Telko.id – 25 tahun Biznet hadir di Indonesia menjadi salah satu pelopor dalam menghadirkan inovasi yang selalu baru untuk kemajuan masa depan digital Indonesia.
Ini juga menandai dedikasi atas komitmen Biznet dalam menjembatani kesenjangan digital di Indonesia. Karena selama 25 tahun melayani Indonesia, Biznet senantiasa meningkatkan kualitas layanan terbaik yang didukung oleh infrastruktur modern sebagai penopang pertumbuhan ekosistem digital.
Memasuki usia seperempat abad, komitmen tersebut diperkuat dengan hadirnya pengembangan infrastruktur baru dan perluasan jaringan ke lebih banyak wilayah di Indonesia.
Salah satu yang Biznet lakukan dalam perjalanan 25 tahunnya adalah dimana pada bulan Maret 2025, Biznet resmi mengaktifkan jaringan kabel fiber optik bawah laut di Pulau Jawa, menghubungkan kota-kota strategis seperti Jakarta – Cirebon – Semarang – Surabaya untuk menambah kapasitas bandwidth antar kota di Pulau Jawa dan tentunya ditujukan untuk meningkatkan kehandalan layanan.

Baca juga :
- Tingkatkan Kecepatan Bandwidth, Biznet Targetkan Tambah 30% Pelanggan
- Opensignal: Biznet Pimpin Kecepatan Internet di Indonesia
Inovasi ini menjadi langkah penting yang akan terintegrasi dengan pembangunan jaringan kabel bawah laut Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2).
Adi Kusma, President Director Biznet mengungkapkan bahwa perjalanan yang dimulai dari tahun 2000 ini lebih dari sekadar membangun jaringan.
“Biznet sudah menginjak usia 25 tahun, dapat dikatakan sebagai usia yang cukup matang. Perjalanan seperempat abad ini bukan hanya tentang membangun jaringan, melainkan bagaimana Biznet bisa terus berkontribusi dan berinovasi dalam membangun masa depan digital di Indonesia,” ujar Adi.
Adi menambahkan bahwa sejak awal, Ia percaya bahwa jaringan Internet itu harus bisa diakses oleh semua orang, terutama di era digital saat ini. Karena itulah setiap langkah dan inovasi kami selalu mengarah kepada kualitas layanan yang lebih cepat dan lebih stabil serta akses yang lebih merata ke seluruh wilayah di Indonesia.
Melihat dari data survei yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), terdapat kenaikan penetrasi pengguna Internet di Indonesia dari 79,5% di tahun 2024 menjadi 80,66% di tahun 2025.
Hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak masyarakat Indonesia yang sudah terkoneksi dengan teknologi Internet yaitu sebanyak 229 juta jiwa.
Persentase ini menjadi sinyal bahwa kebutuhan masyarakat akan konektivitas semakin tinggi dan harus diimbangi dengan fondasi digital yang memadai untuk mendukung aktivitas digital harian maupun operasional bisnis.
Karena itu, selain membawa inovasi layanan, Biznet juga memperkuat kualitas layanan serta berupaya untuk mendukung akselerasi pemerataan akses Internet di Indonesia dengan membangun infrastruktur digital melalui jaringan kabel fiber optik bawah laut.
Setelah sukses meluncurkan BNCS-1 sejak Juni 2024 lalu, Biznet melanjutkan pembangunan kabel bawah laut fase 2 yang dinamakan BNCS-2, nantinya akan menghubungkan Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi sebagai bagian dari upaya Biznet memperkuat konektivitas nasional dan kehandalan layanan.
Hingga saat ini, Biznet telah berhasil menggelar jaringan The New Biznet Fiber sepanjang lebih dari 100,000 KM dengan lebih dari 3,000,000 homepass yang mencakup Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Bangka, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Flores dan Timor.
Sejalan dengan fokus pemerataan akses Internet, Biznet menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai wujud kontribusi nyata memenuhi kebutuhan digital masyarakat dengan bandwidth yang sama seperti di kota-kota besar.
