Monday, September 24, 2018

GSMA Meluncurkan Skema Sertifikasi Global Mobile Money

Telko.id – Pada acara Mobile 360 ​​- West Africa, GSMA mengumumkan peluncuran Sertifikasi Global Mobile Money GSMA, skema global ini dimaksudkan agar penyedia dapat menawarkan Mobile Money yang lebih aman, lebih transparan, dan lebih kuat sehingga dapat digunakan oleh jutaan pengguna mobile money di seluruh dunia.

Sertifikasi ini memang nanti nya akan tetap bergantung pada penilaian independen dari kemampuan si penyedia mobile moey dalam memberikan layanan yang aman dan dapat diandalkan. Tetapi setidaknya, dengan adanya standar secara global ini dapat melindungi hak konsumen dan dapat menghindari dari masalah pencucian uang serta pendanaan dari terorisme. Tingkat kepercayaan konsumen terhadap mobile money juga menjadi lebih tinggi lagi.

“Sertifikasi Uang Seluler GSMA adalah inisiatif yang berfokus pada konsumen, yang bertujuan untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa penyedia telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa dana mereka berada di tangan yang aman, hak-hak mereka dilindungi dan mereka dapat mengharapkan tingkat layanan pelanggan yang tinggi,” kata John Giusti, Chief Regulatory Officer, GSMA.

Giusti menambahkan “Dengan lebih dari 690 juta akun secara global, industri uang mobile memiliki dampak yang jelas pada upaya global untuk memperluas inklusi keuangan, menyediakan akses ke layanan keuangan yang meningkatkan kehidupan dan berfungsi sebagai pintu gerbang ke ekonomi digital. Uang bergerak secara langsung memajukan 13 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan memfasilitasi akses ke layanan penting seperti kesehatan dan pendidikan, menyediakan kesempatan kerja dan mengurangi kemiskinan. ”

Skema sertifikasi mengikuti proses konsultasi tiga tahun yang dipimpin oleh GSMA, yang bekerja sama dengan penyedia di Afrika, Asia dan Amerika Latin untuk memahami tantangan bisnis mereka dan merakit praktik terbaik dari pasar-pasar ini. Sertifikasi terbuka untuk semua penyedia mobile money, apakah mereka adalah operator seluler, bank atau jenis penyedia layanan pembayaran lainnya.

Orange Côte d’Ivoire, Safaricom (Kenya), Telenor Microfinance Bank Ltd. (Easypaisa Pakistan), Tigo Tanzania (Millicom Group) dan Vodacom Tanzania adalah mobile money pertama yang disertifikasi, meliputi 98 juta akun di empat pasar.

Sertifikasi mempromosikan penerapan mitigasi risiko yang konsisten dan praktik perlindungan konsumen di seluruh area bisnis utama. Persyaratan tersebut mencakup delapan prinsip tingkat tinggi dan 300 kriteria rinci yang mencakup masalah-masalah seperti keamanan, hak-hak konsumen dan pencegahan pencucian uang, pendanaan terorisme dan penipuan.

Kriteria Sertifikasi melengkapi upaya kepatuhan penyedia, tetapi melampaui regulasi dalam detail dan ruang lingkupnya, mendefinisikan dan mempromosikan praktik terbaik industri secara terperinci. Praktek bisnis yang bertanggung jawab sangat penting untuk membantu regulator mencapai tujuan mereka di sekitar inklusi keuangan, stabilitas, integritas, dan perlindungan konsumen.

Manajemen operasional sertifikasi dikontrakkan kepada operator skema independen, Alliances Management, yang memiliki tanggung jawab untuk melatih dan mengawasi penilai independen untuk memastikan semua penilaian konsisten dan obyektif. Tolok ukur untuk mencapai sertifikasi telah ditetapkan tinggi untuk melayani sebagai aspirasi untuk semua penyedia dan tanda lulus 100 persen diperlukan. (Icha)

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…