami, bekerjasama dengan para pemegang merk dagang dan juga partner iklan untuk meningkatkan nilai yang dihasilkan dengan menggunakan konten yang mereka miliki melalui BBM,” ujarnya.
MMA sendiri merupakan asosiasi perdagangan global non-profit yang terkemuka yang mewakili ekosistem mobile marketing, yang memiliki tujuan mempercepat transformasi dan inovasi pemasaran melalui ponsel. MMA Smarties Awards adalah satu-satunya program penghargaan pemasaran mobile di duni yang mengapresiasi inovasi, kreativitas, dan kesuksesan – menyoroti para pelaku dan bakat yang mendorong batas-batas mobile marketing untuk berinteraksi dan terlibat dengan konsumen.
”Kami sangat senang bahwa para juri menominasi dan memilih BBM sebagai pemenang Industry Award untuk mobile publishing and media company kategori. Mobile atau platform selular saat ini merupakan media pemasaran yang paling menarik, akurat dan komprehensif,” ungkap Rohit Dadwal, Managing Director, Mobile Marketing Association Asia Pacific Limited.
Lebih lanjut, Rohit menambahkan saat ini aplikasi sosial dan pengirim pesan yang real-time seperti BBM berkembang dengan cepat sebagai prioritas utama bagi tiap pelaku kampanye pemasaran – salah satu kriteria penting yang dibahas oleh juri pada saat memberikan penghargaan untuk kategori ini. BlackBerry telah berkembang menjadi platform iklan yang mampu mengakomodir strategi yang kompleks, menunjukkan kreativitas, inovasi, dan hasil yang impresif dalam waktu yang singkat. Kami akan terus ikuti perkembangan BBM untuk menjadi pemimpin dalam penyediaan platform pemasaran mobile.