Melalui program ini, Biznet memberikan layanan Internet gratis bagi lebih dari 300 Kepala Keluarga (KK) di sekitar area Biznet MarinePOP, sebagai lokasi tempat pendaratan kabel bawah laut milik Biznet, yaitu di Kabupaten Jembrana, Kabupaten Serang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Banyuasin.
“Sejak awal perjalanan kami sebagai penyedia layanan Internet, kami memiliki harapan yang besar agar masyarakat di seluruh wilayah Indonesia bisa terus berkembang dengan memanfaatkan teknologi Internet. Karena itu, kami memberikan kesempatan bagi masyarakat di sekitar Biznet MarinePOP mendapatkan akses Internet gratis untuk lebih terhubung dengan informasi dunia dan menjadi lebih berkembang di era yang kini serba digital,” ujar Adi.
Melihat angka pertumbuhan penetrasi pengguna Internet di Indonesia, ini juga menjadi refleksi dari berkembang pesatnya digitalisasi industri di Indonesia, khususnya sektor pendidikan dan kesehatan.
Biznet turut hadir mendukung pertumbuhan kedua sektor ini dengan membuat layanan khusus EducationNET dan HealthNET yang hadir dengan bandwidth lebih besar dan harga yang lebih terjangkau.
Di sektor pendidikan sendiri, Biznet memahami bahwa kebutuhan konektivitas tidak hanya terbatas pada kebutuhan operasional instansi, namun juga bagaimana koneksi Internet yang handal dapat memungkinkan proses belajar mengajar berjalan lebih baik di era digital saat ini.
Serta memungkinkan siswa untuk terhubung dengan kesempatan belajar yang lebih luas melalui Internet, membuka wawasan untuk lebih siap menghadapi tantangan masa depan.
Sedangkan untuk sektor kesehatan, Biznet juga memahami bahwa peralatan kesehatan saat ini membutuhkan koneksi Internet yang handal di era digital saat ini. Biznet juga memberikan layanan Biznet Hotspot yaitu layanan Internet gratis yang disediakan di area-area instansi pendidikan dan kesehatan.
Dalam upaya mendukung digitalisasi yang lancar dengan koneksi yang handal, Biznet juga memberikan nilai lebih bagi pelanggan dengan memberikan penambahan kapasitas bandwidth 150 Mbps selama bulan Oktober 2025 untuk layanan Biznet Home.
Ini juga merupakan upaya Biznet dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan konektivitas yang berkualitas yang memiliki bandwidth besar untuk mendukung aktivitas digital di rumah yang kini sudah semakin beragam.
Sebagai bagian dari rangkaian perayaan, Biznet juga menyelenggarakan Biznet Prize Vaganza, sebuah program giveaway yang ditujukan khusus untuk pelanggan baru Biznet Home dan Biznet Metronet.
Dimana setiap pelanggan baru berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik yang akan dipilih pemenangnya setiap bulannya selama periode September hingga Desember 2025. Untuk pelanggan setia Biznet juga berkesempatan mendapatkan hadiah yang sangat menarik di tahun 2026.
Di momen hari jadi Biznet, Adi Kusma juga mengungkapkan, “Di usia yang ke-25 ini, izinkan kami menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah menjadi bagian penting dari perjalanan Biznet selama ini”.
Adi menambahkan bahwa Ia menyadari bahwa Biznet tidak bisa berdiri dan terus bertumbuh hingga saat ini tanpa dukungan dan kepercayaan semua stake holder.
“Inspirasi dan semangat Biznet tumbuh dari karyawan yang bekerja dengan sepenuh hati, pelanggan yang setia mempercayakan kebutuhan konektivitasnya pada kami, mitra bisnis dan juga rekan media yang selalu mendukung, masyarakat yang selalu menerima dan memberikan ruang bagi kami untuk lebih berkembang”, ujar Adi.
Ia pun dalam momen ini ingin memberikan apresiasi kepada para pelanggan dan masyarakat melalui promo spesial dan juga program Biznet Prize Vaganza.
Ke depan, Adi menyebutkan bahwa Biznet akan terus menghadirkan layanan dan infrastruktur terbaik di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Biznet akan selalu berinovasi untuk memberikan manfaat dan nilai tambah bagi masa depan Indonesia. (Icha)