Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Broadcom Pinang Qualcomm Senilai Rp.1.755 Triliun

Telko.id – Awal bulan ini, Broadcom Ltd mengajukan penawaran untuk mengakuisisi Qualcomm senilai US$ 105 miliar. Jika sampai kejadian, maka aksi koprporasi ini akan menjadi sejarah karena merupakan akuisisi terbesar dibidang teknologi panda tahun ini.

Dalam penawarannya, Broadcom mengajukan penawaran harga akuisisi senilai US$ 70 per saham secara tunai plus saham. Harga tersebut lebih tinggi 28% dari harga Qualcomm, 2 November lalu, sebelum Bloomberg pertama kali melaporkan rencana akuisisi ini.

Secara total, harga akuisisi Qualcomm bisa mencapai US$ 130 miliar bila memasukkan utang bersih senilai US$ 25 miliar. Dengan kata lain, akuisisi Qualcomm senilai Rp 1.755 triliun (kurs US$ = Rp 13.500).

Sebenarnya, akuisisi ini akan sangat menarik perhatian. Pasalnya, dengan penggabungan ini maka Broadcom akan menjadi produsen chipset terbesar ketiga di dunia sesudah Intel Corp dan Samsung Electronics Co.

Industri smartphone pun akan semakin menggeliat karena chipset hasil produksi Broadcom dan Qualcomm itu rencananya akan digunakan untuk smartphone. Kombinasi kedua perusahaan itu diniali bisa menghasilkan sinergi yang kuat dan menciptakan bisnis nirkabel yang dominan.

“Perusahaan gabungan juga bisa menjadi pemimpin bisnis semikonduktor global yang kuat secara keseluruhan,” kata Mike Walkley, analis Canaccord Genuity.

Walaupun memiliki prospek yang menjanjikan, sumber Bloomberg mengatakan, Qualcomm tidak tertarik dengan penawaran tersebut. Qualcomm menilai usulan akuisisi itu hanya langkah oportunis untuk membeli produsen chipset dengan harga murah. Sumber itu menambahkan, Qualcomm meminta pemegang saham tidak menerima penawaran akuisisi Boardcom.

Walau demikian, dalam keterangan tertulis, Senin (6/11), Qualcomm menyatakan akan mempertimbangkan proposal dari Broadcom tersebut. Qualcom juga akan mengambil tindakan demi kepentingan terbaik bagi para pemegang saham.

Nilai penawaran Broadcom atas Qualcomm setara dengan 21,2 kali laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA). Menurut data Bloomberg, penawaran tersebut lebih rendah dari transaksi di industri serupa yakni sebesar 22,5 kali EBITDA.

Dalam tiga tahun terakhir, Broadcom tercatat cukup rajin melakukan konsolidasi. Sebelumnya, Broadcom mengambil alih bisnis chipset Hewlett Packard.

“Transaksi ini melengkapi perusahaan gabungan sebagai pemimpin komunikasi global dengan portofolio teknologi dan produk yang mengesankan,” ujar Hock Tan, Presiden dan CEO Broadcom.

Tan menambahkan bahwa keunggulan terbesar Qualcomm saat ini adalah lisensi teknologi telepon genggam di seluruh dunia. Tapi saat ini, Qualcomm tengah bersengketa dengan Apple Inc, salah satu konsumen terbesarnya. Nah, kasus ini bisa membuat Apple berpaling dari chipset buatan Qualcomm. (Icha)

 

Latest

Ini Tiga Kunci Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - Transformasi digital menjadi sangat penting saat ini...

Indosat SheHacks 2024, Kembali Hadir Dukung Pemberdayaan Perempuan

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui...

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini