spot_img
Latest Phone

Huawei Watch D2, Bisa Pantau Tekanan Darah 24 Jam

Telko.id - Huawei resmi menghadirkan Huawei Watch D2 di...

Yuk Bikin Galaxy Z Flip6 Jadi Stand Out dengan Flipsuit Case

Telko.id - Huawei resmi memperkenalkan Huawei MatePad Pro 12.2-inch,...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Oppo Reno11 (China)

ARTIKEL TERKAIT

Advan Optimis Bisa kalahkan Oppo di 2017

Telko.id – Tidak ada yang menyangka bahwa Oppo akan menyalip semua brand dan kini berada persis di bawah Samsung. Semua merek smartphone pun langsung reaksi dan berniat untuk mengalahkannya. Sayang, 2016 tinggal beberapa hari lagi. Tahun 2017 pun akan menjadi ajang pertarungan yang sangat sengit. Semuanya ingin mengalahkan brand asal Cina tersebut.

Advan adalah salah satu nya yang cukup ‘nafsu’. Pasalanya, saat ini Advan berada di posisi 4 dibawah Asus. “Untuk kalahkah Asus tidak terlalu berat karena bedanya hanya sedikit. Tapi kami yakin akan mampu kalahkan Oppo di 2017 nanti,” ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan optimis.

Sebagai informasi, strategi Oppo pada awal nya di anggap ‘nyeleneh’ karena beda dengan biasanya para vendor smartphone bermain. ‘Cuan’ yang diberikan pun berkali lipat dibandingkan dengan yang lain. Di tambah lagi, dengan dana yang seperti tidak ada habisnya itu membuat nya mampu melakukan promosi hampir disetiap lini.

Bukan hanya TV yang habisnya miliaran rupiah, tetapi juga di outlet-outlet kecil hingga kabupaten di seluruh Indonesia pun sales promotion girl atau SPG akan ‘menghadang’ pembeli dan merayu untuk membeli produknya. Bahkan untuk satu outlet kecil saja, Oppo berani menempatkan tiga sampai lima SPG.

Apa yang menjadi ‘peluru’ bagi Advan untuk mengalahkan Oppo? Dana promosi yang besar? Tjandra menjelaskan bahwa bukan dana promosi yang lebih besar yang disediakan. Sebab, dana yang dipersiapkan untuk tahun 2017 akan sama besar dengan tahun 2016 ini.

Tjandra menambahkan bahwa Advan akan lebih jeli lagi melihat kelemahan dari Oppo. Yang sudah terlihat saat ini adalah harga smartphone Oppo yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Artinya, harga Oppo terlalu mahal. Itu sebabnya, Advan akan selalu menyiapkan produk yang ‘sama’ secara spesifikasi dengan Oppo, hanya saja akan dijual dengan harga yang lebih masuk akal. Termasuk juga melakukan edukasi pada pasar tentang produknya yang afordable untuk dimiliki. Harapannya, konsumen pun lebih memilih Advan.

Untuk promosi, Advan tidak akan melakukan secara head to head dengan yang akan dilakukan Oppo. Harus cara lain dan harus lebih efektif. Salah satunya adalah melalui media sosial. Walaupun, untuk promosi melalui media lain akan tetap dilakukan hanya saja akan lebih selektif agar tujuan untuk mengalahkan Oppo dapat tercapai.

Pada tahun 2017 mendatang, Advan hanya akan mengeluarkan produk 10 tipe saja. Komposisinya 60% smartphone dan 40% tablet. Dari smartphone, akan ada 60% yang 4G dan sisanya akan digelontor produk smartphone 3G. Pasalnya, konsumen Indonesia masih banyak yang mencari smartphone 3G sehingga belum akan ditinggalkan oleh Advan.

Memang, tidak seperti biasanya karena Advan hanya akan menggelontorkan tipe produk yang sedikit. Ini merupakan strategi di 2017 juga karena menurut Tjandra, dengan jumlah tipe produk yang tidak terlalu banyak maka pengelolaan secara promosi maupun after sales service pun akan lebih mudah.

“Kita tidak disibukan oleh administrasi produk dengan tipe yang banyak. Jadi kita bisa lebih konsentrasi untuk mendorong penjualan dan memenuhi target 2017,” sahut Tjandra.

Tjandra menambahkan bahwa rencananya, pada semester satu 2017 nanti, Advan akan melakukan berbagai strategi lain yang dipersiapkan untuk mengalahkan Oppo. Baru, dampaknya akan terlihat di semester dua dan akhir 2017 Advan yakin sudah akan mengalahkan Oppo. (Icha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU